Saturday, October 8, 2016

SAMBUNGAN SERI DAN PARALEL SPEAKER SUBWOOFER DOUBLE COIL

Next posting kali ini adalah cara penyambungan seri dan paralel speaker Subwoofer double coil. Banyak yang bertanya lewat komentar blog mengenai hal ini. Bagaimana sih sambungan yang benar pada speaker dobel coil? di paralel atau di seri? Terus impedansinya berapa ohm? Nah pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan di komentar blog. Nah supaya lebih jelas dan gamblang, berikut cara dan gambar sambungan seri dan paralel speaker double coil.

Speaker dobel coil sering kita jumpai pada sistem audio mobil, khususnya pada speaker subwoofer. Tujuan buat apa sih kok dibuat dobel coil? Supaya jenis speaker ini dapat bermain di berbagai impedansi ohm, sehingga memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan impedansi Power amplifier. Yang mana pada power amplifier mobil biasanya bermain di impedansi 4 ohm. Dengan speaker dobel coil kita bisa menyesuaikan impedansi speaker dengan mudah, dengan cara konfigurasi koneksi ke dua spul coil tersebut, mau di seri atau di peralel untuk mendapatkan impedansi ohm yang kita inginkan.

Pada dasarnya speaker doble coil terdiri dari 2 spul coil dengan impedansi masing-masing 4 ohm. Ada tiga macam koneksi spul dobel coil yang dapat kita sambung untuk mendapatkan 3 impedansi ohm yang berbeda dalam satu speaker. Jadi speaker dobel coil dapat bermain di impedansi  2 ohm, 4ohm, dan 8 ohm. Sehingga dapat kita pilih salah satu impedansi sesuai dengan yang kita butuhkan, agar sesuai dengan impedansi Power amplifier atau untuk konfigurasi sambungan speaker lebih dari satu, misal sambungan 2 speaker subwoofer sekaligus. Berikut adalah gambar 3 jenis koneksi sambungan speaker doble coil.

Sambungan 2 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 2 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung secara paralel. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Sambungan 4 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 4 ohm, maka kita cukup menggunakan salah satu spul coil yang ada. Bisa menggunakan spul coil yang kanan atau kiri sama saja. Karena kedua spul coil tersebut berimpedansi masing-masing 4 ohm, maka cukup gunakan salah satu spul coil saja. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Sambungan 8 ohm. Untuk mendapatkan impedansi 8 ohm, maka kedua spul coil harus dihubung seri. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.
Dengan mengetahui beberapa koneksi sambungan pada speaker dobel coil, diharapkan anda dapat memasang dan menyambung speaker dobel coil dengan benar. Untuk mengetahui koneksi sambungan seri dan paralel pada dua speaker subwoofer double coil, bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. Kalau ane pke d ocl 150w. Pling bagus seri apa paralel gan?
    Tolong solusinya, thank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau suaranya enteng, diparalel mas. Tapi jangan terlalu keras nyetelnya he..he.. Biar spul gak rusak.

      Delete
  2. Mas, ane pke PA OCL 150w. Mau sya kasih speaker legacy 10". Hasilnya bgus nggak. Trus kalau nggak yng bgus speaker apa ya untuk PA ane??
    Mohon pencerahanny. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya bagus dong. Saya pernah coba pakai speaker subwoofer legacy 6", suaranya lumayan bagus bassnya.

      Delete
  3. Dari beberapa cara penyambungan...klo pingin bass yg mamtab seri apa paralel ms...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan mas. Tapi kalau ingin bass lebih open, memang diparalel bass akan lebih ringan keluar, kerena impedansi kecil, tapi juga harus hati-hati spul jebol jika dipaksa untuk bass besar, jika impedansi tidak sesuai. Jika ingin menyiasati, maka dihubung paralel, tapi nyetelnya kalem saja, jangan terlalu keras.

      Delete
  4. Kalau saya pake Power subwofer 200watt
    Speaker legacy 10 in 250 watt bagusnya sambungan yg mana om?
    2 ohm/ 4ohm /8 omh
    Kemarin sempat bermain di 4 ohm transistor powernya ada yg mati
    NB: saya pakai inverter 12v to 32v DC
    power ampli subwofer boombaster 200 watt sanken
    Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kualitas tr finalnya kurang bagus. Memang seharusnya bermain di 8 ohm, cuma kadang banyak orang tidak suka bermain di 8 ohm, karena suara kurang bertenaga. Sebenarnya gak masalah bermain di 4 ohm, asalkan pendingin powernya bagus dan tidak overheating.

      Delete
  5. gan masih newbie nih ane beli audio untuk Sound quality speaker ane 3way ane pake monoblock 2chanel, dan subwofeer double magnet, nah yq ane tanya apakah power monoblock nya bisa ikut support ke power ap hanya support ke subwofeer nya aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau monoblocknya sudah ada powernya, berarti memang untuk di konek langsung ke speaker subwoofer. Apakah support ke power? Bisa digabung, asalkan monoblocknya ada line outnya. Kalau gak ada line outnya, maka bisa dikonek ke out speaker, tapi beri resistor dulu sebelum masuk input power. Selain sebagai pengaman, juga agar suara dapat disetel.

      Delete