Cara Paralel Transistor Final Power Amplifier

Menjawab pertanyaan dari komentar blog beberapa waktu lalu. Bagaimana cara menggabungkan atau memparalel transistor final power amplifier? Mohon maaf artikel ini saya buat agak terlambat karena pekerjaan lagi numpuk dan tidak sempat untuk buat postingan. Berikut penjelasan singkat tentang cara memparalel tr final baik jengkol maupun sanken.

Sebenarnya sudah banyak yang membahas masalah ini. Tapi tidak ada salahnya saya posting kembali dengan lebih sederhana dan mudah. Apa sih fungsinya memparalel tr final? Banyak yang mengatakan dengan memparalel tr final, maka dapat menambah daya watt yang dihasilkan power amplifier. Apakah benar seperti itu? Jawabnya benar. Dengan menambah jumlah transistor final daya watt akan bertambah. Tapi selain menambah tr final, kemampuan trafo juga harus diperhitungkan. Karena semakin banyak tr final dipasang, maka daya dan beban akan juga ikut bertambah. Jika tidak diimbangi dengan kemampuan trafo yang memadai, maka daya akan ngedrop.

Yang perlu diperhatikan dalam memparalel tr final adalah usahakan tidak memparalel jenis tr final yang berbeda. Contoh tr jengkol diparalel dengan tr sanken. Alangkah lebih baik jika jenis tr final yang diparalel jenis dan nomer tipenya sama. Kenapa kok harus sama? Agar tidak terjadi panas yang tidak seimbang antara tr final satu dan yang lainnya. Karena setiap tr final mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jika dipaksakan bisa menyebabkan kualitas suara juga kurang bagus.

Perlukah penambahan resistor kapur pada setiap kaki emitor transistor final? Jawabnya perlu. Karena resistor kapur ini berfungsi untuk membantu menyeimbangkan perbedaan karakteristik setiap tr final, walaupun hanya sedikit. Karena kita juga akan sulit menemukan sepasang tr final yang memiliki karakteristik yang sama persis. Maka dengan diberi resistor kapur 0,5 ohm/5 watt pada setiap kaki emitor tr final diharapkan dapat membantu menyeimbangkan sepasang atau lebih tr final yang akan diparalel. Sehingga panas yang dihasilkan dari tr final dapat seimbang dan merata. Untuk nilai resistor kapur berkisar antara 0,1 ohm/5watt sampai 0,5 ohm/5 watt.

Berikut adalah gambar potongan skema power amplifier. Saya ambil bagian transistor finalnya.


Biar lebih jelas. Berikut contoh pemasangan paralel pada tr final sanken.


Gambar berikutnya adalah contoh pemasangan paralel pada tr final jengkol.


Pada gambar terlihat hanya satu jenis tipe tr final. Untuk tipe tr final lainnya pemasangannya sama dengan gambar diatas. Tinggal lihat pakai jengkol, sanken atau TIP. Cara paralelnya sama antara tr sanken 2SC2922 dan 2SA1216. Begitupun dengan tr jengkol 2N3055 cara paralelnya sama dengan tr jengkol MJ2955. 

UPDATE!!!!!
Ada yang yang bertanya lewat google plus. Cara paralel tr sanken 4 set dan 8 set bagaimana? Untuk memperjelas cara paralelnya bagaimana, berikut gambarnya.

Gambar koneksi paralel pakai tr sanken 4 set.


Gambar koneksi paralel pakai tr sanken 8 set.


UPDATE!!!
Gambar koneksi paralel tr final jengkol.


UPDATE !
Banyak juga komentar yang masuk lewat g+ dan koment blog yang menanyakan bagaimana cara paralel tr final pakai tr toshiba? Karena tr final toshiba ini juga yang paling banyak digunakan sebagai tr final power apapun jenisnya, dengan kualitas suara juga lumayan bagus. Dalam hal ini sebenarnya cara paralelnya sama saja, karena memang posisi kaki BCE dari tr sanken dan toshiba adalah sama. Cuma kadang yang membuat bingung adalah dari nomor seri dari tr toshibanya sendiri, tidak tahu mana yang harus dipasang pada jalur positif dan dan negatifnya. Sehingga masih banyak yang belum mengerti tentang nomor dari tr toshiba ini. Agar Anda tidak mengalami kesulitan dan bingung cara paralel tr toshibanya bagaimana, akan saya tambahkan gambar koneksi paralel pakai tr toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Berikut gambar koneksinya dibawah ini.


Anda bisa lihat gambar diatas. Koneksi paralel tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943. Untuk Tr toshiba 2SC5200 berada pada jalur tegangan positif (+) dan tr toshiba 2SA1943 berada pada jalur tegangan negatif (-). Awas hati-hati jangan sampai kebalik ya. Sebagai perbandingan dan untuk memperjelas gambar koneksinya, dibawah ini juga akan saya berikan gambar yang lain koneksi paralel tr final toshiba 2SC5200 dan 2SA1943.


Bisa Anda lihat gambar diatas. Bahwa gambar ini sebenarnya sama dengan gambar sebelumya, cuma beda posisi paralelnya saja. Tapi jalurnya tetap sama. Yaitu jalur Basis (+), Supply (+), Spk, Basis (-), supply (-).  Awas jangan kebalik. Untuk tr 2SC5200 berada pada jalur tegangan (+) dan tr 2SA1943 berada pada jalur tegangan (-).

Nah gambar koneksi paralel tr final sudah saya sajikan dengan lengkap. Sebagai bahan perbandingan dan acuan jika Anda ingin memparalel tr final apapun jenisnya, baik pakai jengkol, TIP, sanken, toshiba. Anda sudah bisa memparalelnya sendiri. Dan mencegah terjadinya salah pasang atau posisi yang terbalik pada tr final, yang dapat berakibat kerusakan fatal pada tr tersebut. Sangat sayang jika kita harus membuang-buang uang gara-gara salah pasang tr final he..he..

Dengan melihat gambar di atas mudah-mudahan dapat membantu anda dalam memparalel tr final sanken. Untuk penyambungan dan pengkabelannya bisa anda kreasikan sendiri sesuai selera. Gambar di atas hanya sebagai gambaran penyambungan pengkabelannya agar lebih jelas. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. mas kenapa ampli saya klo pke 2 set suaranya g enak di vocalnya klo 1set enak suaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bejo. Harusnya jika tr final di paralel hasil suaranya tetap bagus. Jika terjadi penurunan kualitas suara setelah di paralel, mungkin pemasangan anda ada yang kurang tepat. Atau bisa juga jenis tr finalnya beda. Beda disini maksudnya bisa nomer tipenya beda atau yang satu asli yang satu kw. Selama ini saya paralel tr final belum pernah menjumpai problem seperti itu, hasilnya suara tetap bagus meskipun tr final di paralel.

      Delete
  2. sya udah bongkr ulag beli baru tpi tetep mas sya pake TIP 3055 PA 150 mono. semetris control subwofer elco 10rb 4 buah elco 25 ct 25 travo 5a murni

    ReplyDelete
  3. klo pasag control subwofer 32 ct 32 gimana klo lagsug ke travo saya pasang mlah degug aja tanpa semteris klo pake semtris bas kurag klo ikut suply power suara enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bejo. Tidak apa-apa suplay subwoofer ikut power amplifier, meskipun 25v ct 25v.

      Delete
  4. munkin penyebab ampli sya dari elconya mti mas barusan sya bonkar sya tes elconya ada yang mti jga ada yg uda g normal..ok trimakasih mas kpan" mampir lgi klo ada ksimpulan maklum masih belajar

    ReplyDelete
  5. mas gmbar diatas kenapa emitor bisa dtengah dan dsampingnya basis smua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bejo. Mungkin yang dimaksud gambar yang pertama. Itu adalah skema penyambungan tr final secara paralel. Emitor ditengah itu hanya sebagai penanda, bahwa disitu titik temu semua kaki emitor tr final setelah melewati resistor kapur 0,5 ohm 5W. Begitu juga dengan basis disamping semua, juga sebagai titik temu masing-masing tr final dari tr final (+) dan tr final (-)

      Delete
  6. kalo pararel itu gimana basis ktemu basis atau basis ktemu C / E mas klo gmbar diatas saya bingug itu mas seandainya TIP 3055 dg 2955 jdi satu ato hanya 3055 dg 3055 tolong jelaskan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tr final kan ada 2. TIP3055 dan TIP2955. Jika mau diparalel, maka anda harus beli lagi TIP3055 dan TIP2955. Kemudian untuk memparalelnya adalah TIP3055 dengan TIP3055, kaki basis gabung dengan kaki basis, kaki kolektor gabung dengan kaki kolektor, untuk emitor diberi resistor kapur dulu baru digabung dengan kaki emitor lainnya yang sudah diberi resistor kapur terlebih dahulu. Kemudian TIP2955 gabung dengan TIP2955. Cara pemasangan kakinya sama dengan diatas. B konek dengam B. Kemudian C konek dengan C. Kemudian Emitor kasih R 0,5ohm 5W dulu, baru dikonek ke kaki emitor lainnya yang sudah juga diberi R 0,5ohm 5W.

      Delete
  7. uda bisa mas tryata bner elco jdi masalah n perlu jumper npn basis emitor pake r 10 skarag suara bersih tpi msih ada kendala tr 31 panas kira" bisa merusak komponen lainya g mas trus klo sya ksih pendingin gmana ato ada solusi lain mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus di jumper dengan R 10 basis emitornya? Tujuannya untuk apa? Tr TIP31 normalnya tidak panas. JIka panas, mungkin karena R 10 itu mas? Bagaimana jika dilepas, apakah masih panas TIP31 nya? Saya belum pernah menjumpai menjumper kaki basis emitor dengan R 10. Basis dan emitor harusnya tidak ada hubungan sama sekali. Menurut pengalaman saya selama ini merakit Power amplifier kondisi tr Driver TIP31 tidak pernah panas dan tidak ada jumperan R 10 basis emitornya.

      Delete
  8. trus kalo sya lepas suaranya g enak lgi mas sekarag solusinya apa. apa saya harus bli sanken aja tpi klo bli sanken tkutnya ada konslet komponen sankenya mti msalahnya saya kan msih belajar dann blum sukses mas maksud dan tujuan saya kolo sdah sukses baru sya blikan sanken biar tidak kluar biaya bayak n biar g byak bohongi istri haha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dengan dikasih R 10 suara bisa bagus, lanjutkan. Kemudian Tr TIP31 supaya tidak panas kasih pendingin saja.

      Delete
    2. Mas,permisi sy mau nanya boleh ya! Sy pny power ocl dg tr bawaan 2 psg,mksud sy mau sy beliin tr yg udh jadi dg pcb nya isi 4 psg. Prtnyaan sy apakah tr aslinya di power dicopot atau biarkan sj,trus pcb yg berisi tr paralel tadi inputnya disambung kemana trus apa ada outputnya jg,trimskasih byk atas bantuannya mas bahar.

      Delete
    3. Untuk imam hidayat. Kalau masnya beli power ocl lengkap dengan pcbnya, ya power ocl yang lama dilepas mas. Kemudian kabel yang tersambung di power lama dipindah di power baru. Sebenarnya sampeyan beli tr finalnya saja gak usah pakai pcb. Jadi nanti tinggal di paralel saja tr funalnya atau oclnya seperti gambar diatas. Jadi enak gak perlu bongkar power yang lama.

      Delete
    4. Ya mas mkasih byk udah ngeluangin wktnya. Nanti klw udh sy bikin paralelnya akan sy posting lg ke mas bahar dg sdikit prtnyaan slnjutnya. Skali lg makasih byk mas.

      Delete
    5. Slmt mlam mas bahar,mhn maaf mengganggu wktunya,bgini mas,sy pake pwr ocl 300w & tr msih bwaan yaitu 2 psg hanaya,pwr supply 4x10000 80v disupply dg tegangan 24v sesuai trafo 5a besar,nah pd saat sy menggunakan speaker sony dr tape compo 4"x4 suara bagus pada volume di atas jam 1. Namun ktika sy pake speaker ads 15" max pwr 360w suara seolah2 kcil dan jika volume dinaikin bersamaan dg bas maka suara pecah dan sgt tdk enak skali,prtnyaan sy,kira2 kslahan ada di power atau kualitas speaker ads yg baru sy beli kurang bagus. Trimaksih byk mas bahar sblumnya,pencerahannya sgt ditunggu,smoga yg maha kuasa dpt membalasnya brlipat lipat ganda,Amin.

      Delete
    6. Untuk imam hidayat. Jika masalahnya seperti itu. Sepertinya TR final Hanaya itu perlu dibuang ke laut deh mas he..he..guyon mas. Itu disebabkan pemakaian tr final abal-abal, suara jadi pecah pada saat di beban berat. Silahkan ganti dengan tr final SANKEN asli minimal 2 set. Jika anda ragu, bisa anda coba dulu menggunakan 1 set sanken asli, kemudian lihat hasilnya.

      Delete
    7. Slmt sore mas bahar,trimaksih byk atas sgl informasinya,sgt brmanfat skali buat sy,trimksh skli lg. Ni kmbli lg mslh pwr ampli mas tepatnya di mslh trafo,kmaren sy digulungin trafo donat ama tukang dinamo,cuma mslhnya itu trafo tegangan outnya nyetrum mas dan pake tespen jg nyala,kira2 apanya ya mas,trus 1 lg,utk hilangin tegangan liar di output speaker gmn y mas,katanya kan hrs nol volt tp sy ukur pd saat volume jam 10 aja udh kisaran 4 volt,(dg trafo yg normal). Mhn pencerahan mas mas bahar utk ngatasi dua mslh tsb. Trimaksih.

      Delete
    8. Trafo nyetrum berarti gulunganya ada yang bocor, solusinya ya harus bongkar dan gulung ulang, atau coba anda grounding ke tanah siapa tahu setrum bisa hilang. Untuk tegangan liar output speaker, cara ngetestnya harus tanpa sinyal atau suara. Jika pakai suara jelas tidak bisa nol volt. Cara ngetestnya cukup anda tutup volume power tanpa suara, kemudian ukur di output speaker, jika tidak ada tegangan, berarti sudah bagus.

      Delete
    9. Trimakasih byk mas atas jawabannya,tp sprtinya merangkai sbuah pwr audio ckp melelahkan tentunya bgi org awan sprti sy,gini mas,sy skrg pake pwr mono klw yg tertera pd pcb kitnya sih 2500w,sy pake tr sanken 2sa1295 dg psngannya sbyk 4 psg,trafo donat yg kmaren digulung gk tau ampernya brp. Sy pke volt 24ct24,elco 10rb/80v 4 biji,di umpan kespeaker subwoofer pioneer 12" 450w rms 4ohm,hasil: volume kurang dr sparoh pecah. Pengetasan dilanjutkan dgn mengganti speaker acr 15" max 350w tdk ada kterangan rms,8ohm,dan tweter acr 100w, hasil sama pecah, nah kira2 klw menurut analisa mas bahar ni di mn letak kesalahannya dan apa slnjutnya yg hrs sy robah,trimakasih byk mas bahar,pencerahannya sy tunggu.

      Delete
    10. Untuk mas imam hidayat. Memang dalam membuat sebuah PA tidak segampang membalik tangan, tinggal rakit beres. Belum tentu hasilnya bisa langsung bagus. Untuk problem anda suara pecah. Apakah anda saat mencoba, menggunakan tone control atau aksesoris lain sebagai pengatur suara? Coba anda lepas dulu semua pengatur suara, kemudian nyalakan sendiri PAnya. Apakah masih pecah? Atau bisa jadi voltase trafo kurang. Tapi sebelum menaikkan tegangan, cek dulu tegangan saat ini berapa pada elco besar? Usahakan maks tegangan pada elco adalah 35V-42V.

      Delete
  9. mas kalo mixer resistor 100 kebakar yg di 0 - kira kira merambat kemana ya??? trus knapa sy psang galaxi suaranya cacat urutanya galaxi mixer control PA kalo saya urutkan galaxi control PA g bunyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bejo. Resistor 100ohm kebakar di 0 maksudnya gimana? Kok bisa kebakar? Mungkin tegangan masuk ke mixer terlalu besar atau pemasangan kabel tegangan +CT- ada yang terbalik. Yang jelas jika mengarah ke tegangan, maka yang rusak biasanya ic op-ampnya tipe 4558 atau TL072/TL071. Urutan yang benar adalah MIxer->tone control->galaxi->PA atau Mixer->galaxi->PA. Untuk mengetahui problemnya, maka harus dipasang secara bertahap. Pertama pasang MIXER->PA Kemudian Mixer->tone control->PA kemudian Mixer->tone control->galaxi->PA.

      Delete
  10. uda sya ganti ic nya tpi suara kecil trus tuncontrol krepek krepek apa munkin ic nya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tegangan suplay +CT- mixer dan tone controlnya, apakah normal? berapa tegangannya? Terus penyambungan input outputnya apakah sudah benar?

      Delete
  11. di mixer autputnya ada R L perfect monitor itu dipake semua apa pilih salah satu mas ??? saya pake R suara g enak satunya lgi jga g enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan perfect mas, tapi Effect. Output yang dipakai yang R-L. Jika Power amplifiernya stereo, maka pakai keduanya R-L. Jika PA nya mono, maka gunakan salah satu yang R atau L. Kok ada yang aneh, sepertinya PA nya yang bermasalah.

      Delete
  12. .munkin controlnya mas klo sya pke mixer aja suara bersih tpi klo pke control aja kdag bersih kdag g. apa munkin kontrol subwofer itu ya mas klo sya tambah mixer wofernya g begitu fungsi jdi skrag sya pisah sendiri" cuma buat nambah bas aja dan hasilnya uda mantep bas bulet jauh 100m pake mic 12 in 2 biji.trimakasih mas selama ini udah mw bantu saya,saya g bisa ngasih apa" saya doa,in aja smoga byak rejeki amin.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terima kasih banyak mas atas doanya dan sudah berkunjung di blog sederhana ini. Semoga tambah ilmu dan pengalamannya.

      Delete
  13. mas power btl pling kecil berapa wat n berapa harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak macamnya mas. Diantaranya ic TDA2822 btl bisa menghasilkan daya sekitar 1-2 watt. Sebenarnya semua power amplifier bisa di btl. Bahkan power 150 watt jengkolan pun bisa di btl. Kalau ada waktu akan saya bahas tersendiri tentang masalah ini. Tunggu posting terbaru saya.

      Delete
  14. .ok. saya pgen btl ocl 150 tpi enak beli apa bikin sendiri mas ditempat sampean mic 15 in 12 in bekas ACR ,AUDAC brapa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah punya power ocl 150 watt stereo, gak usah beli lagi, tinggal di btl saja. Kalau masih punya ocl mono, ya tinggal buat ocl mono satu lagi biar jadi stereo, kemudian tinggal di btl. Speaker 15" dan 12" bekas ditempat saya jarang yang jual. Biasanya kalau rusak di spul lagi. Kecuali emang lagi butuh duit baru dijual he..he..

      Delete
  15. .mas ampli saya spaya basnya lebih nendang dtambah apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditambah rangkaian kit turbo bass yang menggunakan ic LA3600. Banyak dijual ditoko elektronik. Jangan keliru sama kit galaxi dan kit giga bass beda. Menurut saya kit turbo bass yang pakai ic LA3600 bassnya lebih empuk dibanding kit yang lain.

      Delete
  16. mas pada kaki basisnya itu harus pake R 100 ohm apa tdak usah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk majid. Kaki basis dipasang R 100 ohm jika tr final di paralel. Jika cuma satu pasang tidak usah dipasang. Misal jika R tidak dipasang juga tidak apa-apa, tujuannya hanya sebagai pengaman tr final saja.

      Delete
  17. .untuk membtlnya itu yg sya blum ngerti mas dan sya tkut klo psang turbobas dan sejenisnya controlnya g fungsi mas saya uda coba pasang sperti diatas sma hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara btl nanti saya bahas tersendiri. Jika ditambah kit turbo bass, pada tone control harusnya tetap berfungsi. Bedanya cuma ada penambahan nada bass dan treble. Biasanya bass dan treble pada tone control terbuka penuh, nah dengan penambahan turbo bass itu, bass dan treble pada tone control akan bertambah. Jika tidak ada hasilnya, apakah pemasangannya sudah benar?

      Delete
  18. Untuk bien aime. Silahkan komentar di blog ini saja mas. Kalau ada waktu akan saya jawab.

    ReplyDelete
  19. mas tetep malah skarag mixernya hidup tpi g fungsi pontensinya??? tuk penyanbungan ground plus ambil dri smetris,input mixer ke vcd aut mixer ki input turbo bas aut turbo bas ke pa tlog penjelasanya mas skrag mixer hidup tapi pot g fungsi control hidup tpi pot subwover g fungsi itu apanya yg rusak mas kalo g kberatan sms 085232833814 jawabanya masalahnya ini punya orang mas untuk biaya sms bisa sya ganti mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kok tambah parah mas. Ya ini yg agak susah njelasinnya. Baik akan saya bantu pelan-pelan biar ketemu penyakitnya. Pertama, anda lepas dulu turbo bass, kemudian test hasilnya bagamaina? Anda jawab dulu, nanti step selanjutnya akan saya bantu.

      Delete
  20. uda sya lpas hasil ya itu hasilnya mixer hidup tpi pot g fugsi controlxa bas trible vol fugsi tpi subwofer g fugsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik setelah turbo bass dilepas, hasilnya bass dan treble fungsi tapi subwoofer gak fungsi. Itu tegangan mixernya pakai CT apa gak mas? Maksudnya pakai tegangan +CT- atau +- ? Terus tegangan mixer smpyan ambilkan dari mana? Jadi satu sama power atau anda buatkan sendiri? Langkah kedua, adalah coba solder ulang semua area tone control atau mixer semuanya. Kemudian coba ganti potensio subwoofernya. Hasilnya bagaimana? Jawab dulu, nanti lanjut ke step berikutnya.

      Delete
  21. .klo g susah dlu orag g kan sukses mas haha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, orang sukses memang tidak seenak apa yang kita lihat. Harus melalui proses susah dulu he..he..baru enaknya.

      Delete
  22. mixernya ct min pluz controlya min pluz kyaknya sya lanjot nti lbaran skrag byak kerjaan sehari" sya krja kuli bgunan mas saat ini sya di probolinggo dirmah mrtua mw otak atik klo mlem g enak proyeknya nti sya bwa plag kjember biar bbas...ya mas mmag enak liat yg udah jg master trima tlf bsok bsa dtag. tgal dtag otak atik dpat uag. tpi blajarnya nguji ksabaran sya blajar dri ampli mti smpe bnyi mnkin 1blan lbih tpi blum lulus psag galaxi/ sjnisya blum bsa haha.... sekolae krag bayar tiwul...haha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas bejo silahkan dilanjut. Memang setiap orang dibekali bakat keahlian masing-masing dan setiap orang keahliannya beda-beda. Contoh saja saat ini mas bejo bakat keahliannya di bangunan dan saya di elektronik. Saya pun belum tentu bisa untuk di bidang bangunan, walaupun hanya untuk masang keramik, saya belum bisa. Alloh memang adil. Manusia dibuat seperti itu supaya mau belajar tentang segala hal. He..he..selamat bekerja keras gawe sangu riyoyo he..he..

      Delete
  23. .waduh riyoyo g dw sangu mas ki megawe tek morotuo pokok dkei mgan kro anak,e est cukup hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menjadi amal yang baik di bulan ramadhan ini mas. Dan dibalas dengan kebaikan oleh alloh yang terbaik untuk semua keluarga anda. Amin

      Delete
  24. amin amin yaroballalamin......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya posting cara BTL power amplifiernya mas. Bisa di aplikasikan pada rangkaian OCL 150 watt. Berikut linknya http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/07/cara-btl-power-amplifier.html

      Delete
  25. slm knl dari Manado mas...
    mo nanya nich...cara pasang tr final pd kit BALI BL-216 400-1200 watt gmn tuch..???
    Soalx tiap kali di pasang 1 set tr final, tr NPN (toshiba SC5200) selalu terbakar...
    makasih sblmx....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk michael. Saya belum pernah bongkar kit bali bl-216 400-1200 watt. Jadi belum tahu seperti apa rangkaiannya? Tapi jika tr final pada power amplifier jebol terus, biasa disebabkan ada arus dc yang masuk pada tr final. Penyebabnya bisa dari tr driver rusak/short, diode short atau setingan arus idle yang tidak pas. Coba anda cek dulu kondisi tr drivernya?

      Delete
  26. cara setting arus idle itu gmn sich mas..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua Power amplifier ada setingan VR arus idlenya. Kalau power anda gak ada VR nya, berarti arus idle sudah di set paten dan gak perlu di rubah. Kalau ada VR biasnya, cara settingnya kalau gak salah, PA dihidupkan tanpa beban speaker, kemudian posisi volume 0, cek pakai avometer skala 50VDC pada kaki Basis dan Emitor tr final. Normal harusnya tidak ada tegangan sama sekali alias 0 volt. Kalaupun ada tegangan hanya kecil sekali dan itu normal. Disitu VR bias digunakan untuk mencari titik nol kaki B dan E tr final. Jika kaki B dan E tr final ada tegangan, dipastikan tr final bakalan rusak. Arus idle di pengaruhi oleh tr driver. Jadi cek tr driver dan diodenya.

      Delete
  27. Ohhhh,,,
    berarti VR arus idle itu trimpot yg biasax ada pd kit Blazer ya..???
    Ok,,, makasih & sukses selalu mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mas michael. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog sederhana ini mas.

      Delete
  28. Nanya lgi nich mas.....
    Aku pya trafo 15A 55VAC
    Bridge 35A
    Elco 33000uf/100Vdc
    Sanken SC3858 SA1494 (4 set)
    Modul yg cocok dgn spek di atas kira2 apa ya mas....?
    makasih sblmx....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum nyoba rangkaian power dengan tegangan diatas 45V. Tapi mungkin bisa anda coba menggunakan rangkaian power APEX atau Blazer mas.

      Delete
  29. bang mau nannya..
    kalo nambah 1 pasang TR ajah gk perlu R 100ohmnya kan?
    otomatis TR yang baru di pasang tadi musti nempel ke heatsink juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk handy hasan. Maaf mas baru bisa balas. Sibuk lebaran pulang kampung he..he.. mohon maaf lahir batin. R 100 ohm pada basis boleh dipasang boleh tidak. Fungsi R hanya sebagai pengaman saja jika tr driver konslet, tr final tidak ikutan mati. Tapi juga bukan jaminan aman. Hanya sebagai pengaman tambahan saja. Tr final yang baru juga ikut nempel di heatsink.

      Delete
  30. lahir batin mas menawi wonten kelepatan kulo nyuwon ngapunten.... ku masang parametric kok ngeses bas g kluar dengug potensine mas kiro" apane ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggeh mas bejo sama-sama. Kalau saya ada salah kata yang tidak berkenan, saya juga minta maaf lahir batin. Wih mari riyoyo langsung nyekel solder rek he..he..parametrik kok ngeses? Setrume wis bener ta mas? Nek nyetel parametrik gak podo karo nyetel tone control biasa mas. Nek parametrik potensio bass trebke midle nek ketutup, suarane bakalan gak metu. Kalau coba parametrik, jangan digandeng sama aksesoris lainnya dulu.

      Delete
  31. .gehhhhh sami" mas.
    yo ki lek g utek tangane g penak gaga......
    .alham ketemu mas kabele krag nempel trus R L sek golek,i seg penak saiki penak tpi grug tak gbug kro mixer tpi mixere kog brkarat 4 biji. mixer seg mati dizek iko
    .oh.... iyo mas turbo bas elko ne mletus kiro" membret nag opo wae

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elco turbo bass mletus. Gak onok maneh ne gak setrum kegeden opo kuwalik setrume. Paling banter mrembet nang ic LA3600 mati. Nek komponen liyane jarang rusak. Tapi sampeyan coba disek nek gak metu suarane, berarti ic ne rusak. Tegangane ojok lebih teko 12V. Sampeyan kei ic 7812 disek sak durunge melbu nang turbo bass. Ben stabil setrume 12V.

      Delete
  32. Replies
    1. Tegangan turbo bass itu kan pakai 12 volt. Jika dikasih tegangan diatas 12 volt biasanya elconya mletus dan ic LA3600 mati. Nah dengan diberi tambahan ic 7812 pada turbo bass, maka tegangan yang masuk ke turbo bass akan tetap 12 volt. Meskipun pakai diatas 12 volt, setelah melewati ic 7812, tegangan out 7812 yang masuk turbo bass akan tetap 12 volt

      Delete
  33. .mixer suarane cilik kemresek apane kiro kiro.turbone kenek elcone tok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sampeyan ganti elco input dan outputnya, biasane onok sing kering. Nek perlu ganti kabeh elco sing cilik-cilik. Teko potensione yo iso

      Delete
  34. .ok mas bro masalah teko teros iki dorog mari saiki elko sply mati kbeh koyok g kuat utekq mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Digawe santai ae mas, dipikir karo mlaku. Aku biyen yo ngunu, belajar mbenakno tv, sampek ngelu ndasku. Tapi tenang mas, sampeyan kan nduwe internet, sampeyan golek info nang internet akeh. Bek ne penjelasanku kurang. Terus digawe perbandingan endi sing paling cocok. Contoh problem sampeyan saiki elco supply mati kabeh, yo wis diketik ae, penyebab elco supply power amplifier mati? Kok lah metu kabeh jawabane. Nah diantara jawaban itu, sampeyan goleki endi sing paling cocok. Nek ndase ngelu, berarti wayahe leren sik mas. Nek diterusno ae biasane tambah ajor kabeh.

      Delete
  35. yo ki masalah teko teros sloso kate dparani tapi malah rusak kbeh
    .parametrike g muni blas stume kyok g mlebu
    .powere vocale g jernih base onok suoro ngek koyok spul natap tolog jlasne mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rangkaian power supply ne sampeyan cek maneh, pastikan bener nyambunge, iki skemae http://bahar-electronic.blogspot.com/2016/07/cara-membuat-power-supply-simetris.html

      Delete
  36. .carae ngukur ic ki piye mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ic iku yo ora iso di test mas. Iso e diganti langsung ic ne. Nek icne parametrik jarang rusak. Nek gak muni berarti nyambung input output te gak bener, nyambung setrume gak bener. Wis sampeyan cek mane rangkaian setrume. Nyambung kabele ojok sampek kuwalik. Sampeyan delok sing temen gambar skema setrum simetris e. Terus sampeyan urut maneh wis bener tah nyambunge.

      Delete
  37. doh ajor hahaha....... kenek parametrike tpi suara g karuan tpi ic 7815 kualek suarane resik g enek bas tak blekne smula blekneh suarane g karuan

    ReplyDelete
  38. lek masalah setrum ok mas tolong parametrik suarane g karuan iki karo power iki ocl mono cacat suarane inpute tak demek suarane preeeeeeeeeet tr d438 anget nemen seandaine kui seg rusak mrembet nagdi begitu jg dg parametriknya mas hahaha.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. komponen sing perlu diganti. D438, diode jejer 3 gantien kabeh, tr driver tip31 tip32, tr A564 onok 3 gantien kabeh, R 100 ohm onok 3 gantien kabeh, R 330 ohm onok 2 gantien kabeh. walah kok yo akeh tenan. opo mending ganti driver ae sak set anyar. gak perlu mumet goleki rusake. nek diganti driver anyar sik tetep gak enak suarane, berarti tr finale onok sing rusak. masio di umek sampek elek nek tr final rusak yo sik tetep gak enak. Pertanyaane sampeyan wis isoh ta ngetest tr final sing bener? wis isoh mastikno ta nek tr finale sik apik? nek sing mumet, gantien kabeh power sak set lengkap sak tr finale murah. Paling 30rb an kit mono power ocl lengkap kari masang tok beres.

      Delete
  39. ..okmas iso tnag ae g kenek idek haha........ parametrike yo opo

    ReplyDelete
  40. parametrike do bgian bas elkone lek ddemek muni est tak ganti ic kro R elkone g muni tpi suorone pancet krepek g jelas mas

    ReplyDelete
  41. parametrik opo,o lek ic 7815 sma 7915 dtkar posisi suarane bersih tpi lek dbalekno rusak maneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepurane kaet iso jawab. Ic 7815 dan 7915 iku yo ojok di wolak-walik mas aduuhhh,tambah rusak kabeh gak ketemu penyakite. Lapo katek diwalek barang ic iku? Iku wis onok aturane gak iso diwolak-walik. Tambah konslet kabeh engkok. Yo opo enake? Di idek ae ta? Tuku anyar.

      Delete
  42. ora popo mas g percoyo pean cobak aq ae gumun kok saiki q takon pwer sply ne enek seg mletus kiro" mrembet nagdi goro" tak elokne power pertamae g ppo tak setel sampek berjam jam tak copot psag maneh mbledos haha..... kiproke loro haha kurag ajar tenan

    ReplyDelete
  43. Replies
    1. Siiplah joss tenan wis. Pengalaman adalah guru yang paling baik. Ojok lali kopine loh yoo he..he...

      Delete
  44. maaf mas bahar mau nanya (agak di luar pembahasan si), klo di pararal impedansi keluarannya nambah gak mas? untuk menambah impedansi keluaran itu cocok nya pakai tr final jenis sanken apa tip ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sutriyono. Penambahan paralel tr final tidak berpengaruh pada impedansi. Jenis power amplifiernya beda mas. Kalau power biasa (tidak menggunakan trafo impedansi) impedansi tetap 8 ohm dan tidak akan berubah walaupun tr final ditambah atau diparalel. Kalau jenis power TOA, memang menggunakan trafo impedansi, Nah disitu impedansi power bisa dirubah tergantung jumlah lilitan pada trafo impedansi power TOA nya. Bukan dari tr finalnya, tapi dari trafo impedansinya, dan hanya dijumpai pada power TOA untuk Horn/corong.

      Delete
  45. ceritanya mau modif mas..awalnya ampli dengan tegangan keluaran 16v bisa menghasilkan suara yng keras untuk Toa 16 ohm. kemudian karena rusak toa maka beli toa tpi dngan impedansi 400 ohm (yng beli gak tau sih) jadi setelah dipasang suaranya yng dihasilkan kecil. nah itu supaya suaranya keras gimana mas, yng diubah bagian mana? apakah yng diubah bagian finalnya udah cukup? makasih jawabannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sutriyono. speaker horn/Corong toa umumnya menggunakan impedansi 16 ohm. Jika anda menggunakan jenis toa dengan impedansi 400 ohm, ya jelas kecil suaranya. Untuk merubah impedansi 400 ohm jadi 16 ohm, maka dibutuhkan trafo impedansi. Trafo impedansi dengan keluaran 400 ohm, 16 ohm, 8 ohm, biasa disebut trafo matching. Jadi kesimpulannya untuk jenis corong 400 ohm, maka dibutuhkan trafo matching supaya suara yang dihasilkan bisa keras.

      Delete
    2. oh gtu mas, mungkin trafo yng di pakai sekarang keluaran 16 ohm..jadi tinggal ganti trafo aja mas? la mas kan ada beberapa variasi daya pada speaker, 25w/400 ohm, 20w/670 ohm, 10w/1k ohm, 5w/2k ohm nah itu yang jadi patokan yang mana ya mas? terus kalau trafo diganti komponen2 sebelumnya seperti elko2 gtu diganti dengan nilai yang lain juga gak mas?

      Delete
    3. eh maaf2 mas baru ngerti (mungkin), jadi ini yang diubah pada bagian horn/corong ya mas? ditambahkan trafo matching gtu?

      Delete
    4. Untuk sutriyono. Yang jadi patokan ya keduanya mas. Impedansi dan wattnya. Tapi dalam pemasangan speaker corong dengan jumlah lebih dari satu, maka harusnya impedansi corong harus sama. Tujuannya agar mudah dalam penyambungan output power toanya. Karena output pada power toa biasanya bervariasi. Nah disitu penyambungan output power tidak bisa sembarangan. Harus menggunakan salah satu output pada power toanya. Maksud saya diatas bukan trafo power toanya yang diganti, tapi dibelikan trafo matching lagi untuk menyesuaikan impedansi. Jadi usahakan dalam membeli corong toa, impedansi corong harus sama. Misal corong 16 ohm ya 16 ohm semua. Jika corong 400 ohm ya harus 400 ohm semua.

      Delete
    5. mksud sya yng jdi patokan itu yng 25w/400 ohm atau 20w/670 atau lainnya (untuk patokan pembelian mas). la untuk pemasangan trafo matching itu setelah output amplifier ya mas?

      Delete
    6. Untuk sutriyono. Maaf saya koreksi jawaban saya diatas. Untuk speaker horn/corong ada dua jenis. Yaitu low impedansi dan high impedansi. Yang low impedansi adalah 16 ohm dan yang high impedansi macam-macam ada yang 400ohm, 670 ohm, 1K ohm, 2K ohm. Nah disini untuk memudahkan pemasangan speaker corong, maka amplifier kita set high impedansi yaitu di com100V. Kemudian horn speaker pakai yang high impedansi semua. Jika ada salah satu horn/corong yang low impedansi, maka harus kita rubah menjadi high impedansi yaitu dengan penambahan trafo matching. Jadi horn speaker yang sudah high impedansi tidak usah dipasang lagi trafo matching. Trafo matching hanya digunakan untuk horn speaker low impedansi untuk merubah low impedansi menjadi high impedansi. Aturan pemasangan adalah 1 trafo matchin hanya untuk 1 buah speaker horn low impedansi dan dipasang dekat corong tidak lebih dari 1-2 meter.

      Delete
    7. ok mas..untuk letak com100v dmna mas? kayanya gak ada mas. ini amplifier tipe stereo (kayanya rakitan sendiri sih dan kalai diukur di bagian right itu tidak terdeteksi tegangan keluarannya tapi kalau dibagian left tegangan keluaran 16 volt aja.

      Delete
    8. Untuk sutriyono. Jika power amplifiernya menggunakan PA biasa atau rakitan jelas hanya bisa bermain di impedansi 8 ohm. Tapi anda cek dulu bagian dalam amplifiernya. Jika ampli biasa, maka tidak akan ada trafo impedansi hanya ada trafo biasa. Jika power TOA pasti ada trafo impedansi. Tapi kalau dari penjelasan yang mas sebut, saya yakin itu memang jenis power biasa dan hanya bisa bermain di impedansi 8 ohm. Jika ini masalahnya, maka speaker horn/corong yang high impedansi tidak akan bisa dipakai di amplifier ini, karena corong high impedansi tidak bisa dirubah menjadi low impedansi. Solusinya ada dua yaitu, pertama anda mempertahankan amplifier yang lama impedansi 8 ohm, maka semua corong harus pakai yang low impedansi. Solusi kedua yaitu dengan membeli amplifier TOA yang bisa high impedansi dan ada Com 100V nya, dan corong anda yang high impedansi bisa dipakai, kemudian corong anda yang low impedansi tinggal belikan trafo matching untuk dirubah menjadi high impedansi.

      Delete
    9. emm..kalau amplifier sekarang di modif dngn penambahan trafo impedansi (biar sama kaya ampli toa) itu bisa gak mas?

      Delete
    10. Saya belum menemukan referensi itu mas. Tapi menurut saya mungkin gak bisa mas.

      Delete
  46. .haha.....mestine yora lali haha tpi sek krag mas tak pasag sub parametrike g glem ilag do bas po kiro kiro onok seng perlu dganti do parametrik/ sub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iku maksudte sub bass e parametrik, opo sampeyan nambah rangkaian sub maneh terus digandeng karo parametrik?

      Delete
  47. sub tmbaan mas pdahal ora tak gandeng
    .trus saiki. balik nag tek ku dewe aku dwe mixer 2 1chenelan suarane kremesek kabeh wes tak ganti ic tetep mas biasae apane seg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensione paling kotor kabeh. Jaluk diresiki opo diganti anyar. Nek males ganti anyar disemproti ae potensine gawe semprotan contact cleaner. Bukan WD loh yoo, nek gawe iku modar kabeh potensione

      Delete
  48. .selain potensi opo biasae mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek sak eroh ku. Seng paling sering problem kemresek nang mixer selain potensio yoiku socket jack e mas karatan. Nek masalah audio sound system aku wis sering nemoni problem koyok ngunu iku. Soale aku dewe tau nduwe sound system yoan. Selain problem 2 iku jarang onok kerusakan sampek ngrusak jerone, opo maneh rusake barengan. Biasane rusake mung siji opo loro chanel tok, sing liyane normal. Be e sampyn weruh problem e monggo di share teng mriki.

      Delete
  49. Mas,mw nanya,klo mmparalel TR final yg di kasih R 100ohm yg kki basisny yg tipe/seri SC sja / yg basisny SA juga?? Trim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trie yanto. Yang dikasih R adalah kaki basis tr SC dan tr SA.

      Delete
  50. yo tak cbak mas msok eroh smbuh hehe

    ReplyDelete
  51. Mkash Mas ataz blzane,mf nya lagi nih,cz bnr" awam,bru bljr mngnl elektro bru 1blnn,PER TA NYAAN NYA adalah,berapa watt ideal R nya? trim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trie. R yang di gunakan adalah R 1/2 watt atau 0,5 watt.

      Delete
  52. trus saiki sound sisteme do endi mas
    .oh yo mas mixer 1ch lek gabug piye pdo mixere podo 1ch msalae q lek gabug mesti suoro mlah rusak slah 1mixer mesti lagsug onok seg eror

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sound system e di sewo wong, terus gak balek he..he.. Gak balek soale di ijoli duwek he..he.. yo tak tompo, mengko gawe maneh. Berhubung gawene suwe, sound system dorong dadi, duwite entek ha..ha.. apes. Yo wis ngunu ikulah jenenge urip. Onok enake yo onok gak enake. Dinikmati ae sambil minum kopi, jarene mbah surip ha..ha..ha..

      Delete
  53. Ok Mas,mksh pncerahane,,sbnrny msg bnyk pertanyaane,tp gk enk tnya mulu,next time wae,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas trie. Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini mas. Mungkin ada kata- kata saya dalam komentar yang kurang berkenan mohon maaf. Semuanya semata-mata hanya untuk berbagi ilmu pengalaman yang bermanfaat.

      Delete
  54. Ya Mass,muskipun Mas bilang "sderhana" buat sy sgt istimewa kok,sgt mmbantu sy yg msh awam,klo dlu ada peribahasa "BUKU ADALAH GURU YG TK PNH MARAH",di era digital ini "BLOGGER ADLH GRU YG TK PNH MRAH" hehe,,

    ReplyDelete
  55. .sangkeng cedek kro omah q tak ewangi pean gawe soundsistem tpi tak ewangi ngopi ckckk......

    ReplyDelete
  56. Mas, saya rencananya mau buat amplifier 150 watt dengan tr final TIP142 dan TIP147, kira kira tr final sama TIP41 butuh kipas nggak ya?, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk aviv. Diberi kipas lebih baik mas, lebih dingin. Tapi kalau dengan heatsink pendingin saja sudah cukup tidak terlalu panas, dan bukan untuk geber-geberan, hanya untuk rumahan, ya gak usah dipasang kipas mas.

      Delete
  57. O iya saya juga mau tanya, saya mau buat power supply nya 5ampere 40volt, kira kira diodanya tipe apa ya, soalnya masih bingung nih, maklum masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diode bisa pakai yang diode biasa 6A 4 biji atau diode kuprox 10A. Untuk diode tipenya jarang dilihat, pokoknya kalau beli bilang saja diode 6Amper, penjual tokonya pasti tahu. Jadi yang jadi patokan adalah besar ampernya bukan tipenya.

      Delete
  58. mas Ocl 150 mono R10k yg deket TR 654 kobog larinya kemana sya gnti msih panas lgi suara input kya peluit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti R 10K, ganti semua diode in4148, ganti semua TR A564, ganti TR D438, ganti R 560 ohm. Kok bisa terbakar diapakno ae bos???

      Delete
  59. ku dwe yo g eroh moro moro bas pecah tambah swe tambah nemen tk inceg r10 puanas cet protol wes wayae pleg mas haha. .. jaluk ganti btl paleg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakjane onok carane mas supoyo R10K gak kobong maneh. Tapi rodok ruwet, tapi nek gelem tak duduhi carane. Tapi garape ojok lali yo nyanding kopi cigak stres he..he.. gelem gak tak duduhi carane???

      Delete
  60. iyo est g ppo sneg mlah ddudui pkoe ojo duduh soto haha...... kpi yanding trus sampek g iso tru klilipen tinol wkwkwk...... kirane tahan pukul masio pwer cilik mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo gak tahan mas nek dipukuli karo palu he.he.. Wis ta siap di modif powere? Penyebab R10K terbakar adalah daya watt resistor kurang besar. Coba sampeyan gawe R10K 1watt. Tapi sakdurunge sampeyan benakno disek powere, baru diganti R sing gedhe. Cara liyane R 10K diganti 15K. Cara liyane maneh R10K dibuang, tr A564 siji jalur R10K buang, diode in4148 jejer 2 buang. Terus paralel kolektor tr A564 diganti R33K menuju tegangan +. Nek bingung ganti R10K 2watt saja biar tidak panas. Jika masih panas kaki R10K yang menuju minus diangkat, kemudian konek ke gnd. Wis ta mumet ta wis.

      Delete
  61. mumet tpi pgen eroh yo di empet mas hehe..... seng bigug ki ki klimate Terus paralel kolektor tr A564 diganti R33K menuju tegangan . ki maksute dbuag po di pararel aA564 yg ECB kiri po knan trus R33k mnuju plus kki yg satu nya ambil dri mana mas ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry Seng iku salah tulis aku. Iki seng bener. Sampeyan lihat pcb kan ada 3 tr A564. Nah disitu sampeyan cari 2 tr A564 yang kaki emitornya gabung. Wis ketemu?? Lah nek wis ketemu, 2 tr A564 yang kaki emitornya gabung jangan dilepas. Kemudian tr A564 sisane sampeyan ambil/lepas. Kemudian diode in4148 jejer 2 sampeyan buang, R10K buang pisan. Wis sampeyan buang/lepas??? Nek wis, sekarang lihat jalur 2 tr A564 yang kaki emitornya gabung. Nah di titik kaki emitor yang gabung itu sampeyan pasang R33K, terus sikil R33K sijine konek ke tegangan + plus. Wis mudeng ta dorong???

      Delete
  62. lah lek iki mudeg end akurat mas bro jelas padang koyo awan haha...... sek tak galek,i ko asile tak kbari mas...... jo lali kopine.... ben padang jinglang

    ReplyDelete
  63. beh ora muni mas haha dengug tok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nek bingung. iki wis tak posting sak skemae pisan. ini linknya http://bahar-electronic.blogspot.co.id/2016/07/cara-modif-ocl-150-watt-agar-r-10k.html. Cara iki wis tak coba, kudune mestine kenek. Nek gak kenek, berarti tr A564 onok sing mati. Opo onok sing salah.

      Delete
  64. ...tr tku mau mri tak cobak ganti tr trus R deode tk stel muni trus tak cobak cara iku bengug tok haha.....ok ok tak dlok,e mas

    ReplyDelete
  65. bgi ku kterangane wes jelas yg di jemper jalur emitor ke jlur plus tpi bingug nya knpa cma dngug input tak sentuh g ada syal

    ReplyDelete
  66. titik salae do R 560 do duwor ora dkogkon copot do gambar di copot haha.....mene neh di utek saiki est ngantok mene makario

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas bejo. Untuk membuktikan bahwa modifikasi ini berhasil, sudah saya coba pada power ocl saya sendiri dan hasilnya berhasil suara bening dan tidak dengung sama sekali. Silahkan lihat posting terbaru saya, sama dengan link diatas. Sudah saya tambahi gambar praktek pcb rangkaiannya agar lebih mudah. Monggo dilihat dulu mas, supaya lebih paham.

      Delete
  67. yo wes tAk delok wau dalu tAk pahami do gambar r560 la do kene g tak copot cman durung praktek maneh saiki seh tak gwe gnti r 10k dg 1wat. tpi bas jek pecah D wes est tak gnti kbeh R 33k 300ohm TIP 31 32 final normal tpi NPN onok seg rodok panas liane anget biasa.... 2set TIP 25 V CT. seg dorog tak ganti C ki seg perlu di uprek po heh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampeyan delok maneh. Tak tambahi gambar rangkaian power ocl ku nang kunu. Sik tas utak-utek mau isuk mas. Nek tak pikir be e modifikasi ku sing gak bener. Wis tak cobak gak onok masalah mas.

      Delete
  68. .po psu ne yo mas elco taktes 1k glem mudon tpi lek do 10k mari mentok lagsug blek nag nol

    ReplyDelete
  69. contror inpute dengug opone mas

    ReplyDelete
  70. wes tak cobak mas muni tpi penyakite ki suara pecah tip 31 anget 32 adem final juga gitu solusi ne mas

    ReplyDelete
  71. mikron / R kapur puanas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. R kapur kudune gak panas mas. Coba nyalakan power tanpa speaker, terus R kapur e panas ta gak?? Sampeyan gawe tr final opo?? Berapa set? Stereo apa mono?

      Delete
  72. mono 2set Tip pnase g lagsug trus volume buka ttik ae es pecah bas trible ganti ayar pleg pnak klo di itug2 hbis diatas 10rbu bli driver 20rbu haha....jo lali kopine

    ReplyDelete
  73. Paralel TF final dgn tmbahan R 100ohm dh sukses mas,,trim,
    Skrng timbul pertanyaan baru,stlh sy tambahin 2pasang sanken kok mnurut kuping sy gd bedany dgn yg sebelum di tambahin Mas,,ap mmng kuping sy kurang peka/memang perbedaanya sngt tipis/ada kelebihn lain,misal TR gk cpt pnz,dr pd TR yg cm 2pasang??? Tolong di jelasin ben mudeng Mass,trim

    ReplyDelete
  74. Replies
    1. Sory mas baru balas soalnya habis sakit. Memang secara kasat tidak terdengar perbedaanya, karena beban anda masih mampu ditangani dengan 1 pasang sanken, kemudian anda tambahi satu pasang lagi memang tidak terlihat perbedaannya. Jika anda ingin melihat perbedaannya, maka coba dengan beban speaker yang agak banyak misal satu jagrak speaker, nah itu baru nanti ketahuan perbedaannya. Tapi yang jelas menurut saya daya akan bertambah kok jika tr final ditambah itu saja titik.

      Delete
  75. Mas, ada ga skema buat modif ampli ocl yg 150w.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk qim. Gak perlu dimodifikasi rangkaian ocl 150 watt itu sudah bagus.

      Delete
  76. mas power 400 w mono suara bersih tpi dengung R kapur panas sanken ikut panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang terbalik B C E tr final atau tr drivernya. Kalau gak salah satu tr ada yang bermasalah.

      Delete
  77. Mas, kok ampli saya waktu dihidupkan suaranya dengung pas dicolok ke hp nggak ada suaranya, kira kira apanya ya yang rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada salah satu kabel input ada yang putus atau kebalik masangnya

      Delete
  78. mas sya rakit power
    travo 3 amper pake 2 di satuin,,
    elko 50v spuluh ribu mikro pake 6 ..
    TR final pake jengkol mj15024
    voltase travo pake 30 ..
    speker subwoper 6 inci dobel koil merk legacy..
    trus di pake filter subwoper suara nya malah bas sember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu trafonya yang kurang besar mas. Minim pakai trafo 10A

      Delete
  79. Ass.mas bahar mau tny sy puny PA P7000s 2 buah boleh 2 PA ini sy paralel untuk nada subwoofer inputny dr cros over aktif dbx 234xl sy ambil input mono LFSum di pengaturan PA 7000s jg sy pk mode paralel masing2 chanel sy pk 2spkr paralel jd 4ohm jd total spkr 8pcs18"500wrms masing2 PA angkat 4pcs spkr msing2 chnl 2x18" klo sy paralel PA sperti itu boleh g? Mohon sarany mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya boleh saja mas. Kan hanya membuat dua PA untuk menghasilkan suara Low Freq dari satu sumber dbx234xl.

      Delete
  80. 2 PA dpt input dr cros over aktif dbx 234xl sy ambil input mono LFSum dr cros over untk PA pertama kemudian dari PA pertama sy paralel ke PA kedua sy ambil inputny jg cuma mono untuk diparalelny ke PA kedua jd ke 2 PAny mengeluarkan nada Subwoofer.kalo sperti itu boleh g mas?

    ReplyDelete
  81. piye kabare mas bro
    .parametriku karo mixerku kemrosok kyok g enek siyal kiro kiro apane?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabare apik mas. Cek tegangane mas normal apa gak? Kabel, jalur pcb, be e onok sing konslet. Iku problem kok onok ae gak ilang-ilang? He..he..

      Delete
  82. Enarupes bos ate takok.. Penggantie tip 31 32 sing luweh apik gawe opo??
    Suwon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas yoyok.lah iki sing digoleki wong. Aku jane akeh, tapi lali nomere. Onok siji sing tak eling. Tr A940 ambek gandengane C2073. Tapi mas, iku nek sampeyan oleh sing apik, nek oleh sing elek podo ae mas. Akeh tr palsu/abal-abal. Isoh didelok teko fisike. Sing jelas sing asli barange apik tur larang. Iku nek onok mas barange. He..he..

      Delete
  83. Pagi Mas,mau tany lg nh,sy mw bikin PA untuk driver midle,cz buanyak KIT nganggur bekas praktek,(dr pd g kpake),nah,,untuk TR finalny enkny pke sanken/jengkol Mas,N R kapur idealny ukuran brpa???
    Cz mau beli XO aktif blm pny duit,jd nnti mainya di TC aj,Bass n Trible matiin aj,midnya yg di mainkn,trim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih cocok pakai jengkol. Tapi dengan syarat sinyal bass harus dikurangi atau dihilangkan, dan hanya sinyal midle yang diloloskan. Karena tr jengkol tidak tahan bass dan gampang jebol. Jadi gunakan tegangan tidak terlalu tinggi, maks 25V-CT-25V dari trafo. R kapur biasanya pakai R 0,5 ohm/5 watt.

      Delete
  84. Ok mksh Mass,tny lg nih,klo persamaan TIP 122 & 127 apa Mas,cz sy pny Kit PA yg pke tr itu tp anguz,nyari di tko trdkt gd yg jual Mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dari datasheetnya, menurut saya bisa diganti dengan tr mospec TIP3055 dan TIP2955. Tapi sebelum diganti tr itu, pastikan dulu tegangan supply PA tidak lebih dari 32V. Jika ternyata tegangan lebih diatas 32V, bisa diganti tr sanken 2SA1216 dan 2SC2922.

      Delete
    2. Tp TR finalny udh pke sanken 2SA1216 dan istriny tuh Mass,

      Delete
    3. Ups maaf mas, saya kira tr final. Jika trnya sebagai driver, bisa menggunakan tr TIP31 dan TIP32. Tapi yang paling mendekati dengan tr diatas adalah tr TIP41 dan TIP42. Daya wattnya hampir sama.

      Delete
    4. Ok Mass,mksh buanyk atz jwbane,,

      Delete
  85. pancen dorog dibenakno haha...
    .mas power 400 ben base empuk yo opo carane wes tak wei tc sub mixser sub rakitan dwe tpi bas pancet kyok omplong g glem antep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudune wis isoh bass empuk iku, wong wis onok rangkaian subwoofer, dobel pisan, yo opo suarane? Nek suara bass sik koyok omplong, berarti speaker iku jaluk diganti sing apik, box speaker sing apik. Gak isok mas bass empuk, nek sampeyan gawe speaker Canon murahan. Sampek elek gak bakalan isoh ngebass empuk speaker iku.

      Delete
  86. sepeker audax mas bro wes tak utek mambengi hasile lumayan mixere aut g gelem do R L jalok do monitor tpi kurag empuk titik mas ic mixer seng penak gae kde pro mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mf Ms Bro,bukane sy sok pinter/sotoy/apalah,sy sndiri msh newbie di dunia audio. Mengenai suara bass "empuk" empukny yg ky gmn sy gk paham,soalny slera kuping orang beda",klo pgn EMPUUUUK ky speaker subwoofer gk bisa,cz respon frequensiny beda sub 20hz-200hz (nada rendah),klo woofer biasa sy gk phm,yg jlz respon frqny lbh tinggi drpd Subwfr.
      Klo bahasa jawanya subwfr tu mnggetrkn badan,gk bz "dheg" njejeg dodo kyo (mid bass)
      Biar lbh jlzny nnti Sang Empunya (Mas Bahar) yg jelasin,n komtr sy ini jg mnunggu koreksi dr Mas Bahar,cz cm brdasarkn pengalamn pribadi sj.

      Delete
  87. begini mas yanto sya belajar nencari bas bukan yg hya empuk n mengetarkan isi rumah tpi yg sya cari empuk bergetar bulet didegar dari jarak jauh klo menurut sampean g bisa itu sya maklumi krena nurut smpean tpi bagi sya bisa klo bikin bas cuma untuk indor g perlu modif ato pke ini itu pke galaxi uda ngebas tpi galax apa bisa ddengar dri jauh sya g pamer ampli. sya 5A banci 2 elco. 80 v 32 ct pwer 400 mixer 1ch master mixer 1. 2set 5dy speker 12in audax 1 vol jam 8 bas bulet empuk jauh 100m itu cma 1speker itu bgi sya masih kurag n blum dcba 15in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih iki wis metu master e rek. Yo ngunu ilmune ikuloh dishare di sini mas bejo. Kalah aku rek...he..he.. lanjut terus

      Delete
  88. .oh yaa..... mas yanto klo wofer toko emag g bisa jeggler tpi klo wofer rakitan sendiri jeggler bas mantep didada empuk pulen.klo smpean g percaya cbak praktek cri tw tentag wofer bukane sy sok tw tpi sy praktek dari orag sonsistem d sy jg blajar bukan hya d mas bahar aja krena cra orag untuk jdi yg terbaik beda"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah,kok kesanya ngajk debat,sy kn cm blng klo speaker woofer tuh respon frquesiny bd dgn subwfr,klo mslh empuk kn tuh trgntung selera,klo cuma di ungkapin "empuk" kn gk bs di jlzkn scr spec,sblmny sy mt mf ya Mas,klo slh ngomong,mklum msh belajar,n sy bljr jg bru di blogny Mas Bahar ini aj.

      Delete
    2. Ndak mas trie. Ya yang namanya sama-sama belajar mas. Adakalanya seseorang punya ide dan trik tersendiri yang beda dengan yang lain. Tapi mempunyai tujuan yang sama, menghasilkan yang terbaik. Di blog ini saya berharap bisa dijadikan sumber referensi alternatif ide dan trik elektronik. Dengan tujuan utama membantu rekan-rekan semua belajar, modifikasi dan mengatasi problem elektronika.

      Delete
    3. Iya Mas Bahar,sy sgt paham,toh tujuan sy ikut cawe" reply cmnny Mas Bejo td cm sdkit sharing,pkir sy untuk mnbh tmn sesama hoby aj,tp rupanya sy slh kamar,mksud sy cm tny "empuk" nya yg ky gmn,gtu kn,bukane blng klo spkr woofr tuh gk bisa empuk,cm kn klo scra toeri msh empukn speaker sub,kn katany mampu mereproduksi freq rendah hingga 20hz,klo wfr biaasa kn gk mkin,tp klo wfr biasa mmpu mereproduksi frequancy tinggi hingga 5000hz.itu mksud sy,la kok mlh kmntare mbleber kemana tau,sy jg gagal paham tentang istilah "woofer toko n woofer rakitan".

      Delete
  89. jah yo jo ngunu mas bro ilmu drog onok sak pucuk,e pean masbro haha....
    kg sek bergadag masbro g ksel ta....????

    ReplyDelete
  90. sy g gjak dbat ato bersaing mas yanto udah g sa dtrusin karna apa yg kta bhas g cocok sy bhas acc PA tpi smpean bhas spker jd g yambug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo nek gak disambung gak muni mas speakere he..he.. yo opo kabare mixere wis normal ta? Iku nek ndelok jalur output L-R ambek monitor koyok ane sak jalur mas. Mestine isok lewat output L-R. Nek gak isok jalur opo R onok sing pedot.

      Delete
    2. Njih Mas Bejo,sepurane nggih,menawi kawulo katah lepatipun,,

      Delete
  91. alhamdulilah normal seg g normal uwonge haha......
    .jane yo knek R L tpi bas g gede vol yo g banter lek do monitor normal kbeh tpi vol g kaggo karo ponpaint ,vol pindah nag efek nAh iki aku tkon opo.o dri 7 pot g fungsi 2 pot klo aut dmonitor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nek ndelok skema jalur mixer bagian output. Iku sakjane sak jalur kabeh outpute teko ic penguat akhir mixer, terus dibagi nang effect, monitor, output R-L. Jika sampeyan ambil output dari monitor, jelas panpot/balance dan vol tidak fungsi, karena setiap fungsi effect, monitor, output RL onok potensione dewe-dewe. Nek sampeyan njupuk output teko monitor, yo sing fungsi potensio monitor tok, potensio panpot/balance dan vol tidak fungsi karena sudah terbagi dengan R dan potensio sendiri-sendiri. Jadi gak akan berimbas dengan potensio lainnya. Luwih jelas sampeyan urut jalur pcb mixere.

      Delete
  92. g sa boso ngunu mas yanto biasa wae......
    .komentar diatas itu slah pgertian aja mas yg sy bahas dg mas bahar subwofer itu bukan spker tpi subwofer TUNCONTROL ini lbih jelasnya mas yanto jdi jg slah phan dgan kmentar sy
    .sy jga pmula n jg komen freg dg sy krna sy g ngerti sy g pernah skolah hehe......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mass,q yo gk skolh Mas,cm otodidak,Gurune Blogger hehe,,

      Delete
    2. Yo mesti blogger luwih pinter, pinter ngakali he..he.. saya dulu awalnya juga belajar dari blogger mas. Banyak blogger yang lebih expert/ahli di internet daripada saya. Terus atas dasar keinginan untuk merangkup dan modifikasi dari hasil pekerjaan, trik dan ide yang saya dapatkan dari para blogger yang lain yang lebih ahli, untuk saya jadikan buku harian sewaktu-waktu saya membutuhkan dapat langsung membukanya. Yang jelas semuanya sudah melalui tahap uji coba dulu sebelum di posting untuk memastikan hasilnya. Blogger adalah guru yang baik, tapi pengalaman anda adalah guru yang terbaik.

      Delete
    3. Mas Bahar,sy mw tny,sy kn pgn bgun speaker satelit (pendamping speaker sub) klo spkr Subny kn dh ad 4biji,cuma kn untuk mereproduksi nda sdng/tingginy kn jlk bgt,nh sy pgn bass midny/suara gndang/ketipung bsa detail gtu Mass,,enkny pke speaker jnis apa ya,,woofer/full range???. Msksud sy spkr biar bkrja sesuai karakteristiknya gtu, tnpa mnggunakan XO aktif. Pgine SQ,tp gk mw keluar duit bnyk,hehe,,

      Delete
    4. Plus minus mas. Kalau sampeyan pakai woofer, respon bass midnya bagus, tapi mid dan high kurang, vokal mendem. Tapi jika pakai full range, respon mid highnya bagus, vokal bagus, tapi bass mid kurang. Biasanya yang sering dipakai langsung full range, karena reproduksi vokal dan midnya bagus, untuk bass sudah ditangani dengan subwoofer, tapi bass mid kurang, bisa diatasi dengan merubah tone control dengan menaikkan frequensi bassnya.

      Delete
    5. Tapi kadang orang lebih suka dengan karakter bass soft/lembut yang dihasilkan subwoofer daripada woofer yang agak jeduk. Tapi semua tergantung selera. Padahal sebenarnya audio yang bagus bukan dari hasil bassnya yang menggelegar, tapi lebih pada detail audio yang dihasilkan. Bahkan jika anda membaca tentang pecinta audio kelas atas/audiophile, lebih extrem lagi. Justru suara yang dicari adalah suara yang orisinil dan natural, dan tanpa pengaturan tone control sama sekali. Cuma karena kuping kita sudah terbiasa dengan bass menggelegar, jadi PA audio jika bassnya tidak menggelegar kurang afdol, bahkan dibilang PA cempreng/kacangan.

      Delete
    6. Ok Mas,mksh pencerahane,stdknya dh bisa jd referensi sblm brangkt ke toko elktronik,,oiya nmbh,klo mas mungkin update tntang hrga speaker,klo speaker ACR yg PREMIER 12inch kira² brp ya,sy bc specny trtarik dgn diameter coilny yg mncapai 4inch,(katanya sih) sy prnh googling tp hargane gk jlz,ad yg 900an,ad yg 800an,jujur sy klo mau tany ke toko malu,klo cm tny doang,tp pd akirny gk beli,lagian sy tinggl di kmpung,pelosok desa jauh dr kota.

      Delete
    7. Acr premier memang agak mahal mas, untuk harga setiap toko dan tempat beda mas. Jadi siapin dana lebih aja jika memang niat mau beli.

      Delete
  93. nah dri kterangan mas bahar mnurut sya sbgai pmula hrus praktek biar pnya pengalaman sampek pcb numpuk sak karug haha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..isoh ae mas bejo iki. Yo aku biyen yo ngunu mas, sing jenenge pcb opo ae nduwe, sampek numpuk pirang-pirang kerdus. Sing jenenge pcb, nek gak sampek ajor gak ganti. Bolak-balik ajor yo gak kapok ae he..he..yo jenenge usaha mas. Hasil akhire diserahno ae opo jare sing gawe urip.

      Delete
  94. Bnr Mas,jare "pengalaman mahal hargany",ncen iyo,sy bli KIT PA (hrga dbwh 100k an) bisa dblng "sekarung" berbagai merk n systemnya,mngkin klo di total nominale yo dh dpt PA CLASS X hehe,tp klo gk gtu kn gak mudeng² Mass,,

    ReplyDelete
  95. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led