Saturday, July 9, 2016

CARA MEMBUAT POWER SUPPLY SIMETRIS POWER AMPLIFIER

Menaggapi keluhan beberapa rekan kita yang mengalami problem seputar rangkaian power supply amplifier. Diantara problem yang sering terjadi adalah elco meletus, elco mati, tidak keluar tegangan, over voltage dan problem yang lainnya. Mungkin artikel ini sudah basi untuk dibahas, tapi tidak apa-apa supaya dijadikan bahan perbandingan kita dalam membuat rangkaian power supply simetris untuk power amplifier.

Saya tidak membahas mengapa dan bagaimana problem supply itu muncul? Tapi lebih pada skema rangkaian yang benar dan baik. Karena dengan pembacaan skema rangkaian yang benar dan tata letak komponen yang benar, saya jamin power supply amplifier anda tidak akan ada masalah. Jikalau pun ada problem atau masalah, menurut saya disebabkan karena kesalahan pemasangan komponen. 

Diantara kesalahan yang sering terjadi dalam merakit power supply simetris power amplifier ini adalah pemasangan polaritas kutub elco yang terbalik, pemasangan diode yang tidak benar atau terbalik, penyambungan diode dan elco yang tidak benar, penyambungan dari trafo ke diode dan elco tidak benar atau ada yang terbalik. Maka dibutuhkan pengecekan secara seksama dan teliti sebelum rangkaian power supply itu dinyalakan. Karena jika ada kesalahan sedikit saja dapat berakibat komponen anda rusak seketika. Misal elco dapat meletus/meledak jika pemasangan ada yang salah atau polaritas terbalik atau over voltage.

Dari hasil pencarian di google, saya menemukan satu skema rangkaian power supply simetris amplifier, yang menurut saya sangat bagus dan lengkap. Bukan berarti rangkaian yang lain jelek dan tidak bagus. Semua rangkaian power supply bisa kita gunakan. Tapi ada satu rangkaian yang menurut saya lengkap dan baik. Kenapa kok saya katakan demikian? Karena rangkaian ini dilengkapi tapis tegangan ac pada diodenya. Adalah penambahan kapasitor reservoir dengan nilai 0,1 uf atau milar 104 yang dipasang secara paralel pada  semua diode. Selain penambahan kapasitor 104 pada jalur tegangan output simetrisnya. 

Berikut rangkaiannya, monggo diramesi dan dicoba.

Pada rangkaian terlihat ada penambahan kapasitor 0,1uf atau milar 104 dipasang sejajar dengan diode. Tujuan pemasangan kapasitor ini adalah menghilangkan riple tegangan ac yang kadang muncul dan menyebabkan sedikit noise atau gangguan suara pada saat volume rendah. Walaupun problem itu jarang terjadi dan kadang tidak muncul pada rangkaian power amplifier. Tapi rangkaian ini sangat baik bekerja pada aplikasi frekuensi tinggi misal untuk aplikasi pemancar radio. Dengan penambahan kapasitor 0,1uf pada semua diode hasil suara yang dihasilkan pemancar radio fm lebih bening dan bebas noise atau dengung. Saya berpikir menurut saya jika rangkaian ini diaplikasikan pada power supply ampifier mungkin hasilnya lebih baik. Meskipun hasilnya tidak begitu kelihatan.

18 comments:

  1. Mf Mas,sy msh ggl pahm,(mklum pemula BGT)ukuran C1-C4 itu hny untuk ukuran trafo 3ampr?? Dan itu volt kok bisa nmbh dri 24v jdi 35vlt..sy mw bikin PS ky itu mas,trafo sy 15A era dioda kotak 35A elco 10Kuf-80v x 8 biji,sblmny sy ucpn trim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trieyanto. Maaf baru balas mas. Untuk ukuran C1-C4 itu bisa dipakai dengan berapa pun ampernya, Tapi ya jangan terlalu besar, maks 20A. Tegangan 25V kok jadi 35V? Tegangan 24V adalah besar tegangan AC sebelum disearahkan diode dan diratakan elco. Setelah tegangan AC 24V dari trafo disearahkan oleh diode/kuprox kemudian diratakan dengan elco, maka tegangan akan mengalami kenaikan sebesar 35V. Untuk rumusnya adalah tegangan AC 24VAC X 1,44=34,56VDC jadi hasil tegangan setelah disearahkan menjadi 34,56V DC dibulatkan jadi 35V DC. Kalau anda pakai diode kotak atau kuprox, tidak usah ditambahi milar. Rangkaian diatas untuk penggunaan diode biasa. Tapi anda bisa menambahkan milar sama dengan diatas, asalkan anda tahu posisi kaki katoda dan anoda diode kuproxnya.

      Delete
  2. Ok Mass,mksh,blzne,dh g sbr pgn brli ini itunya,,

    ReplyDelete
  3. Oia,tuh angaka 1,44 tuh angka dari mana mas?? cz msh binun nih,kn PS sy 15A sy ambil ctu dy yg 40Vac,apakah rumusny jg 40x1,44??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trieyanto. Maaf mas saya koreksi rumus saya diatas. Yang benar adalah
      Vpp=Vrms+(Vrms/3,14)
      Vpp=24+(24/3,14)
      Vpp=24+7,6
      Vpp=31,6 VDC

      Pernah juga saya bahas di link ini
      http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2015/04/menghitung-tegangan-output-trafo.html?m=1

      Delete
  4. Salam mas Bahar,sy mau tanya untuk blazer 2x500watt sanken 4set,elco 10000 80v 6 buah,travo 15A ct 45v, sbaiknya dipasang untuk voltasenya yg 40/45 di travo nya z,,suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tegangan yang 40v-CT-40v dari trafo.

      Delete
  5. Tanya om... Saya punya trafo 10 A mau dibuat power supplay ampli, kalau saya cuma pakai dioda satuan yang di rangkai jadi bridge masing masing dioda butuh yg berapa ampere,biar pas sama tegangan 10 A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk diode yang paling besar hanya mentok sampai 6A, tapi masih mampu untuk trafo 10A. Untuk diode bijian yang amper besar ada mas, tapi harganya agak mahal, diode yang biasa dipakai mesin las, diode 35A. Untuk kiprox ada, mulai 10A, 15A, 20A, 25A, 30A, 35A. Jika anda kesulitan mencari diode tersebut, pakai saja kiprox 10A mas.

      Delete
  6. Terima kasih om.. Atas jawabannya. Sangat membantu.. Saya sangat sering baca baca artikel d blog ini.. Maklum baru pemula om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  7. Tanya lagi,, kalau pada gambar diatas C1-C4 Nilainya 0,1 uf 100v, jika saya pasang dengan nilai 470 nf 400v apakah bisa,,, dan ada pengaruhnya gak,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Sebenarnya gak masalah mas, tapi yang rekomended pakai milar 0,1uf atau milar 100nf.

      Delete
  8. mas aku mau tanya. kok travo ku cepet panas ya buat angkat 15 4 buah. padahal power safari 400 watt stereo 5200 4 set travo 10 a kecil tak suplay 35 volt ac elco 80v 10rb mf 6 buah dioda 50 a

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengukur tegangan simetris gmana mas

      Delete
    2. Set avometer skala 50VDC. Pertama Konek probe hitam ke CT, kemudian probe merah ke positif elco. Kedua konek probe merah ke CT, kemudian probe hitam ke negatif elco. Jika kedua pengukuran tegangan diatas menghasilkan tegangan yang sama, berarti tegangan simetrisnya benar dan normal.

      Delete
  9. makasih mas ilmunya sangat bermanfa,at apa lagi untuk orang awam seperti saya

    ReplyDelete