Sunday, August 7, 2016

CARA MEMBUAT VOLUME POWER AMPLIFIER

Mohon maaf sebelumnya karena saya lebih dari satu minggu ini sakit, jadi aktifitas ngeblog istirahat dulu. Baiklah berikut artikel ringan bagaimana membuat volume power amplifier? Mungkin sudah pada paham tentang masalah ini, tapi tidak ada salahnya saya posting kembali siapa tahu ada yang belum tahu.

Tujuannya buat apa sih pakai dipasang volume segala? dipasang langsung kan bisa. Memang benar power amplifier tanpa diberi potensio volume pun juga tidak apa-apa, toh kan ada pengontrol lewat tone control atau mixer. Tapi saya pribadi lebih senang jika PA dipasang potensio volume tersendiri.

Apa kelebihan jika ditambah potensio volume sendiri pada power amplifier? Menurut saya akan lebih aman saja jika terjadi gangguan pada tone control atau mixer, maka kita tinggal tutup volume power amplifier dan power kita aman dari sinyal yang merusak. Kemudian jika kita ingin test mixer atau tone control kita bisa mengatur seberapa besar sinyal input yang akan kita umpan ke power amplifier lewat potensio volume ini. Kebanyakan semua perangkat sound system lapangan menggunakan sistem volume ini.

Yup bagaimana penasaran ayo kita lihat langsung pada skema. Maaf gan gambar agak jelek hasil paint, yang penting anda paham.

Nah mudah bukan, caranya tinggal konek saja seperti pada skema, maka power amplifier anda sudah terpasang volume tersendiri pada PA anda. Ini bukan suatu keharusan loh ya, hanya sebagai alternatif pengaman tambahan pada power amplifier anda. Jadi anda pasang silahkan, tidak anda pasang pun juga silahkan. Pilihan terserah anda.

UPDATE!!!!
Ada yang komentar, mas gambarnya kurang jelas. Posisi potensionya itu menghadap kemana? Supaya lebih jelas saya sertakan gambar koneksi beserta gambar potensionya. Baik koneksi untuk PA mono dan stereo.

Untuk power amplifier mono.

Untuk power amplifier stereo.

UPDATE!!!
Ada yang bertanya melalui komentar blog. Cara pemasangan untuk potensio stereo bagaimana mas? Sebenarnya hampir sama dengan gambar diatas, yang menggunakan dua potensio. Agar lebih jelas pemasangannya seperti apa, silahkan lihat gambar dibawah ini. Pemasangan potensio stereo pada power amplifier

Semoga dengan gambar diatas lebih jelas untuk koneksi penyambungannya, baik untuk power amplifier mono dan stereo. Semoga bermanfaat.

63 comments:

  1. Ass al wr wb,,,,
    Mas punyaku power pcb 1200 watt alfa AHG.POWER TERSENDIRI TRUS TONE CONTROL TERSENDIRI MASING2 box.di box power q kasi volume gain nono body besar 50k.nyambungx sperti petunjuk di atas,tp d naikan 1/4 volume gainya dengun.tu apa kendalax mohon penjelasax mas tlg ut mengatasix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hasan. Maaf baru balas. Aplikasi diatas hanya diperuntukkan untuk penggunaan potensio saja, tidak ada penambahan rangkaian lain. Harusnya tidak dengung mas, jika dengung bisa jadi pengambilan grounding tidak tepat atau tabrakan dengan grounding power. Jadi pasang dulu potensio saja seperti rangkaian diatas. Jika ingin menambah rangkaian, maka posisi pemasangan sama kaya input biasa melalui jalur input power yang sudah diberi potensio. Jangan terbalik, potensio dulu baru rangkaian, tapi rangkaian penguat dulu baru potensio. Jadi fungsi dari potensio ini adalah sebagai master volume akhir power.

      Delete
  2. Mkc mas bantuax,suda mencoba hasilx mantap.

    Satu lg mas paralel 1nf ke R input power dan masang R10 ohm ke ground input. Blm ngerti,tlg mas cara paralel gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu maksudnya bagaimana saya kurang paham? Kalau dipasang R 10 ohm ke ground input, ya mati mas suaranya. Mungkin maksudnya dipasang milar 1nf pada resistor 100K yang ke ground input. Tujuannya untuk memfilter nada tinggi, sehingga suara lebih stabil, tidak gampang mencuit.

      Delete
  3. O iya mas jadi R10-22 ohm ndak perlu.
    Trus maksudx kaki satunya capasitor milar 1nf di pasang/di solder di kaki R 100k di input L at input R pd power ampli dan kaki milar satunya di arahkan di solder ke gron input power ampli. Gitu ya mas.mohon lbih jlasx supaya powerku stabil frekuensix.

    ReplyDelete
  4. mkc byk mas bantuax,smg mas bahar sekeluarga pjg umur(sht wal afiat) dan memudahkan semua urusan n mudah rezeki.Amin amin amin

    maaf q suda merepotkan by Hasan
    Asal kota bau-bau kab.buton sulawesi Tenggara.

    ReplyDelete
  5. Mkc byk mas,smg allah swt kepd mas BAHAR SEKELUARGA dibrikn umur pjg(sht wal afiat,mudh sgl urusan & mudah rezeki.amin amin amin,,,,,,

    Maf sudah merepotkan.
    By Hasan asal kota BAU-BAU KAB.BUTON SULAWESI TENGGARA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga mas Hasan sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  6. Siang mas Bahar... mohon saran besaran potensio, jenis potensio, dan rangkaian yang tepat untuk master volume (terakhir sebelum ke speaker) power ampli 300 watt stereo, sebelumnya terima kasih... salam Benny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio mono 50K biasa. Jika PA stereo, pakai dua potensio 50K. Tidak perlu rangkaian master lagi pada PA, karena master sudah ada di mixer. Jika PA tidak pakai mixer, gunakan master volume 1 potensio sebagai volume akhir sebelum masuk PA.

      Delete
  7. fungsi master volume buat apa mas bahar? kalau langsung saja tanpa master volume apa suaranya beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Master volume berfungsi untuk memperkuat sinyal audio. Master volume di pasang, jika sinyal suara kurang kuat. Jika tanpa master volume, suara sudah kenceng, gak usah di pasang master. Yang jelas suara dengan master volume terdengar lebih kenceng, karena ada penguatan sinyal pada master tersebut.

      Delete
  8. mas bahar potensio saya bermasalah

    kalau di nol kan suara dengung (kadang kemresek yang sangat keras) kalau di buka sedikit normal. solusinya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti potensionya mas yang bagus. Pakai pot 50K.

      Delete
  9. saya sdah pakai 50 k merk alpha

    itu sdah lma sekali apa waktunya gnti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya coba ganti saja potensionya mas. Untuk pot merek alpha sekarang agak susah nyarinya. Yang ada merek A-plus.

      Delete
  10. Replies
    1. Jangan disemprot pakai WD mas. Dijamin potensio gak bakalan tambah baik tapi tambah rusak parah. Ada cairan pembersih sendiri untuk potensio dan alat elektronik. Kalau gak salah namanya Contact Cleaner. Gunakan penyemprotan potensio dengan contact cleaner hanya sebagai keadaan darurat saja, karena contact cleaner hanya membersihkan kotoran pada karbon potensio. Tapi jika karbon potensio sudah aus, tidak bisa dibersihkan dengan contact cleaner. Harus ganti baru.

      Delete
  11. kalau gnti pot geser yang bgus merk apa?

    klau harganya skitar brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio geser hanya digunakan pada beberapa mixer dan equaliser. Potensio geser agak susah carinya, Kadang gak cocok dengan contohnya. Untuk merek gak ada rekomendasi. Syukur kalau ada dan sesuai contoh, itu sudah bagus. Harga kurang lebih 5 rb satu biji.

      Delete
  12. ow ya mas kalau di semprot hwk auto tune up yg biasanya membersihkan karbon seker
    aman tidak?

    ReplyDelete
  13. mas, apa potensio ini bisa juga berfungsi seperti soft start?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Caranya tutup dulu potensio volume sebelum Power amplifier dinyalakan. Maka PA akan lebih senyap tidak ada suara letupan pada saat power ON.

      Delete
  14. Bro gambar bro Bahar, itu potensio kaki menghadap bawah atau menghadap atas ya? Soalnya kaki menghadap bawah atau atas, posisi - dan + nya jadi berbeda (dengan posisi sama, tombol pengatur volume potensio menghadap saya)

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya update gambarnya mas. Silahkan dilihat kembali, sudah saya sertakan gambar potensionya. Untuk posisi potensio terserah anda, yang penting koneksinya benar.

      Delete
  15. Mass maaf mau nanya niih sebelumnya
    Saya mau ngerakit amplifier mas dengan daya 1800 watt Mono mas saya pakai kit yiroshi gan kira kira untuk mengatur volume seperti di atas bisa gak gan truus kira kira ada yang perlu di tambah gan dan kira kira pake potensio yang brapa K ? Trimakasih salam Riki

    ReplyDelete
  16. Ikut nimbrung kang,bisa gk potensio stereo di pakai buat volume sperti diatas,krna pa ane stereo,andaikan pke skema diatas kyaknya kurang rapi,so signal l&r hrs diputer satu2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas. Nanti saya update gambarnya.

      Delete
  17. maz bro mo nanya awk pnya parametrik BGR+master mixer+PA mono 2 chanel suara cman dengung, tp master mixer di lepas suara normal kira2 troble dari mana, gnti master mixer hsil sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di pemasangan masternya mas. Coba periksa lagi supply tegangan master apakah sudah betul? Suara dengung berarti supply tegangan ke master bermasalah.

      Delete
  18. Mas, nanya. Cara pemasangan potensiometer untuk yg stereo bagaimana mas? Agar bisa bunyi 2 sound+bisa buat ngatur volume? Soalnya di rangkaian saya gk bisa buat ngatur volume. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena banyak yang bertanya tentang hal ini. Gambar sudah saya update mas. Untuk pemasangan potensio stereo pada power amplifier. Silahkan baca di posting ini.

      Delete
  19. Asslmlkum mas Bahar..mhn saran dan solusinya mas bgn mas sy punya mini kompo samsung dpt dr beli online tnpa remot masalahnya tampilan menu di lyr lcd mntrnya normal tp gk ada keluar suara sm skli walau vol udh di besarkan kira kira mslhnya dimana mas..trmksh banyak atas atensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Agak susah juga mas, karena problem suara hilang ada dua kemungkinan. Pertama problem di rangkaian kontrol volume, bisa dari kabel yang putus atau potensio rusak, tapi kalau vol digital lebih susah lagi, karena vol dikontrol dengan ic. Kedua bisa dari power amplinya yang bermasalah. Semua harus cek dalamnya.

      Delete
  20. om nanya klo untuk mmfungskan lmpu UV ngambil jlur dr mana om mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya lampu VU meter ya? Lebih baik ambil supply dari tegangan extra trafo yang ada di belakang trafo.

      Delete
  21. terus nymbung.a supaya lmpu vu nya berjln sesuai suara gmn om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. In vu bisa dikonek ke in power atau out speaker. Kemudian setting vr pada vu untuk menyesuaikan responnya.

      Delete
  22. OM MF NUMPNG NANYA LG LEBIH ENAK MANA NENDANGNYA BASS PAKEK DRIVER BTL SAMA YG NON BTL..
    TRUS PERKIRAAN BERPA JUTA KLO RAKIT 20A
    SANKEN PAKEK BRP SET PER CANEL, DAN BERPA SET ELCO OM
    MAKSIH SBELUMNYA MGA DTAMBAH ILMUNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Kalau power btl lebih cocok untuk beban speaker besar 18" keatas. Masalah tendangan bass itu tergantung pada aksesorisnya.

      Delete
  23. Mas cara gabungin input stereo menjadi mono gmn misa saya kan ada 6power stereo smua selain saya harus pakek crossover kan hanya 6 out audio nah sedangkan power stereo klo saya jemper langsung ground hum dan semacemnya untuk mengatasinya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tinggal paralel saja mas inputnya. Atau gunakan satu chanel saja, chanel lain gak usah dipakai. Maksudnya jika power stereo L dan R, maka gunakan salah satu. Tapi lebih baik gunakan keduanya.

      Delete
  24. mas saya mau tanya.. saya punya power 400 watt mono.. mau saya tambahin tone control sub. pensuplayan tone control minta dc ct 15 v terbagi.. ( gnd-), apa perlu saya menambah trafo lagi atau pensuplayan di ambil dari trafo utama, kalau tidak perlu komponen apa saja yg harus saya tambahkan.. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa ambil supply dari tegangan extra trafo yang ada dibelakang trafo. Buat supply simetris seperti biasa untuk supply sub controlnya. Jangan lupa pakai ic 7815/7915 agar tegangan stabil.

      Delete
  25. siip mas makasih, tapi masih ada yang blm saya paha.. volt xtra di blakang itu kan kayak nya engkel ya mas, berarti saya harus merubah menjadi ct terlebih dahulu baru suply.. gt ya mas?

    ReplyDelete
  26. oke mas trima kasih sekali atas bantuanya.. sallam kenal, sukes selalu buat mas bahar...

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum, mas Bahar ngapunten tanya, cara pertama menguji kelayakan PA yang baru dirakit niku nopo mawon nggih, saya pernah dengar cek bias, DC offset dll. Mohon pencerahannya mas Bahar. Matursuwun ngapunten. Wassalamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Memang ada beberapa kit power ada adjusment Bias, DC offset dll. Tapi yang paling sering ada adalah VR Bias. Nah biasanya pak kalau anda beli kit jadi, adjusment sudah dilakukan di pabriknya dan kita tidak perlu menyetel lagi VR tersebut. Istilahnya tinggal pakai saja pak. Tapi jika anda mau tahu cara menyetelnya bagaimana? Maka ada tahapannya, gak bisa dijelaskan disini.

      Delete
  28. Mas Bahar maaf nanya satu lagi, sy sdh rakit PA stereo ( dua modul), tapi kenapa panas sebelah ya, padahal jumlah dan type tr final sama, suply PSU tegangan sama, trafo sendiri sendiri, beban speaker pun juga sama. Kira2 apanya ya mas. Matursuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kit PA nya pakai apa pak? Biasanya disebabkan karena perbedaan adjusment VR bias. Anda cek lagi posisi VR bias kedua kit PA tersebut, sudah sama apa belum? Karena kalau ada beda pada settingan VR bias, meskipun sedikit, akan berpengaruh pada panas tidaknya tr final. Hal tersebut yang membuat kedua kit PA panasnya tidak sama. Anda bisa setel sendiri salah satu VR bias, agar mendapatkan panas yang seimbang pada kedua PA tersebut.

      Delete
  29. Assalamualaikum, ngapunten Mas Bahar, itu kit PA nya tidak ada VR nya mas, sebelumnya sih panasnya sama, skarang kok beda panas lumayan ya, memang tdk sampai overheat sih, dan suara tdk ada beda ( sama sama normal). Kira2 apa ada R atau komponen lainnya yg harus dimodiv ya mas. Matursuwun ngapunten ngrepoti. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Mungkin beda beban pak, antara out power L R nya. Menurut saya kalau hasil suara tidak masalah, ya gak perlu dirubah. Mungkin ada perbedaan nilai R atau tr kedua modul power tersebut. Perbedaan mungkin sedikit pak, tapi berpengaruh. Untuk komponen mana yang perlu diganti? Ini harus coba-coba, try error, karena karena kondisi power normal, jadi belum tahu komponen mana yang harus diganti.

      Delete
  30. Nggih Mas Bahar trimakasih banyak pencerahannya, kalau ke alun alun sidoarjo monggo mampir mas. Rmh sy dekat situ biar tambah seduluran he he.. . Klu bade mampir janjian dulu, ini nomer HP dan WA sy 0821 4325 3567. sukses selalu mas Bahar banyak rizkynya. Aamin YRA.

    ReplyDelete
  31. Maap mau tanya mas, volume tertinggi pada potensio tambahan bisa lebih tinggi dari volume utama pada amplifier ga ? Misal di amplifier utama volume sampe 3 apa keluaran potensio bisa sampe 10? Mohon pnjelasannya,. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau power amplifier sudah ada potensionya, ya gak perlu dipasang potensio volume lagi. Tidak terjadi penguatan sama sekali, karena tidak pakai Preamp. Jadi suara murni asli, pada level tertinggi, potensio buka penuh, sama dengan input langsung tanpa potensio.

      Delete