Friday, July 22, 2016

CARA MODIF OCL 150 WATT AGAR R 10K TIDAK PANAS

Ada yang bertanya melalui komentar blog bahwa resistor 10K pada power ocl 150watt kok panas dan kadang sampai terbakar? Dari pertanyaan ini saya teringat pengalaman saya dulu modif ocl 150 watt agar Resistor 10K ini tidak panas. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi cara ini, dari mulai mengganti R dengan watt yang lebih besar, ada juga yang mengganti nilai R ini dengan nilai yang lebih besar, ada juga dengan cara mengganti jalur tegangan minus diganti pakai gnd dengan tujuan supaya tidak panas. Semua cara itu sebenarnya bisa dipakai, tapi saya ada cara modif agak sedikit extrime he..he..dengan cara menghilangkan beberapa komponen atau melepas beberapa komponen untuk mengatasi cara ini. Bagaimana anda tertarik? Simak lebih lanjut.

Cara ini sebenarnya meniru prinsip power safari 400 watt. Yang mana pada tr penguat input tidak diberikan tr lagi sebagai pengontrol tegangannya, tapi langsung diberi R untuk mensupply tegangan tr penguat tersebut. Atas dasar tersebut saya berpikir jika cara ini diterapkan pada ocl 150 watt mestinya bisa. Akhirnya percobaan pun saya lakukan dan hasilnya berhasil. Keuntungan dari cara ini adalah kita dapat menghemat komponen yaitu tr penguat input A564 atau A733 cuma menggunakan dua biji saja dan beberapa komponen juga akan dilepas. Jadi akan lebih simple ocl 150 watt ini.

Supaya tidak bingung mari kita lihat gambar skema ocl 150 watt berikut ini.

Berikut adalah gambar skema ocl 150 watt original belum di modif.

Lihat dengan seksama gambar skema diatas supaya anda tidak bingung. Kemudian anda lihat beberapa komponen saya tandai lingkaran merah. Komponen yang saya lingkari merah adalah komponen yang harus dilepas. Gambarnya ada dibawah ini.

Berikut gambar skema ocl 150 watt yang sudah ditandai komponen yang akan dilepas.

Silahkan dilepas dulu komponen yang saya lingkari merah. Anda cocokkan juga dengan PCB nya. Jangan sampai keliru melepas komponennya. Jadi ada 4 jenis komponen yang harus dilepas yaitu tr A733, R560ohm, diode IN4148 dua biji, kemudian R10K. Jika sudah dilepas, lanjut gambar berikutnya.

Berikut adalah gambar skema ocl 150 watt yang sudah di modifikasi.

Nah mudah bukan? Sebagai pengganti tr A564 yang dilepas, ganti dengan R33K dengan cara konek pada kaki emitor A564 yang gabung, kemudian kaki Resistor satunya konek ke tegangan (+) plus. Supaya tidak bingung lihat gambar. Sebenarnya fungsi dari tr A564 disini hanya sebagai penstabil tegangan penguat input supaya lebih bersih. Tapi dengan diganti R33K hasilnya juga tetap bersih.

Sekarang anda punya power ocl 150 watt yang lebih praktis dan simple. Dan anda tidak usah kuatir lagi R10K panas, karena Resistornya sudah dibuang. Anda harus tetap berhati-hati dalam merubah komponen ini. Pastikan anda pahami dulu gambarnya, kemudian jika anda sudah paham silahkan dimodif sesuai gambar diatas. 

Segala bentuk kerusakan karena modifikasi ini adalah resiko anda. Saya hanya memberikan alternatif cara untuk mengatasi R10K tidak panas. Hasil modifikasi bisa saja berbeda. Tapi cara ini sudah saya uji coba dan hasilnya memuaskan.

UPDATE!!!!!!!
Setelah saya memposting cara modifikasi ocl 150 watt ini supaya R10K tidak panas. Langsung ada komentar blog masuk yang mengatakan tidak berhasil dengan hasil modifikasinya. Katanya hasil power ocl setelah dimodifikasi dengan cara ini hasilnya malah dengung dan tidak ada sinyal input sama sekali. Akhirnya untuk membuktikan bahwa modifikasi rangkaian ocl ini berhasil. Saya langsung lakukan percobaan lagi pada power ocl saya sendiri. Kebetulan saya ada power ocl oprekan yang memang saya gunakan untuk testing audio. Waktunya untuk oprek lagi. Mari kita lihat gambar hasil jepretan on the spot langsung di ruangan kerja saya. let's go..

Berikut adalah gambar pcb rangkaian power ocl yang belum di modifikasi. Perlu di pahami bahwa power ocl ini sebelum dimodifiksi masih dalam keadaan normal dan bunyi. Saya beri tanda lingkaran merah, mana saja komponen yang perlu dilepas. Ada 5 komponen yang dilepas. Yaitu R560 ohm, 2 diode IN4148, R10K, 1 tr A564. Untuk lebih jelas langsung lihat gambarnya ada di bawah ini.

Maaf rangkaiannya agak semrawut sing penting hasilnya bro!!! Lanjut gambar berikutnya adalah pcb ocl yang sudah dilepas komponennya. Silahkan dilihat gambar dibawah ini.

Bagaimana sudah kelihatan komponen yang sudah saya lepas?? Ada 5 komponen yang dilepas. Lanjut gambar berikutnya adalah pcb ocl sudah diberi R33K sebagai pengganti tr A564. Sudah saya sertakan posisi peletakannya bagaimana? Sekalian untuk mempermudah pemasangan R33Knya. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

Nah R33K sudah terpasang, waktunya dicoba. Testing-testing gawe lagu koploan ben tambah jooss. Hasil suara mantab posisi volume jam 12. Hasil suara bening tidak ada dengung sama sekali dan suara yang dihasilkan setelah dimodifikasi sama dengan suara sebelum dimodifikasi. Yupp...Berhasil... Bagaimana dengan anda??? Saya yakin juga pasti berhasil jika modifikasinya benar.

Berikut gambar terakhir daleman rangkaian power ocl 150 watt saya yang sudah dimodifikasi dan hasilnya mantab suara bening jooss. Maaf gambarnya jelek dan rangkaiannya semrawut, tapi hasilnya OK.


Semua komponen diatas dari komponen bekas. Sudah saya kasih skema beserta gambar pcbnya, saya harapkan anda dapat mencoba modifikasi ini dan berhasil. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

46 comments:

  1. Replies
    1. Kabare apik mas. Sepurane internet lagi problem, problem sak kuotae entek he..he..

      Delete
  2. aku kok g iso komen do pararel sanken opo,o
    .ku t takon pwer 400 gae vol 40 ct kuat pora g usah modif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepurane mas bejo baru balas. Jaringan internet lagi problem, jadi gak bisa internetan hampir 3 minggu. Kuota internete entek maksudte he..he.. Power 400 watt gawe tegangan 40V, tegangan 40v teko trafo ta maksudte. Nek tegangan teko trafo 40v nek di DC no isoh lebih teko 50v. Biasane sanken mentok kuat nang tegangan 45V, nek sak dukure iku, gampang jebol, kecuali sampeyan gawe tipe liyo. Nek digawe tegangan diatas 45V ojok gawe sanken 2SC2922 dan 2SA1216 gak kuat, tapi gawe tipe liyane, contoh tr sanken 2SC3264 dan 2SA1295.

      Delete
  3. slamat pagi mas bahar..
    maaf mas bahar yg ane tanyaain agak menyimpang dari materi di atas,,,,
    itu kok di gambar atas Resistor 330 bawah Resistor balok kok di lepas juga mas bahar?
    maaf masih awam mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dentar. R 330 ohm memang sengaja saya lepas mas. Tapi tidak ada efek apa-apa jika dilepas, sama saja dengan di pasang R. Tujuan saya melepas R itu hanya sekedar coba-coba meniru skema power safari 400w. Untuk lebih amannya dan juga mempertahankan desain skema originalnya, lebih baik R 330 ohm tetap dipasang.

      Delete
  4. Maaf nyimpang bentar, mau nanya pararel tr sanken nambah apa aja R kapur trus resistor nya nambh yg berapa ohm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab sama agan diatas. Terima kasih.

      Delete
  5. Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini mas.

      Delete
  6. Mas bahar trs klo buat power saplenya bagaimana..pakek 2 elco atau cma 1 elco klo powernya mono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Power supply tetap pakai 2 elco, karena tegangannya simetris, baik mono maupun stereo.

      Delete
  7. mas saya sudah ikut mas punya rakitan mar ndah keluar suara ini mas gimana caranya ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah yg namanya percobaan memang gak selalu langsung berhasil mas. Mungkin ada yg salah. Silahkan koment di google plus dan posting foto rangkaian anda dengan jelas disana. Nanti akan saya bantu.

      Delete
  8. Misi mas mau nanya, saya punya power amp ocl yg asli voltase inputnya -20 ct +20. Nah rencana saya mau d pasang trafo -30 ct +30. Itu kira2 ada efek gk? Tr finalnya tip 3055 & tip 2955.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr final TIP3055/2955 akan mudah panas dan gampang jebol mas jika dikasih tegangan 30v. Maksimal tegangan untuk TIP atau jengkol menurut saya adalah 25v, jika lebih dari itu, tr tip atau jengkol cepat panas dan gampang jebol.

      Delete
  9. saya punya power ocl di modif 32v ct gak panas asal R100 OHM di rubah (100 ohm 1W) dan liat data set TR masing2 dia mampu di kasih volt berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas harry. Betul sekali mas. Terima kasih atas masukannya. Semoga bermanfaat bagi rekan- rekan yg lain.

      Delete
  10. nggabung mas bahar..., bagaimana out ampli ocl 150 watt yang 8 ohm bisa menjadi 42 ohm agar sesuai dengan speaker column yang berimpedansi 500 ohm (100 volt). ampli parikannya mahal sih...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya gak bisa mas. Karena jenis powernya beda. Tapi saya pernah baca, bisa menggunakan trafo distributor, tapi saya juga kurang paham penggunaannya seperti apa. Yang jelas harga trafonya mahal. Jadi wajar power impedansi tinggi harganya lebih mahal, karens trafonya saja mahal.

      Delete
  11. dulu ada yg pake distribution line (ot) dengan seri MT450MM, cuman, di mana itu bisa didapat. ada sih pabrikan yg bikin tp belinya harus jumlah bwanyaaaak. tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas yang jual online. Harganya kalau gak salah sekitar 350rb.

      Delete
  12. bisa kasih alamat bakul online-nya mas ? matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cari lagi gak ketemu mas. Alternativ lain juga gak ada. Sepertinya susah juga nyarinya.

      Delete
  13. maaf mas bahar, kok gmbr (photo) ocl modif (yg dah jadi) vs gmbr skema (konsep) berbeda. di gmbr skema kaki tr driver (emitor, basis final) terdapat r 300 ohm (r 13 , 14) sedangkan photo kit (yg dah jadi) tdk tampak dr atas, dipasang di bwh apa memang tdk ada nilai sehingga tdk perlu dipasang r tsb. kulo kinten prayogi dipun paparaken kawontenan puiko. nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg bertanya tentang hal itu he..he.. Pada rangkaian yg sudah jadi, memang R330ohm sengaja saya lepas mas. Tapi itu hasil modif saya sendiri, meniru power safari 400watt. Tapi saran saya mending dipasang saja resistornya, agar aman.

      Delete
  14. ada perbedaan signifikankah antara berhambatan dg tdk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada perbedaan, hasil suara sama saja dengan menggunakan R. Tujuan saya melepas R tersebut adalah jika terjadi short tr Driver atau final, R tersebut sering hangus terbakar, akhirnya saya lepas saja sekalian he..he.. Tapi dalam kondisi normal, gak masalah mas.

      Delete
  15. Kalau power ocl 150 ini mau ganti tr sanken apa ada perubahan nilai/ tipe komponen yg lainnya, misal tr driver,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu ganti tr driver, ganti dengan TIP31/32.

      Delete
  16. Mas kalau 1015 d ganti yg lebih bagus codenya berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Yang ada persamaannya, pakai tr A564 atau A733. Yang saya tahu hanya tr itu mas.

      Delete
  17. Mas untuk tr a733 yang samping 3 biji apa perlu di ganti dgn seri Bd 140 , tr D433 di gnti dengan Bd 139 ? punya sampean trafo pake brp amper ? Final pake sanken type apa ? Makasih sebelummya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu diganti. Pakai trafo 3A, soalnya hanya PA mono. Final pakai sanken 2SA1216/2SC2922.

      Delete
  18. pripun kbre kang? alhamdulillah...
    mw tnya lg kang. oclq bass ilang dadi kmresek gk karuan.trus tk coba gnti 3elco 47uf/25v jd 47uf/100v sembuh dah manteb geber speaker. lha trus pngn niru pyn pake TR sanken. kira2 prlu gnti2 komponen gk kang kl gnti TR?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah sehat mas. Gak perlu ganti komponen mas, tetap saja.

      Delete
  19. kang tnya lg y,nyimpang dr pmbahasan. motor vxion arusnya AC tk ksih elco 35v trus lgsung speaker. lha prtnyaanya kl dksh milar 100n gmn pasangx kang??? bs bt nyaring bass gk kl cman pake resistor n elco??? hehehe pngn katrok q kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iku maksudte opo kang? Motor vixion, ora mudeng aku mas he..he..

      Delete
  20. nggo knalpot palsu dr speaker kang. ambil arus AC dr spull trus kspeaker.jd suarae speaker ngikut gas motor kyk knalpot gitu kang.pye kang neg cman nggo dioda,resistor n elco,bs dsaring pake milar gk basse.eman aki kl pake ampli hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh dari spul AC kok langsung ke speaker, gak ada rangkaiannya? Tujuannya dikasih milar buat apa mas? Supaya bassnya berkurang atau nambah bass? Atau pingin lebih keras suaranya? Kalau rangkaian knalpot palsunya jadi satu dengan speaker, maka tidak bisa kita tambahi apapun di koneksi ke spul ACnya. Modifnya harus di rangkaiannya mas. Tapi saya belum pernah bongkar, barangnya kayak apa?

      Delete
  21. rangkaian dr spull cman dioda,elco,resistor,speaker kang.pngnx c bass nambah. ok kang mtur nuwun seberat2nya hmmm :-)

    ReplyDelete
  22. mas klo mau perbesar bas agar bisa nendang jau jarak 50m masi keras apa solusinya mas.mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah speakernya yang bagus mas he..he.. Coba tambahkan kit turbo bass pada rangkaian power amplifier. Itu sebenarnya untuk menambah bass saja, untuk masalah jauh tidaknya suara, tergantung situasi dan kondisi ha..ha.. Besarnya speaker, jenis box speaker. Tapi daripada mikirin itu lebih baik tambahin saja kit turbo bass. Tapi memang gak bisa dipaksakan jika kemampuan speakernya hanya segitu, ya gak bisa minta dijauhkan lagi suaranya mas.

      Delete
  23. Saya gak ganti Mas...
    Soalnya OCL 300watt stereo(150watt perchannel) saya dapat tugas berat...
    Dia dikasih tugas maenkan subwoofer...
    Pernah saya ganti seperti cara Mas...
    Hasilnya gak sesempurna sebelumnya kalo dapat tugas khusus subwoofer...
    Ada suara yang hilang gantung ketika jedag jedug...
    Gitu loch Mas...
    Sedangkan cara Mas cocok untuk fullrange ataupun pake crossover...
    Tapi jangan pake speaker subwoofer, cukup woofer saja...
    Pengalaman saya Mas setelah menggunakan alat ukur dB meter dan oscilloscope...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas atas masukannya. Saya memang belum punya alatnya, jadi hanya mengandalkan telinga untuk uji suaranya. Jadi gak sampai sedetail itu mas.

      Delete