Friday, September 23, 2016

TV POLYTRON 14" SUARA HILANG

Akhirnya dapat online juga, setelah beberapa minggu off dari kegiatan ngebloging karena kesibukan di dunia nyata dan juga internet yang juga lagi problem. Next posting kali ini lagi dapat kerjaan tv polytron 14" jadul alias lawas dengan kerusakan suara hilang dan gambar masih normal. Hampir seminggu tv ini opname di ruang kerja saya, karena problem kerusakan yang tidak kunjung ketemu. Bagaimana perjalanan tv jadul ini, apakah berakhir dengan kegagalan? Atau dapat sembuh dari penyakit suaranya yang hilang? he..he.. Simak lebih lanjut sob.

Tv polytron ini menggunakan ic chroma tipe TDA8361 cukup populer dikalangan tv tahun 90-an. Pengecekan awal saya lakukan dengan mengetest speaker, ternyata masih normal. Kemudian dilanjutkan pengecekan bagian audio power amplifier, disini menggunakan ic AN5265, cek bagian kapasitor speaker masih normal, cek input power juga masih normal, jadi ic audio power masih normal. Untuk data pin out ic AN5265 bisa dilihat disini. Kemudian untuk membuktikan ic audio ini bekerja, saya lakukan uji coba dengan menggunakan DVD player, ternyata hasil menggunakan dvd player, suara bisa keluar normal, kemudian saya pindah ke chanel tv suaranya hilang.

Disini bisa disimpulkan bahwa ic audio masih normal dan ic micom juga normal. Kerusakan mungkin ada pada bagian IF atau pada bagian FM detektor. Nah kesulitannya ada disini, yang mana komponen pada bagian ini sangat rumit karena berhubungan dengan frekuensi, jadi tidak bisa sembarangan. Sebelum mengganti komponen, pengecekan awal dimulai dari ic chroma itu sendiri dengan mencoba mengganti ic chroma baru. Karena tidak punya stok ic TDA8361, tapi saya punya tipe yang TDA8362, saya browsing sebentar, ternyata bisa dipakai. Ic chroma saya ganti baru, hasilnya masih sama suara tidak keluar alias hilang. Berarti ic chroma TDA8361 masih normal dan saya kembalikan lagi pada pcb aslinya, lanjut pengecekan selanjutnya.

Setelah ic chroma TDA8361 normal, coba ganti kristal 5,5 mhz, hasilnya nihil. coba ganti beberapa transistor dan elco sekitar ic chroma juga nihil. Akhirnya istirahat sejenak, sambil browsing di internet mungkin ada yang pernah menjumpai kasus seperti ini. Setelah beberapa hari ngubek di internet belum menemukan solusi, hanya menemukan beberapa penyebab tv tidak keluar suara dan contoh kasus tv yang hampir mirip dengan kerusakan tv polytron ini.

Berikut hasil rangkuman dari browsing saya di internet. Penyebab dan melacak kerusakan tv tidak keluar suara.

Jika audio out ic chroma normal keluar suara. Penyebab kerusakan bisa disebabkan dibawah ini.
  • Speaker putus atau solderan kendor.
  • Jack head phone loose kontak.
  • Problem pada bagian audio amplifier, ic rusak atau tidak ada tegangan.
  • Problem pada bagian pendukung audio amplifier, kontrol volume atau tegangan muting.
  • Problem bagian switch TVAV.
  • Problem pada bagian ic audio kontrol.
Jika audio out ic chroma tidak keluar suara. Penyebab kerusakan bisa disebabkan dibawah ini.
  • Problem coil FM detektor atau kerusakan ic bagian fm detektor.
  • Eeprom memori data error.
  • Problem bagian stereo dekoder prosesor.
  • Kerusakan kristal FM 5,5 mhz.
Pengecekan pada bagian ic chroma pada pin out ic TDA8361. Pin out yang berkaitan dengan audio adalah pin no 1, pin no 50 dan pin no 51. Cek tegangan ketiga pin out tersebut, hasilnya normal. Untuk mengetahui data pin out ic TDA8361 tersebut bisa dilihat disini.

Dari semua cara diatas sudah saya coba dan lakukan tidak ada hasil, tv masih tidak mau keluar suara. Karena penyebab kerusakan belum juga ketemu, akhirnya jurus pamungkas atau coba-coba saya lakukan. Titik terang datang pada saat saya melakukan pengukuran tegangan menggunakan avometer pada pin 51 ic chroma dengan GND, sesaat setelah pengukuran, suara keluar sebentar kemudian hilang lagi, saya coba lagi, suara keluar kemudian hilang lagi.

Dari percobaan diatas akhirnya saya coba jumper dengan Resistor 47K antara pin 1 dan pin 51 ic chroma, hasilnya suara bisa keluar sebentar kemudian hilang lagi. Coba naikkan nilai Resistor menjadi 56K jumper lagi pin 1 dan pin 51, hasilnya berhasil suara bisa keluar, tapi belum stabil. Kemudian coba jumper lagi dengan Resistor 47K pada pin 1 dan pin 50, hasilnya suara sudah normal dan stabil walaupun agak pelan. Untuk mengatasi suara yang kurang keras, saya tambahkan penguat pada input ic audio amplifiernya AN5265. Dan hasilnya berhasil, suara sudah normal, keras dan stabil. Walaupun penyebab kerusakan belum ditemukan, yang penting suara sudah keluar dan normal. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Saya punya tv panasonic, gejala kerusakan seperti ini mas,, layar tidak nyala, lampu indikator berkedip cepat dan di speaker terdengar suara kletek,,kletek,,,
    Rusak gara gara petir... Kira kira rusak apanya mas... Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tr horisontal. Jika ok, berarti problem di regulator, ganti tr atau ic/str regulator.

      Delete