Tuesday, February 2, 2016

TV ADVANCE 21 INCH CHANNEL TV HILANG SEMUA

Di hari libur minggu dapat panggilan memperbaiki tv advance 21” dengan problem semua channel tv hilang. Mungkin anda pernah menjumpai problem seperti ini biasanya menduga kerusakan pada tunernya. Padahal problem chanel tv tiba-tiba hilang belum tentu disebabkan oleh kerusakan tuner tv.

Ada banyak penyebab yang menyebabkan channel tv  hilang. Diantaranya adalah kerusakan ic program, part atau komponen pada jalur tuner ada yang rusak, tegangan 33 volt hilang, tegangan 5 volt hilang, SAW filter pada input IF rusak, tegangan VT tuner hilang dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Dilihat dari PCB pada mesin tv ini sepertinya memakai mesin cina dengan ic tunggal. Pengecekan awal pada kasus saya ini adalah dengan mencoba melakukan auto search apakah ada channel siaran tv yang tertangkap? Hasilnya tidak ada satu pun siaran tv muncul. Cek tegangan 5 volt tuner ada. Cek input IF dari dan sesudah SAW filter normal, ditandai ada respon gambar pada saat disentuh dengan obeng pada pin IF nya.

Kemudian dilanjutkan pengecekan pada pin U/V, L/H, tuner yaitu pin VHF dan UHF tuner ternyata normal baik VHF dan UHFnya pada saat dilakukan auto search. Cek juga pin AGC normal ada tegangan. Kemudian pengecekan pada pin VT tuner kok tidak ada tegangan, coba cek lagi pin VT dengan dilakukan auto search ternyata juga tidak ada tegangan. Normalnya pin VT tuner ini harusnya ada tegangan naik ke tinggi pada saat dilakukan auto search. Fungsi pin VT ini adalah variable tegangan untuk mencari channel tv. Jika pin VT ini tidak ada tegangan otomatis tidak ada channel tv yang tertangkap. Lah wong VTnya gak gerak…

Untuk memperjelas jalur pada pin VT, berikut skemanya.

Dari skema itu dapat kita cek satu-persatu komponen pada jalur yang mensuplay tegangan VT. Tegangan VT ini diambil dari tegangan B+110 volt kemudian diturunkan menggunakan resistor dan diode zener 33  volt, kemudian dikontrol dengan transistor C1815 yang mendapat input control dari ic program. Untuk mendeteksi apakah tegangan control VT ini ada atau tidak? Bisa anda cek langsung pada pin VT ic program.

Dalam kasus saya ini pin VT ada di pin 60 ic program. Cek apakah ada tegangan pada saat dilakukan auto search. Ingat tegangan yang muncul turun kemudian naik. Jika tegangan pada pin VT ic program tidak ada, berarti ic program rusak. Jika tegangan ada, berarti supplay tegangan transistor C1815 bisa dipastikan tidak ada. Bisa disebabkan oleh transistornya sendiri yang rusak atau komponen di jalur itu ada yang rusak.

Pengecekan ditemukan kerusakan pada resistor R718 dengan nilai 10K/2W putus. Juga ditemukan diode zener W574 setengah sort. Diode zener W574 berbentuk seperti transistor kaki 2 dan memang dikhusukan untuk supply tegangan VT tuner. Jangan diganti dengan diode zener biasa, hasilnya biasanya channel akan geser. Jadi usahakan ganti dengan tipe yang sama. Berikut dua komponen yang ditemukan rusak.

Pada saat mencari pengganti diode zener dengan tipe W574, saya tidak menemukan tipe yang sama seperti itu. Nomer tipe yang ada hanya seri U574 dengan bentuk fisik yang sama. Dalam benak saya mungkin sama. Setelah mencari informasi dari google, memang ada yang tipe W574 dan juga yang tipe U574 (aslinya UPC574 lihat skema) yang mempunyai karakteristik sama. Jadi bisa dipakai sebagai pengganti diode zener W574.

Setelah kedua komponen saya pasang, saatnya dicoba. Lakukan auto search dan hasilnya semua channel tv bisa keluar kembali. Kemudian coba matikan dan nyalakan lagi, apakah semua channel tv masih tersimpan? Jika sudah, berarti pekerjaan hari ini selesai. Tinggal tunggu bayaran. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment