MONITOR LCD INFORCE GAMBAR BLANK PUTIH


Lagi dapat kerjaan lcd monitor 17" merek inforce model IF 17PTC dengan problem gambar blank putih. Problem seperti ini sering terjadi, baik pada layar monitor lcd maupun tv lcd atau led. Jika anda mendapati kerusakan seperti ini jangan panik dulu, karena masih bisa diperbaiki dengan cara yang mudah.

Berikut tampilan body belakang monitor lcd inforce 17".
Model dan data spesifikasi lcd monitor.

Meskipun memang problem kerusakan seperti ini penyebabnya juga macam-macam. Tapi akan kita coba untuk memperbaikinya satu persatu bagian mana yang rusak. Langkah pertama adalah melihat jenis kerusakannya. Kebetulan yang saya kerjakan ini lampu indikator masih menyala, tombol power juga masih berfungsi normal, gambar juga kelihatan menyala tapi blank putih, tidak ada tulisan NO SIGNAL.

Kemungkinan kerusakan bisa jadi pada bagian regulator tegangan ada yang drop disebabkan elco ada yang rusak, terutama elco pada bagian sekunder power supply. Kerusakan bisa juga disebabkan karena kabel flexsible lcd rusak atau korosif, sehingga kontak pin tembaga tidak maksimal. Kemungkinan terparah adalah rusak pada bagian mainboard. 

Tapi sebelum memvonis rusak mainboard, alangkah baiknya kita cek dulu bagian regulator, terutama komponen elco. Kenapa kok elco atau kapasitor? Ya komponen tersebut biasanya yang sering rusak. Ditandai body elco yang melembung. Bisa anda cek menggunakan capasitor meter, kalau ada bisa ditambah dengan esr meter.

Untuk cara membuka lcd ini silahkan buka sekrup bagian tutup belakang, juga sekrup stand atau dudukannya. Kemudian silahkan anda balik keatas untuk membuka panel bagian depan layar lcd. Buka sekrup panel lcd pada bagian samping kanan dan kiri panel lcd. Kemudian angkat panel lcd keatas untuk melihat bagian dalam komponen termasuk regulator, mainboard dan juga inverter.

Pengecekan pada bagian regulator terutama elco regulator tidak ditemukan kerusakan yang parah. Semua elco atau kapasitor terlihat tidak ada yang melembung. Pengecekan pakai capasitor meter terlihat nilai elco juga masih normal. Selanjutnya pengecekan pada bagian kabel flexsible lcd yang posisinya tepat dibelakang panel layar lcd. Cek kabel flexsible bagian yang menempel pada belakang panel lcd. Cabut socketnya, akan terlihat pin tembaga yang berjejer, silahkan anda bersihkan dengan cara dikerik menggunakan obeng minus atau pisau cutter dengan hati-hati.

Setelah anda bersihkan pasang kembali socket dengan benar. Tambahkan isolasi plastik pada bagian atas socket untuk mencegah socket terlepas. Bersihkan juga socket yang menuju pcb mainboard. Setelah semua socket sudah terpasang. Waktunya untuk dicoba.

Test tanpa diberi input VGA.

Test dengan PC tampilan dekstop windows.

Test dengan play video.

Kemudian test selama beberapa jam sudah normal kembali. Bagaimana mudah bukan? Silahkan anda coba untuk perbaiki sendiri lcd anda dirumah. Yang terpenting adalah teliti dan hati-hati saat membuka panel lcdnya. Karena komponen yang satu itu sangat mudah sekali rusak dan harganya juga mahal. Begitulah cara memperbaiki monitor lcd gambar blank putih. Semoga bermanfaat.

23 Responses to "MONITOR LCD INFORCE GAMBAR BLANK PUTIH"

  1. 100% gan ok kmarin sy ketemu penyakit lcd merk benq 19in setelah cek kabel fleksible ok,trus cek ke mobo rupanya ada elco 820uf-25vol yg rusak.sy lakukan pgantian 3unit hasilnya ok.trimakasih gan salam semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas samuji. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

      Delete
  2. Trimakasih ilmunya... Btw, kalo pd layar acer 2920 saya timbul garis2 bergetar yg tidak permanent, saat direstart normal, dan tidak lama muncul kembali. Kira-kira yg rusak apa ya?

    Kejadian itu setelah sekian lama kompi saya install win 7, sedangkan bawaan aslinya xp. Apakah os win7 terlalu berat bg kompi ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk A.Rus. Saya tidak bisa memberikan kepastian keusakan apa yang anda sebutkan diatas. Tapi menurut saya jika layar lcd model laptop ada garis-garis bergetar tidak permanent, biasanya disebabkan rusak kabel fleksibelnya. Tapi untuk memperbaiki layar ini jangan anda lakukan sendiri jika anda pelum paham bagaimana cara membongkarnya, dikuatirkan layar tambah rusak, kecuali anda paham dan tanggung sendiri resikonya. Kejadian itu bukan karena instal OS nya yang terlalu berat, tapi karena faktor pemakaian saja. Dan kabel fleksibel laptop pasti suatu waktu akan terjadi problem, kerena seringnya buka tutup laptop. Jadi itu adalah resiko setiap laptop.

      Delete
  3. boss kalau gampang mau ngak beli monitor lcd saya merek LG 23 inci! cukup 200rb saja, tampa adaptor! karena adaptornya saya pakai ke monitor samsung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk iryan. Maaf baru balas. Silahkan jual di lapak lain gan he..he.. Mungkin ada rekan-rekan disini yang butuh,monggo mumpung murah.

      Delete
    2. Gan masih ada monitornya engga? Saya berminat, ini id line saya: 0913u006

      Delete
  4. mulanya layar hanya putih ada suara, akhirnya hitam terus ngak ada gambar lagi, suara tetap ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan problemnya gampang kayak diatas, jadi gampang mbenahinya.

      Delete
  5. gan minta solusi dong ..
    monitor saya panel lampu nyala ..
    tapi layar nya blank hitam ..
    pertamanya sih putih kayak kata agan ..
    itu gmana cara perbaikinya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja bongkar, terus bersihkan kabel flexsibelnya.

      Delete
  6. mohon solusinya, monitor LCD sy pertama mengeluarkan gambar, tidak lama 1-2 detik langsung putih. gmn cara ngatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja dengan cara diatas mas. Sekalian cek kabel konektor mungkin ada yg kendor atau karatan.

      Delete
  7. Namun pas dinyalakan blank putih. Tapi lama kelamaan baru muncul warna2 makin jelas. seolah rsponnya telat sehingga kl gerakin kursor membayang. Jika di diemin baru lama2 menjelas. itu gmn ya bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja mas bersihkan socket dan konektornya. Jika masih problem, berarti kerusakan di T-con nya. Susah memperbaikinya.

      Delete
    2. Kalau ada alcohol atau minyak kayu putih mas. Usahakan plat tembaga pada kabel benar-benar bersih.

      Delete
  8. kang tv led samsung layar bergaris garis kira kira opone seg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem tcon mas. Tapi aku dorong coba perbaiki bagian itu he..he.. Tapi coba ae browsing nang google, biasane onok sing nge share.

      Delete
  9. blog yang sangat keren mas...sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete