TV SHARP UNIVERSE MATI TOTAL

Berikut kerusakan tv sharp universe 14U25 dengan problem mati total dan lampu indikator led tidak menyala. Problem mati total biasanya bisa disebabkan kerusakan tr horisontal, flyback, IC program, dan sensor protek. Pengerjaan tv sharp ini memang gampang-gampang susah karena banyaknya sensor protek. Sehingga jika salah satu sensor protek ada yang rusak bisa dipastikan tv gak bakalan nyala.

Dilihat dari kondisi mati total ini ditandai lampu indikator tidak menyala kemungkinan besar supply tegangan ke rangkaian tidak ada. Coba nyalakan tv, kemudian test semua tegangan output regulator, ternyata tidak keluar tegangan sama sekali alias nol. Kemudian pengecekan semua diode dan elco regulator tidak ada yang rusak. Setelah dipastikan semua komponen bagian sekunder trafo regulator tv tidak bermasalah. Lanjut pengecekan bagian primer trafo regulator. Awas bagian primer trafo regulator ini sangat berbahaya, bisa menyebabkan anda kesetrum.

Cek kabel yang menghubungkan TV dengan stop kontak jika putus. Pengecekan awal dimulai dari periksa sekering (F 701) kalau putus. Periksa IC 701 (STR F6653/STR F6654). Bila F 701 Putus, berarti ada kemungkinan IC tersebut bisa jebol/rusak. Ganti dulu dengan yang baru. Sebelum anda ganti str lebih baik anda cek dulu. Bagaimana cara mengeceknya? Silahkan baca cara cek str f6653 menggunakan avometer.

Bila ternyata tv bisa hidup, tapi terjadi penyempitan pada sisi kiri dan kanan layar, disertai gambar yang bergoyang. ketika volume suaranya di keraskan. Periksa R 710 dan R 711 (keduanya berukuran 0,33 ohm/1 watt). Mungkin salah satu resistor ada yang putus bisa diganti. Karena kedua resistor ini dipasang secara paralel, maka sebaiknya dilepas dahulu sebelum diperiksa.

Setelah IC 701 diganti, tapi masih belum ada tanda-tanda tegangan keluar. Cek resistor R 723 (680Kohm) kalau sudah rusak/putus.

Jika masih belum mau hidup juga....? Sekarang periksa Diode Zener D 710 dan D 716. Kedua diode ini biasanya short juga bila IC701 rusak. Jika D 710 dan D716 normal, periksa kondisi Q 710 (C4517).

Dari keempat poin diatas tidak ditemukan kerusakan komponen. Hanya tinggal untuk mencoba untuk mengganti STR F6653 kemungkinan rusak. Akhirnya setelah STR diganti baru, tv sharp universe sudah bisa menyala normal kembali. Test beberapa menit untuk mengecek suhu panas STR normal apa tidak? Jika suhu normal berarti regulator sudah ok. Semoga bermanfaat.

0 Response to "TV SHARP UNIVERSE MATI TOTAL"

Post a Comment