CARA MEMPERBAIKI STAVOLT MATI TIDAK KELUAR TEGANGAN

Penstabil tegangan atau stabilizer atau biasa disebut stavolt adalah alat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan sehingga output tegangan yang keluar bisa stabil dan tidak naik turun. Bebagai macam merek stavolt dengan keunggulan masing-masing bisa anda pilih diantaranya merek Matsunaga, Matsutama, Matsuyama, Matsumoto, Matsugawa, Minamoto, Montero, Volger VR, ICA FR, OKI, Hossoni, Kenika AR, dan berbagai macam merek lainnya. Kemarin dapat kerjaan memperbaiki stavolt merek montero dengan kerusakan mati dan tegangan output tidak keluar.

Stavolt yang saya kerjakan ini model motor servo control. Yang mana menggunakan motor  dinamo sebagai penggerak stabilizernya. Ditambah rangkaian control  berupa IC dan beberapa transistor sebagai sensor tegangan dan mengendalikan dinamo motor tersebut. Beberapa kerusakan yang sering terjadi diantaranya mati, tegangan output tidak keluar, konslet, dinamo motor macet, tegangan terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Kebetulan saya kerjakan ini dengan problem output tidak keluar tegangan, tetapi lampu power masih menyala. Dinamo tidak bergerak alias macet.berikut penampakan jeroan stavolt montero.
Pengecekan awal mulai dari sekering ternyata masih normal tidak putus, berarti tegangan sudah masuk. Lanjut ke rangkaian kontrol. Cek beberapa diode IN4007 masih normal, IC, transistor dan beberapa resistor masih dalam kondisi normal, tapi kenapa tegangan output tidak keluar dan motor dinamo tidak bergerak? Mestinya rangkaian kontrol ini sudah bekerja, tapi motor dinamo tidak ada respon.

Pengecekan selanjutnya adalah memeriksa tuas dinamo yang berhubungan dengan brushles karbon yang menempel pada lilitan tembaga trafo. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Dugaan awal saya mungkin karbon ini sudah sedikit aus sehingga kurang menempel pada lilitan tembaga, yang menyebabkan rangkaian kontrol tidak mendapat isyarat tegangan. Sehingga motor dinamo tidak bergerak karena tidak adanya input dari rangkaian kontrol. Terlihat digambar banyak karbon menempel pada lilitan tembaga trafo, silahkan dibersihkan dulu. Tujuannya adalah agar kontak antara karbon dan lilitan lebih maksimal.

Selain mengganti karbon, anda bisa menyetel kedudukan tuas ini lebih tinggi atau lebih rendah dengan menarik tuas keatas atau kebawah kemudian dikencangkan kembali menggunakan sekrup pengunci tuas ini agar tidak bergerak. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.
Setelah dirasa pas karbon sudah menempel dengan baik dengan tembaga, saatnya dicoba. Pastikan kotoran debu karbon sudah bersih dari area trafo dan rangkaian control yang bisa mengakibatkan konsleting. 

Penyebab lainnya bisa disebabkan switch pengaman rusak. Ada dua switch yang bisa anda cek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak? Karena jika salah satu switch ini rusak, maka rangkaian kontrol tidak akan bekerja yang menyebabkan dinamo tidak bergerak.
Setelah dilakukan pengecekan hasilnya stavolt sudah bisa keluar tegangan kembali dengan normal. Jarum voltmeter sudah menunjukkan angka tegangan normal 220-240 volt AC. 

Untuk memastikan rangkaian kontrol berfungsi apa tidak, silahkan diberi beban kipas angin atau lainnya. Jika rangkaian normal, maka dinamo motor akan bergerak untuk menstabikan tegangan. Jika rangkaian kontrol problem, maka dinamo tidak bergerak meskipun tegangan output sudah keluar. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang menyebabkan stavolt mati tidak keluar tegangan. Mudah-mudahan salah satu diantara cara ini bisa membantu anda memperbaiki stavolt anda sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Hasil test stavolt setelah diperbaiki.

75 Responses to "CARA MEMPERBAIKI STAVOLT MATI TIDAK KELUAR TEGANGAN"

  1. Kalo rotor tidak berputar tetapi tetap difungsikan, apakah outputnya sama seperti tidak pake stabilizer ataukah malah lebih baik tidak dipake stabilizernya ? Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yuliana. Jika rotor tidak berputar, berarti proses stabilizer tegangan tidak terjadi dan tegangan akan tetap pada posisi terakhir rotor itu berhenti. Masalahnya anda tidak tahu berapa tegangan yang keluar pada saat rotor itu berhenti. Bisa lebih tinggi dari 220 volt atau lebih rendah dari 220 volt. Kalau masalahnya seperti itu lebih baik tidak dipakai stabilizernya.

      Delete
  2. Cari-cari untuk karbon stabilizer gak nemu di pusat services electronik Bekasi, gak abis akal beli batu baterai yang ukuran agak besar bongkar dan didalamnya ada karbon bulat tabung, kemudian di pahat sedemikian rupa sesuai bentuk, pasang dan... jreng... stabilizer kembali berfungsi. Note : Karena plat karbon patah. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cecep. Terima kasih atas ide kreatifnya mengganti karbon menggunakan karbon baterai. Semoga ide-ide kreatif seperti anda ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

      Delete
  3. Saya punya stabilizer oki model avr 3000,ketika dicolok ke pln,mcb selalu loncat,daya 900 watt,sdh coba matikan semua peralatan di rumah,namun tetap saja mcb loncat,sudah cb cek tr kelihatan nya bagus,apa kira2 permasalahan nya ...,mohon pencerahan nya mas.., trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk vino. Jika mcb trip biasanya disebabkan trafo stavolt rusak atau konslet. Ditandai ada kawat tembaga yang terkelupas atau terlihat gosong. Bisa juga disebabkan rangkaian kontrol rusak. Cek saklar switch ada dua mungkin rusak. Diode juga beberapa transistor biasa sering rusak. Jika semua komponen ok. Berarti trafonya yang rusak/konslet.

      Delete
  4. Mas, sy pnya stavolt Kasugawa 500VA sdh 10th gk sy pke, dlu sy pke utk komputer, ...lha kmarin sy bka n bersihkn dalamny krn kotor n ada sarang laba2 kcil ,,,itu trnyta ada 2kabel dr 2 terminal Voltmeter yg ujung2 lainny trlepas solderanny, ,,,,sy test ttap ada voltase output tpi volmeter gk fungsi / gk gerak jarumny ,,,itu ujung2 2kabel mngarah k mna ya? ,,,,sy curiga k PCB, ,,,tp sy check gk ada bkas solderan trlepas d PCBny ,,,kualitas kabel jg jelek. Msal sy pke utk kulkas 100W dg keadaan stavolt bgtu apa msih bgus ya? Mohn ptunjkny. TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk eko. Asalkan output dari stavolt masih keluar tidak masalah. Cuma voltmeter saja gak fungsi karena kabel lepas, kabel tersebut mengarah ke pcb. Jika anda tidak tahu kemana menyambungnya? Biarkan saja, asalkan outputnya ada.

      Delete
    2. Jdi itu voltase outputnya sdh mlewati travo stavol alias gk murni dr PLN alias listrik PLN sdh di-stabilkan gtu ya?

      Delete
    3. Ya betul sekali. Voltmeter berfungsi hanya sebagai indikator penunjuk tegangan saja.

      Delete
  5. Saya punya stavol matsunaga lampu on/off menyala. Tapi tidak naik tegangan...
    Apa sama dg masalah diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin saja mas. Coba anda ganti dulu saklarnya mas. Jika masih belum ada tegangan silahkan setel dan bersihkan brushlesnya.

      Delete
  6. Jadi bgini bos..pln keparat ni parah kali.masak tegangan beban puncak 100volt,stvol oki input minimalny 140v,gmn cara merubah stavo tg input 100v,agr dpt 220 di outputnya?
    Jenis stavol oki 5000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya mas. Beban puncak pln harusnya tidak ngedrop sampai 100v, normalnya ngedrop sekitar 180v-200v pada malam hari. Jika problemnya seperti itu, yang perlu diperbaiki adalah jaringan kabel plnnya ada yang bermasalah, mungkin kurang konek. Untuk hal ini harus dilakukan petugas pln, silahkan laporkan ke bagian teknik pln terdekat. Untuk stavolt, tegangan range stavolt mestinya masih bisa beroperasi pada tegangan 100-140v, di coba saja dulu. Untuk merubah stavolt harus membongakar gulungan trafonya, ini pekerjaan rumit, tidak bisa dikerjakan sembarangan. Yang jelas itu yang bermasalah jaringan kabel plnnya, bukan stavoltnya.

      Delete
  7. Met sore pak, saya mau tanya, saya punya Stabilizer merk Matsunaga tipe SVC-1000N, tadi pas saya nyalakan, lampu indikator power nyala, tapi, volt meternya gak naik, dan gk ada suara pergerakan servo motor, kenapa ya itu pak? Mohon penjelasannya, trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk renato. Maaf baru balas. Coba cek sekering, Cek tegangan setelah saklar, kalau perlu coba ganti saklar. Jika tetap tidak bisa, berarti ada kerusakan di komponennya. Cek transistor, diode, limit switch.

      Delete
  8. mas sy pnya stavol matsunaga 1500va
    trus dy listrik 900 va.
    tp sy cm pk utk tv dan dvd aj.tiba2 mati..trus di idupin lampu nyala tp tegagan tdk naik/ga bs nyala prglt eltro ya.knp.dan service itu n biasanya ya.apkh di service tv ??? mhon infonya mad.trimksh bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lucya. Maaf baru balas. Ada kerusakan komponen itu mas. Coba saja di bengkel service tv biasanya bisa.

      Delete
  9. oya mad.sbg tambhn sekringnya tdk ada problem.sdh dignt yg baru jg ttp ga bs..trimksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu ada kerusakan komponen, silahkan diservice saja mas.

      Delete
  10. Daya punya merk oki 10000va kondisi masih baru bukak bumgkus tapi pas disambung ke listrik langsung turun mohon pentuk

    ya trims mohon sekali petunjuk y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fara. Maaf baru balas. Daya listrik rumah anda berapa? Jika daya listrik rumah anda kurang dari 10000va jelas tidak kuat.

      Delete
  11. Nanya lagi di sini kang,klau stang karbon gak mau berenti di 220,tapi malah sampe metok kena swit,jadi out put nya diatas 220 ,rusak apanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kedua limit switch yang ada di sekitar trafo donat. Pastikan koneksifitas limit switch bagus. Kemudian jika masih problem, silahkna cek komponen bagian control, posisinya di sebelah trafo donat ada pcb kecil. Disitu ada beberapa komponen yang bisa di cek, misal beberapa diode dan transistor yang ada di pcb itu.

      Delete
  12. gan,saya ada Stabilizer merk Matsunaga tipe SVC-1000N, saya mau bersihkan trafonya yg bekas karbon arang itu, saya kerok pake cutter,apa ada efeknya???baiknya cara bersihinnya gmn ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan pakai cutter. Cukup bersihkan pakai kuas biasa sudah cukup, tidak perlu dikerik.

      Delete
  13. Bang numpang nanya saya punya stabilizer toyosaki 10000n dlu pake buat warnet dipasang sama ahli instalasi, yang mau sy tanyakan cara pasang kabel utk menghidupkannya bagaimana dibagian belakang ada input dan output..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bagian input konek ke listrik pln. Bagian output konek ke peralatan listrik/beban.

      Delete
  14. Skalian nanya saya coba pasang di input tp lampu indikator tidak ada yang menyala tetapi jarum menunjukkan 220 dan tidak ada suara dinamo saat start.. Apakah stabilizer ini masih normal atau sy yang salah pasang.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan anda sudah benar mas. Input konek ke listrik pln. Jika jarum voltmeter menunjukkan tegangan 220v, berarti tegangan sudah masuk. Untuk mengujinya, maka harus diberi beban. Kemudian lihat pada jarum ampermeter harus bergerak meskipun sedikit. Jarum voltmeter akan bergerak sedikit menstabilkan. Jika indikasi ini ada, berarti stavolt normal. Masalah lampu tidak menyala, mungkin lampu lednya yang mati.

      Delete
  15. pak mau tanya setrum dirumah saya 180 setelah saya pakai stavol kok outputnya tetap 180 dan saat menghidupkan atau mematikan stavol nya tuasnya tidak bergerak atau tidak ada bunyi sama sekali ,, mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dinamo dan tuasnya pak, mungkin macet?

      Delete
  16. Pak mau tanya, saya baru beli stavolt Matsunaga 1000.tapi kepa stavoltnya tidak bisa menaikkan tegangan, stavoltnya hanya mengikuti tegangan listrik di rumah (170v) sementara ketika saya menggunakan stavol lain punya teman dapat menaikkan tegangan ke 220 dari semula yang cuma 170

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa mas. Coba anda nyalakan stavoltnya, kemudian dengarkan ada suara gak setelah stavolt di ON kan. Jika stavolt normal, maka ada suara tuas dinamo bergerak kreeekkk...didalam stavolt dan itu normal. Jika tidak ada suara sama sekali, berarti tuas dinamo macet. Kemudian bandingkan juga dengan stavolt punya teman anda, apakah ada suara setelah stavolt di ON kan?

      Delete
    2. Ada suara mas, cuma itu tidak bisa menaikkan tegangan. Cuma mengikuti tegangan listrik rumah yang cuma 170v. Sekarang malah volmeternya tidak jalan, padahal ini stavol masih baru beli 3hari

      Delete
    3. Waduh apes mas. Kalau masih garansi, kembalikan saja. Jika tidak dan anda belum paham tentang stavolt, serahkan kepada orang yg tahu tentang stavolt/tukang servis. Karena mungkin ada kerusakan di dalamnya, baik trafo maupun komponen kontrolnya.

      Delete
    4. Iya ini sudah dikembalikan dan direkomendasikan beli stavol merk oki harganya 2kali lipat katanya dinamonya lebih bagus. Sementara saya nyari yang merk idata yang benar benar bisa menaikkan tegangan cuma sekarang sudah gak ada yang jual stavol merk idata lagi. Kira menurut mas stavol merk apa yang paling recomended yang bisa menaikkan tegangan 170 ke 220v

      Delete
    5. Benar mas. Stavolt merek biasa memang tidak mampu untuk tegangan yang drop 170v. Saya tidak ada rekomendasi mas untuk merek stavolt, karena belum coba untuk tegangan drop 170v. Saya biasa pakai stavolt matsunaga, tapi untuk tegangan drop hanya 200v masih mampu. Coba merek matsuyama yang biasa dipakai stavolt di pom bensin.

      Delete
    6. Jangan lupa lihat range tegangan stvoltnya bekerja ditegangan berapa? Usahakan range tegangannya 160-240v. Jika tidak jangan dibeli.

      Delete
  17. Mau nanyak gan stavol kenika ar 600va gk bisa naik 220v cuman kurang 10v saja.trus tuas saya arahkn ke tengah trus gerak smp mentok.apakh stavol saya normal apa bermasalah.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kurang 10v itu tidak masalah mas, masih normal. Karena masih masuk dalam batas toleransi. Untuk mendapatkan tegangan pas 220 ya gak bisa mas, pasti ada toleransi plus minusnya. Kalau di set di tegangan 220v, maka nanti toleransi naiknya tegangan juga akan jadi tinggi. Seharusnya tuas penggerak gak boleh digerakkan manual mas, karena berhubungan dengan rangkaian kontrol. Jika anda menghendaki tegangan pas di 220v, maka bukan tuasnya yang disetel, tapi VR rangkaian kontrolnya yang harus disetel. Tapi ingat batas toleransinya. Setelan diatas itu sebenarnya sudah ok mas, gak perlu dirubah lagi.

      Delete
  18. Ok gan trimakasih.VR rangkaian ny sudah saya setel.setelah di hidupin tuasnya posisi mentok itu tidak masalah kn,tp volmeter ny gerak gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Voltmeternya gerak-gerak juga harus diikuti gerakan tuasnya sedikit-sedikit untuk menstabilkan tegangan. Jika voltase outnya sudah stabil, berarti sudah ok mas. Jika saklar power on off di tekan, harus diikuti gerakan tuasnya kembali ke titik awal, kemudian di ON, tuas bergerak ke posisi tegangan terakhir.

      Delete
  19. Klo di hidupin masih gerak sedikit

    ReplyDelete
  20. Mau tanya saya punya stavolt kasugawa 500v kl tegangan berubah cm gerak jarumnya aja dan ga bunyi treeett.... Apa itu normal? Maaf br prtama beli seconnya jd ga tw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jenis stavolt yang model motor kontrol atau trafo. Stavolt yang berat atau ringan? Soalnya ada dua jenis stavolt, stavolt dengan elektro motor kontrol dan stavolt dengan trafo. Yang berat stavolt yang pakai motor dan yang ringan pakai trafo. Kalau yang pakai motor akan ada bunyi treett, tapi juga ada yg tidak, tapi yg pakai trafo tidak akan keluar bunyi. Kalau tegangan sudah keluar dan stabil 220v, berarti sudah normal mas, meskipun gak ada suara trreett, karena tergantung jenis stvoltnya.

      Delete
  21. karbonnya longgar rupanya stavolt ane, nanya: apakah engkol mesti nyentuh switch pertama kalau dimatiin ya gan? karena sebelumnya nyentuh, nah setelah karbon diketatin/diturunin engkol tidak sampai nyentuh kalau dimatiin? makasih gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  22. Mau tanya, kalo swicthnya patah apa stavoltnya nggak bisa berfungsi ? Sebelumnya memang patah tp masih berfungsi, trus pas pindah kostan, indikator nyala tapi nggak ada arus outputnya, ada sarankah ? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan dulu karbonnya mas, seperti cara diatas.

      Delete
  23. mau nannya mas, aku ada stavol yg 1000n
    dipasang untuk kipas + kulkas
    3 jam pada saat voltase turun tapi posisi kulkas pas lagi naik
    tiba tiba ada suara kaya petasn cabe, sama asep.
    bgitu saya cek, ada pecahan elco.

    itu knapa mas ya ko bisa terjadi begitu, apa elconya saja yg rusak atau ada kemungkinan komponen yg lain mas.

    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jenis stavol yang pakai motor atau tidak? Mungkin tegangannya terlalu drop dan beban berat. Mungkin ada komponen lain yang rusak. Untuk pastinya saya belum tahu, karena harus cek satu-satu komponennya.

      Delete
  24. Malamas,maaf mau nanya.saya beli stavol matsunaga 500. Kenapa tegangan output hanya kisaran 190volt. Padahal listrik saya ukur mendekati 220 volt.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aneh mas. Harusnya tegangan tegangan out stabil antara 220-230v. Memang pas beli gak di coba mas/cek tegangan outnya? Kalau mau, coba anda set VR pengatur tegangan yang ada di rangkaian kontrol dalam stavolt.

      Delete
  25. Mas mau nanya,saya beli stavol 5000 va..apakah tidak masalah dipasang dirumah yg berdaya 2200 va..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mas, cuma daya stavolt gak sampai 5000va. Sesuai dengan daya va yang masuk. Dan jangan dibebani dengan beban diatas 2200va.

      Delete
  26. Gan saya punya stavol Oki 5000 VA. Permasalahannya Adalah PADA Saat stavol di nyalakan motor ya ngak Bergerak naik padahal arus pada volt meter kurang dari 220v. Tapi Saat stavol dimatikan motor Bergerak turun. Yang Mau saya tanyakan kira2 di bagian APA yang mengalami krusakan Dan APA Masih bisa di perbaiki
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba set VR nya mas. Ada di pcb rangkaian kontrolnya.

      Delete
  27. Kang sy punya Stavolt Matsunaga 1000N jepang,motor penggerak jalan, tpi outputnya bermasalah krn sy coba tes utk ngecas HP,ato strika listrik tidak bisa. aitu masalah ada dimana . minta infonya maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dulu output tegangan stavoltnya pakai avometer, keluar gak? Indikator VU meternya jalan gak? Kalau semua tegangan tidak keluar, cek dulu dalamnya, mungkin ada kabel yang putus. Kemungkinan juga bisa brushles nya habis atau kotor, jadi gak nyentuh di lilitannya.

      Delete
  28. Ms saya punya stavolt tadi nya kalau di kasih beban naik230,240 vol gk mau turun abis cek Tr nya kog malah gk naik..tuas posisi di tengah bila di colokin malah turun..mohon pencerahan nya mas..mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah problem kayak itu mas, cek saja semua komponen area kontrol, bersihkan juga brushles dan lilitan tembaga pada tuas. Cek brushles mungkin sudah habis atau aus.

      Delete
  29. Selamat pagi pak saya ingin bertanya saya memiliki kendala dengan stavolt saya merk krisbow svc - 3000 va kendala seperti jarum (v) bergerak tidak normal (a) tidak bergerak dan tidak terdengar suara pergerakan tuas tetapi lampu indikator semua menyala. Jika beban pemakaian listrik besar terutama malam lsg drop kira" apa ya permasalahan nya saya mohon pencerahaan nya terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda cek tegangan rumah anda berapa volt AC? Jika terlampau drop, maka wajar stavolt drop, karena tidak mampu mengangkat tegangan yang terlalu drop. Range tegangan stavolt umumnya antara 180v-240v. Jika dibawah itu, jelas tidak kuat stavoltnya.

      Delete
  30. Terima kasih banyak pak untuk pencerahannya dan jika diijinkan saya ingin bertanya apakah bisa stabilizer diperbaiki mohon maaf jika pertanyaan saya membingungkan karena terus terang saya awam perihal tentang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa pak? Tapi di cari dulu penyebabnya apa? Kebanyakan yang terjadi adalah stavol dipasang di tegangan PLN yang terlalu turun/drop dibawah ambang batas kemampuan stavolt. Hal inilah yang menyebabkan stavolt rusak, selain penyebab lainnya.

      Delete
  31. Ini dia laman yg saya cari. Kebetulan baru aja saya dapet masalah stabilizer. Saya baru 2 minggu yg lalu beli stabilizer Lexos 5 KVA Digital. Nah hari ini tiba2 mati, padahal meteran PLN nyala. Saya coba dari genset, ternyata sama, mati, ga ada arus dan lampu indikator mati. Saya coba bypass (saklar stabilizer off, saklar pln on), digital meter indikator nyala lagi.
    Memang voltase di daerah saya kalo malem sering drop bahkan sampe ke 120 volt. Lalu saya baca di manual book ternyata rentang toleransinya mulai dari 140 volt.
    Pertanyaan saya, kira2 stabilizer saya rusak bagian apanya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah bongkar untuk jenis stavolt digital lexos ini. Jadi belum tahu jerohannya kayak apa? Sistem kerjanya kayak apa? Tapi coba bongkar dulu, didalam ada trafo toroid/donat gak? Karena sistem digital, maka semua kontrol akan diproses secara digital, dan biasanya ada ic mikrokontrolnya. Untuk pemeriksaan awal, cek saja dulu semua sekering/fuse yang ada di dalam stavolt tersebut, mungkin ada yang putus. Cek semua saklar, apakah koneksi saklar sudah bagus pakai avometer? Untuk step selanjutnya saya belum bisa bantu, karena saya belum tahu jerobannya seperti apa?

      Delete
  32. mas mohon pencerahannya saya punya stavolt merk VISALUX 3000 watt motor bergerak tapi jarum voltage masih tetap 0 dan tidak keluar arus tegangannya.sudah saya ganti transistornya sesuai aslinya s8050 dan s8550 masih tetap gak keluar tegangan kira" apanya ya mas yg harus di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan bruslesnya, seperti gambar diatas. Kalau ada relaynya, coba cek relay, fuse. Motor bergerak berarti sudah ada kontrol masuk, tinggal outnya yang gak keluar. Kalau ada micro switch, coba cek juga.

      Delete