CARA MERUBAH MOTOR 3 PHASE MENJADI 1 PHASE

Berawal dari pertanyaan dan ide gila di sela-sela pekerjaan. Kebetulan pas lagi melihat bagian teknik di pabrik yang lagi masang motor exhaust untuk mesin di bagian saya. Berawal dari perbincangan kecil seputar motor 3 phase mengenai bagaimana dan bagaimana penyambungan motor 3 phase itu? Saya sendiri sebenarnya juga sedikit paham tentang motor listrik 3 phase, karena saya dulu pernah sekolah di SMK jurusan listrik. Tapi yang membuat saya tertarik adalah karena pertanyaan bagaimana cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase? Yang selama ini saya juga belum tahu kalau motor 3 phase bisa di konek menggunakan 1 phase listrik dirumah kita. Menarik bukan? Simak selengkapnya.

Mungkin anda juga pernah mendengar istilah motor 3 phase. Motor yang menggunakan tegangan 3 fasa 380V RST. Banyak digunakan di pabrik-pabrik karena ketahanan dan daya torsinya yang besar. Jika anda kebetulan mempunyai motor 3 phase di rumah, bagaimana caranya supaya bisa dioperasikan menggunakan tegangan PLN 220V (1 phase)? Dari banyak komentar di forum-forum elektronik dan listrik, banyak yang mengatakan bisa di rubah ke single phase. Dan banyak juga yang mengatakan motor 3 phase tidak bisa di ubah ke 1 phase karena gulungan dan sudutnya beda. Mana yang benar? Ya jawaban tergantung anda. Semua tidak bisa di omongkan kalau belum di coba. Kalau saya pribadi mengatakan bisa.

Karena memang saya tidak mempunyai motor 3 phase untuk di coba. Jadi saya sebatas hanya mencari sumber informasi dari youtube yang membahas masalah ini yang disertai tutorial dan skema penyambungannya. Harapan saya posting ini hanyalah sekedar informasi alternatif cara dengan segala resikonya. Jadi jika anda ingin mencoba cara ini pastikan penyambungan anda benar dan jika terjadi kerusakan pada perangkat anda itu adalah resiko anda. Jadi pahami dulu dengan benar sebelum anda mencoba cara ini.

Berikut hasil jalan-jalan saya mencari jawaban tentang hal ini. Saya rangkum secara singkat untuk anda.

Berikut adalah gambar koneksi star delta motor 3 phase
Pahami dengan teliti gambar diatas karena berhasil tidaknya tergantung dari benar tidaknya penyambungan anda.

Gambar berikut adalah plat motor 3 phase sebagai referensi jika anda menemukan motor 3 phase seperti ini.
Disitu tertulis delta 230V dan star 400V. Jadi hanya spesifikasi seperti ini yang bisa dirubah ke 1 phase. Karena tegangan listrik PLN dirumah kita 220V (1 phase), maka kita hubung delta lebih dulu.

Sebelum melangkah merubah ke 1 phase. Berikut gambar contoh koneksi star pada motor 3 phase.

Berikut adalah gambar koneksi delta motor 3 phase.

Setelah memahami koneksi star delta diatas, maka gambar berikut adalah koneksi motor 3 phase jadi 1 phase. Dalam koneksi delta. Sudah saya koreksi.

Gambar diatas adalah penyambungan motor 3 phase jadi 1 phase dengan penambahan kapasitor. Untuk nilai kapasitor bisa anda berikan secara bertahap mulai 10uf/400V sampai 40uf/400V. Sampai ditemukan putaran motor berputar maksimal. 

Ada juga beberapa referensi yang lain bisa dicoba koneksi 3 phase ke 1 phase. berikut gambarnya.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase high voltage 230V.

Gambar diatas adalah gambar koneksi motor 3 phase jadi 1 phase low voltage 115V.

Semua gambar diatas memang belum saya coba karena belum punya motor 3 phase. Semua informasi saya dapatkan dari youtube dengan tutorial yang jelas dan sudah dicoba. Untuk memantapkan anda bisa cari sendiri di youtube tentang merubah motor 3 phase jadi 1 phase. Semoga bermanfaat.

3 Responses to "CARA MERUBAH MOTOR 3 PHASE MENJADI 1 PHASE"

  1. makasih infonya gan , memang selama ini saya rubah motor 3phasa 220v delta ke 1phasa 220v menggunakan inverter 220v input single ,ouput jadi 3phasa.

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya Master.. . Berapah ukuran kapasitor yang dibutuhkan untuk motor 3 phasa dengan daya 3PK...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran pastinya tidak bisa di pastikan mas. Jadi harus coba bertahap. Sampai ditemukan putaran motor maksimal. Untuk motor 3pk coba anda pasang kapasitor 20uf/400v, jika putaran belum maksimal bisa dengan elco 40uf/400v. Jika tidak menemukan elco 40uf/400v, bisa diganti dengan 2 elco 20uf/400v yang diparalel. Jika putaran masih belum maksimal, bisa ditambah jadi 3 buah elco 20uf/400v yang diparalel.

      Delete