TV DIGITEC GAMBAR GELAP JIKA PAKAI ANTENA

Lagi dapat kerjaan tv jadul merek digitec dengan problem yang agak aneh dan bikin pusing. Problem gambar gelap saat antena dicolokkan dan jika antena dilepas gambar kembali normal blue screen. Biasanya problem gambar gelap yaa gelap semuanya termasuk tampilan osd, tapi ini lain gambar menjadi gelap setelah colokan antena ditancapkan, jika antena dilepas kembali normal.

Tv ini menggunakan ic chroma TDA8841 yaitu tv digitec dengan kerusakan dengan gambar yang sangat gelap sekali baik untuk TV maupun AV. Tapi bila antena atau video in tidak mendapat sinyal input, tv langsung blue screen seperti tv yang normal, gambar terang seperti tidak ada kerusakan. Gambar pada tv ini gelap sekali walaupun pengaturan screen sampai blanking gambar tetap terlihat gelap.

Solder ulang di setiap bagian yang terlihat retak tidak membuahkan hasil. Penggantian beberapa elco juga tidak ada hasil. Lakukan solder ulang juga pada semua kaki ic TDA8841 juga nihil. Penggantian ic chroma pun tidak ada hasil. Biasanya kerusakan seperti ini disebabkan problem pada bagian jalur ABL. Cek tegangan ABL flyback dan semua komponen yang menuju pin 22 ic TDA8841 yaitu pin BCL in/ABL in harus ada tegangan sekitar 2-3 volt. Pengecekan mulai dari resistor, elco, milar dan jalur pcb mungkin ada yang putus. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan ada resistor yang putus pada jalur pin 22.

Setelah resistor diganti cek lagi tegangan pada pin 22 sudah keluar tegangan sekitar 2,5 volt. Waktunya dicoba. Lah dalahhh lakok tetap peteng <gelap> padahal tegangan ABL sudah ada apanya lagi nih? Waktu menunjukan jam 1 malam dan mata sudah mulai ngantuk akhirnya pertempuran dilanjutkan esok hari. Sambil mencari informasi di google mengenai kerusakan ini mungkin sudah ada yang membahasnya, jadi tinggal di eksekusi besoknya.

Besok harinya setelah mencari informasi sana-sini belum menemukan cara memperbaiki kerusakan ini. Semua cara sudah saya terapkan dan hasilnya normal pada jalur ABL baik komponen maupun tegangannya, tapi gambar tetap gelap. Akhirnya istirahat sejenak sambil melihat gambar tv yang tetap gelap, iseng saya naikkan tegangan screen sampai blanking hingga gambar sedikit terlihat meskipun masih tetap gelap. Iseng-iseng saya tekan tombol menu kemudian masuk ke pengaturan gambar brighnest, contrass, color, saya coba masuk ke pengaturan brighnest lah kok nol akhirnya coba saya naikkan gambarpun akhirnya bisa terang. Lanjut pengaturan contras juga saya naikkan akhirnya gambar kembali normal.

Alhamdulilah dari pengalaman diatas bisa disimpulkan bahwa problem sepele seperti ini bisa bikin pusing kepala. Mudah-mudahan dapat membatu anda dalam memperbaiki tv dengan problem seperti ini tidak lupa untuk cek menu pengaturan gambar siapa tahu problem ada disana. Semoga bermanfaat.

0 Response to "TV DIGITEC GAMBAR GELAP JIKA PAKAI ANTENA"

Post a Comment