TRIK MENGATASI TABUNG CRT LEMAH

Beberapa waktu lalu dapat kerjaan tv jadul merek goldstar 21" yang kebetulan problem layar blank tidak ada gambar, tapi suara ada.

Sepertinya tv goldstar ini sudah pernah dikerjakan teknisi lain yang saya lihat sudah banyak solderan dan kabel yang semrawut. Coba sedikit saya rapikan solderan dan kabel satu persatu. Ketemu kabel yang menuju pin heater dari flyback menuju tabung crt putus.

Dan yang membuat saya heran adalah mengapa kabel pin heater ini kok dibelitkan dahulu di batang ferit flyback sebelum menuju pin heater tabung crt. Akhirnya coba saya lepas dahulu belitan kabel dari flyback, kemudian kabel saya sambung langsung menuju pin heater tabung crt. Jangan lupa dikasih resistor 1 ohm 2 watt pada pin heater flyback sebagai pengaman tegangan heater.

Setelah semuanya tersambung saatnya dicoba. Cek tegangan heater terukur 4,5 volt ac. Gambar sudah keluar tapi warnanya agak aneh lebih dominan ke warna merah. Katoda green dan blue nya lemah. Cek tegangan semua katoda normal tidak ada yang drop.

Setelah semua cara sudah saya lakukan tidak ada hasil. Saya beranggapan bahwa tabung crt nya memang sudah lemah. Tapi sebelum saya vonis tabung crt rusak, saya coba lepas kembali kabel heater kemudian saya belitkan lagi pada ferit flyback searah jarum jam sebanyak satu lilitan saja. Kemudian sambung kembali pada pin heater crt. Waktunya dicoba. Cek tegangan heater naik menjadi 5,5 volt. Gambar pun keluar, tapi kali ini warna menjadi normal seimbang RGB nya. Pekerjaan pun selesai tinggal tunggu bayaran.

Kesimpulan dari pekerjaan tadi adalah kita bisa mencoba untuk menaikkan tegangan heater sedikit saja dengan cara membuat lilitan kabel yang dililitkan pada batang ferit flyback sebanyak satu lilitan searah jarum jam untuk menaikkan tegangan heater. Agar katoda yang lemah dapat berkerja kembali dengan maksimal.

Perlu dipahami cara ini hanya bisa dilakukan jika ketiga katoda RGB masih normal. Jika salah satu katoda terlalu lemah atau mati tidak bisa diperbaiki dengan cara ini. Saran saya adalah jangan direstore terlebih dahulu jika menemukan tabung crt lemah. Coba dulu dengan menaikkan tegangan heater kemungkinan besar warna akan kembali seimbang tanpa harus adjust RGB gain dan RGB bias. Jika sudah terlanjur direstore maka biasanya kita akan adjust lagi RGB gain dan biasnya untuk mendapatkan warna yang seimbang.

NB: PERLU DIPAHAMI, CARA DIATAS TIDAK MENJAMIN TABUNG CRT BISA DIPERBAIKI. HANYA SEBAGAI ALTERNATIV CARA MENINGKATKAN KECERAHAN TABUNG CRT PADA KONDISI TABUNG CRT YANG SUDAH LEMAH. JANGAN DICOBA PADA TABUNG CRT YANG MASIH NORMAL. PERHATIAN CARA INI SANGAT BERESIKO DAN DAPAT MENYEBABKAN FILAMENT HEATER PUTUS. USAHAKAN DAN PASTIKAN TEGANGAN HEATER TIDAK LEBIH DARI 6 VOLT. HASIL YANG DIDAPAT TABUNG CRT KADANG WARNA BISA NORMAL, BISA JUGA TERJADI WARNA KEMBALI GELAP. JIKA PADA SAAT TEGANGAN HEATER DINAIKKAN TIDAK ADA PERUBAHAN, BERARTI TABUNG CRT MEMANG SUDAH TERLALU LEMAH DAN TIDAK BISA DITINGKATKAN LAGI DAN LEBIH BAIK TEGANGAN HEATER DIKEMBALIKAN SEPERTI SEMULA. JIKA ADA PERUBAHAN WARNA MENJADI NORMAL, MAKA PASTIKAN TEGANGAN HEATER TIDAK TERLALU TINGGI. HASIL PADA TABUNG CRT BISA BERBEDA TERGANTUNG TINGKAT KELEMAHAN KATODA RGBNYA. BISA BERHASIL DAN TIDAKNYA TERGANTUNG KONDISI TABUNG CRTNYA.

2 Responses to "TRIK MENGATASI TABUNG CRT LEMAH"

  1. ITU DAPAT 1 BULAN MATI BROO KASIAN YANG PUNYA TV

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk solekan. Tidak semua tabung crt bisa diperbaiki dengan cara diatas. Menurut saya jika tegangan heater dinaikkan sedikit sekitar 5 volt tidak masalah. Jika dengan dinaikkan tegangan heater tabung crt tetap gelap, berarti tabung crt sudah terlalu lemah tidak bisa diperbaiki. Saya sudah mencoba di beberapa tabung crt, ada yang berhasil dan ada yang tidak. Maka harus dijelaskan kepada yang punya tv, bahwa ini alternativ cara untuk meningkatkan kecerahan tabung crt. Dan tidak ada jaminan bisa berhasil. Kalau orangnya mau gak masalah dengan segala resikonya. Karena memang awalnya kondisi tabung crt sudah lemah, dan hanya mencoba untuk meningkatkannya saja. Bisa berhasil bisa tidak.

      Delete