TV Sharp Wonder Matot Indikator Berkedip

Dapat panggilan servis tv sharp wonder 21" matot indikator berkedip mirip problem protek. Kalau dikatakan protek memang protek karena tv ini tidak bisa menyala normal hanya lampu indikator saja yang berkedip.

Pengecekan awal adalah dengan mencoba melepas semua beban pada regulator, terutama tegangan B+ flyback. Cek juga transistor horisontal dengan cara melepas dari PCB supaya hasil pengecekan lebih akurat. Dari hasil pengecekan tr horisontal, ternyata tr hor dalam kondisi normal. Biarkan dahulu tr hor dalam kondisi terlepas, kemudian melangkah ke pengecekan selanjutnya.

Cek jalur kapasitor tegangan B+ ternyata short dengan ground. Coba lepas elco B+ ternyata dalam kondisi baik. Cek juga diode masih dalam kondisi baik. Kemudian coba putus jalur beban B+ dengan melepas pin B+ flyback ternyata sudah tidak short lagi. Kemudian test lagi pin B+ flyback langsung dengan GND ternyata short. Berarti Flyback dalam kondisi rusak short pin B+ dengan GND.

Tipe flyback yang digunakan tv sharp wonder ini adalah F0194PEN1-SA dengan data pin sebagai berikut COL_B+115V_GND_40V_12V/16V_AFC_185V_GND_H_ABL. Untuk tipe sharp wonder 14" biasanya menggunakan fbt F0193PEN1-SA untuk ukuran 21" menggunakan fbt F0194PEN1-SA.

Setelah flyback dilepas dari PCB, cek lagi jalur B+ pastikan dalam kondisi tidak short lagi. Jika sudah dipastikan tidak short, maka pemasangan flyback baru siap dilakukan. O..ya tambahan untuk melepas flyback ini, lepas dahulu dua baut yang berada didekat flayback yang berfungsi sebagai pengunci FBT. Jika anda lupa untuk melepas kedua baut ini, maka flyback akan sulit diangkat dari PCB.

Setelah flyback baru terpasang, siap dicoba. Alhamdulilah sudah bisa menyala dengan normal dan lampu indikator menyala berubah menjadi hijau tidak berkedip lagi. Test beberapa saat, matikan dan hidupkan lagi, ternyata sudah bisa langsung menyala dan tidak protek lagi.

PERLU DIPAHAMI ADA BANYAK PENYEBAB INDIKATOR BERKEDIP PADA TV SHARP. JADI BELUM TENTU KERUSAKAN TV ANDA JUGA DISEBABKAN KARENA FLYBACK YANG RUSAK.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led