Sunday, December 4, 2016

CARA PENYAMBUNGAN PCB POWER OCL 150W

Posting kali ini adalah cara penyambungan pcb power ocl 150watt. Sebenarnya ini jawaban dari komentar rekan yang sudah lama bertanya penyambungan untuk power ocl itu bagaimana? Baru ada kesempatan kali ini untuk membuatkan posting tentang diagram penyambungannya baik menggunakan tr TIP atau pun tr jengkol.

Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana merakit dan menyambung kabel sendiri pada rangkaian power ocl 150w, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali dengan lebih sederhana dan mudah dipahami. Karena beberapa rekan yang lain mungkin juga belum mengetahui cara penyambungannya bagaimana, maka saya buatkan posting ini untuk membantu agar perakitan dan penyambungan kabel pada power ocl ini dapat berhasil dan tidak salah pasang.

Pcb yang saya gunakan pada gambar adalah pcb power ocl 150w mono. Ini sebagai dasar saja, agar lebih mudah dalam penjelasannya. Untuk pcb stereo anda bisa mengembangkan sendiri dengan gambar diatas, karena rangkaian stereo sendiri juga terdiri dari dua rangkaian mono yang dijadikan satu dalam satu pcb. Untuk tr final dalam gambar, hanya menggunakan satu set saja. Untuk paralel tr final anda bisa baca disini.

Ada dua gambar koneksi dibawah ini, yaitu menggunakan tr final TIP dan jengkol.

Koneksi menggunakan tr final jengkol.

Koneksi menggunakan tr final TIP.

UPDATE!!!
Berikut gambar PCB Power ocl 150w.

Berikut gambar skema Power ocl 150w.

Berhubung kemarin ada yang komentar, gambar pcb dan skemanya mana kok gak ada? Akhirnya ada kesempatan saya update gambarnya, biar lebih jelas he..he..

Nah mudah bukan. Mudah-mudahan dengan gambar diatas rekan kita yang masih bingung dengan diagram koneksinya, bisa membantu penyambungannya dengan benar. Dan tidak lagi salah pasang he..he.. Untuk koneksi penyambungan pcb power safari 400w ada disini. Untuk tr final bisa diganti menggunakan sanken, jika ingin lebih kuat dan daya watt bertambah. Tapi jika anda hanya menggunakan trafo kecil 5A, lebih baik gunakan saja tr TIP atau jengkol. Untuk tr sanken gunakan minimal trafo 10A. Semoga bermanfaat.

35 comments:

  1. mas jengkolnya susah di solder kakinya walaupun sdah dikerik dan diamplas 7 hari 7 malam hehe
    solusi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngamplasnya harus pakai perasaan mas he..he.. Setelah dikerik, pakai lotfet solder biar nempel. Tapi selama ini dikerik sudah nempel mas. Atau mungkin timah soldernya yg jelek.

      Delete
  2. hehe timahnya merk paragon 0.8 mm ya gak jelek amat mnurut ku hihi

    lotfet apa mas baru tahu namanya
    dan harga skitar brp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lotfet sejenis pasta solder, kalau dulu namanya arpus. Sekarang sudah gak banyak yg gunakan, karena timah jaman sekarang sudah ada lotfetnya. Jadi intinya jika anda pakai timah paragon, sudah bisa nempel tanpa pemakaian lotfet.

      Delete
  3. lam kenal mas bahar..
    saya mau nanya nih..
    dioda 4148 yang di power safari bisa di ganti nggak dengan dioda in 4007..terima kasih

    ReplyDelete
  4. kalau mau menambah transistor final..resitor driver ada nggak yang perlu di ganti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transistor driver pakai TIP31/32. Kalau sudah pakai itu, gak perlu diganti lagi.

      Delete
    2. ok..terima kasih mas bahar atas bantuan'y..

      Delete
  5. Gan, Ane baru ngrakit Ocl 150w. Baru ane coba tpi trafo panas sampe kbakar. Trus suarany kresek2 itu masalahny apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas trafonya jelek mas.

      Delete
    2. Yg bgus kira2 brpa mas, ini saya beli cma 80rbuan. .heheh

      Delete
    3. Mungkin memang cacat produksi mas trafonya. Atau mungkin ada konsleting di power supply atau powerya. Jika ingin dicoba lagi, test power jangan terlalu lama dulu, test +-1menit kemudian sentuh body trafonya, amati jika sudah panas, jangan diteruskan, berarti ada yg konslet. Tapi jika trafonya hangat normal, setelah di setel beberapa menit, berarti trafo normal.

      Delete
  6. Mas bahar mau tanya masalh TR bisa gak ya TR sanken sa 1216 dipararel dgn sa 1494?k2 TR ini kan kmngkinan beda karakter
    Mhon pncrhanya..mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Bisa mas, kalau pakai tegangan tidak terlalu tinggi. Hanya beda pada volt maksimalnya.

      Delete
  7. Assalamualikum mas bahar.. Saya mau tanya nihh.. Saya mau ganti power ocl 150 watt pake aki. Trafonya tak lepas ganti inverter ct.. Kiproknya di lepas apa tidak? Sambungnya input "rem" dari inverter kemana?.. Mohon penjelasaannya.. Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiprox dilepas mas. Input REM pada inverter adalah untuk standby. Kabel "REM" Konek atau gabung di positif 12v aki.

      Delete
  8. pak. ampli ocl 150watt, abis dirakit awalnya normal. setelah tiga hari resistor r100 gosong yg letaknya antara tr d400 ke bd 140, suaranya mati sebelah (suara dan desis kecil banget hampir tak ada suara) setelah r100 yg gosong di ganti tetep ga ada suara, di pegang input powernya juga ga ada suara duut, sementara yg sebelahnya normal. kira2 komponen apa yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti tr D400, BD139, BD140, kemudian ganti tiga diode IN4148 jejer. Ganti juga R kapur. Cek dulu tr final normal gak? Kalau perlu ganti saja.

      Delete
  9. Maaf mas saya mau tanya sekitar power ocl 150 watt..knp saat saya kasih tegangan 35 volt pada trafo lalu elko di pa nya melembung?lantas kalau sy ganti ukuran elco nya menjadi 1000uf 50 volt yg tadinya 4700uf 50 volt apa bisa bikin transistor jengkolnya panas?..mohon solusinya..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pemasangan elco ada yang salah atau memang dari kualitas elco yang jelek. Elco besar tidak bikin tr final mas. Yang bikin panas adalah tegangan terlalu besar. Jika OCL 150w cocok dengan tegangan 25v-ct-25v.

      Delete
  10. Maaf mas bahar kl saya ganti elko yg tadinya 4700uf/50V jadi 10000uf/50V efeknya apa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak ada efek apa-apa mas, malah tambah bagus, tegangan lebih stabil.

      Delete
  11. Oo iya mas sy kan pake power ocl 150 watt di pcb nya untuk supply (+)25 ct (-)25 ac..berarti harus pake power supply apa langsung dari trafo?..mohon solusinya mas maklum pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dulu, pada pcb power ada elco besar dan diodenya gak? Kalau ada berarti bisa dikonek langsung ke trafo.

      Delete
  12. mas bahar maaf agak nyelentang dari pembahasan diatas saya punya power ocl modif driver nya pake mospec dan finalnya pake sanken 5dy kenapa ya mas yang panas bukan final nya malah yang panas itu resistor kapur 5 watt nya kira kira kenapa ya mas? tolong mas fast respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil suaranya normal gak? Biasanya ada jalur putus, atau salah satu tr ada sedikit short.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met siang maz bahar..
      Maaf ganggu lg nih. Maz saya Coba beli mini rangkaian IC PAM8403 sewaktu saya pasang kenapa suaranya sember/gembret padahal volume separuh belum full. Sudah saya coba gunakan tc pasif & tc aktif. suara masih sember. Saya pasang crossover pasif malah gk kluar suwara. Saya coba beli rangkaian lg tetap sama. Saya beri tegangan baterai 3.7v 890mAh ttp sember,saya kasih charger 5.0v 500mA juga ttp sember solusinya gmn ya mz supaya tidak sember/gembret.

      Delete
    2. Mungkin memang sudah cacat dari ic powernya. Gak bisa dirubah, memang sudah dari bawaan icnya. Cari kit rangkaian lain, yang tidak pakai ic pam8403.

      Delete
  14. Mas mau nanya... sy punya kit ampli ocl 150 watt stereo tr final pke jengkol. Apakah bs angkat 2 speaker 12 inch per channel? Klo ga bisa.. yg perlu d modif apa...

    ReplyDelete
  15. Mas saya mau tanya...kalo PA yg pake tr tip41c dan tip42c kira2 diagram nya gimana mas Bahar.stereo
    100watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja mas. Kakinya kan sama B C E dengan tip 3055/2955.

      Delete
  16. mas, ocl jengkol 2n3055 dan psangan 2 set, sepeker acr 500w wofer, hentakan bas kurang tebel gedein volum bas dikit nyember, knpa yo mas? pa perlu dtambah jengkolan?

    ReplyDelete