Cara Melebarkan Vertikal TV

Kebetulan pas lagi dapat kerjaan tv cina model lama dengan kerusakan beruntun kayak kereta api he..he.. Satu problem selesai muncul problem lainnya. Kayaknnya nih tv penyakitnya sudah komplikasi. Jadi rombongan rusaknya biar tambah pusing tukang servicenya. Yah itu sepenggal cerita yang kebetulan pernah saya alami dalam memperbaiki tv. Kerusakan bisa muncul yang lainnya setelah kerusakan satu terselesaikan. Bagaimana penyelesainnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Setelah beberapa problem kerusakan sudah selesai diperbaiki. Ada satu problem lagi yang sebenarnya mudah jika kita bisa masuk service mode untuk settingnya. Yaitu problem gambar kurang lebar atas bawah. Jika kita bisa masuk service mode maka dapat disetting vertikal sizenya atau adjust VR vertikal size pada tv model lama.

Nah setelah bisa masuk service mode ternyata menu adjust vertikal sizenya tidak ada. Yang ada hanya menu adjust V linier dan V position. Dan juga tidak ada pengaturan VR untuk adjust vertikal sizenya. Gimana nih cara untuk melebarkan vertikal sizenya setelah dua cara itu tidak ada?

Setelah berkelana di google akhirnya ketemu solusinya. Berikut solusi yang bisa anda coba. Problem vertikal kurang penuh atas bawah atau terlalu lebar.

Mungkin Anda menjumpai kasus seperti berikut :

Raster vertikal tidak penuh atas-bawah
Atau terlalu lebar atas-bawah
Vertikal kurang center
Remote tidak tersedia
Atau tidak tahu cara buka service menu

Berikut solusi yang bisa anda lakukan.
Sediakan macam-macam resistor dengan nilai 1.0 – 1.2 – 1.5 – 1.8 – 2.0 – 2.2 – 2.7 – 3.0 – 3.3 – 3.9 – 4.7 – 5.0 – 6.8 – 8.2 – 10.0 ohm (ukuran 1watt). Masing-masing sediakan 2 atau 3 pcs.


Vertikal kurang lebar  
Gambar vertikal tidak penuh atas bawah. Coba satu demi satu dengan resistor tersebut diatas dengan cara memasang paralel pada R1,  mulai dari nilai yang terbesar (10.0 ohm). Jika masih kurang lebar selanjutnya secara bertahap diganti dengan nilai yang lebih kecil. Kadang untuk dapat memberikan ukuran vertikal yang pas – kami paralel 3 buah resistor atau seri paralel.

Vertikal terlalu lebar
Coba  R1 diganti dengan nilai yang lebih besar setingkat diatas nilai aslinya (misal aslinya 1.5 - maka coba ganti dengan nilai 1.8). Kalau masih terlalu lebar maka coba ganti dengan nilai diatasnya lagi. Kalau hasilnya ternyata malah kurang penuh, maka dapat dilakukan dengan cara memasang paralel resistor lainnya seperti pada problem vertikal kurang penuh.

Vertikal kurang center
Maka dapat dikoreksi dengan cara sebagai berikut. Sediakan macam-macam resistor dengan nilai 10 – 12 – 15 – 20 – 22 – 27 – 30 – 33 – 39 ohm (1 atau 2watt) – masing-masing cukup 1 pc saja. Coba pasang sebuah resistor antara  titik (sambungan R4-CL) dengan ground. Atau coba antara titik (sambungan R4-CL) dengan Vcc 12v (boleh juga dengan 25v). Untuk mendapatkan nilai yang pas mungkin bisa diseri 2 buah resistor. Kalau resistor terlalu panas – ganti dengan watt yang lebih besar.
 
CATATAN :
Cara ini hanya bisa dilakukan jika tidak terjadi cacat  V Linier.

Comments

  1. Mantep bang ilmunya.makin sukses ja ya amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  2. Mas tv w .com 29"mati standby gak bisa star.tegangan semua bagian normal di lihat komponen bagus.gimana itu mas minta untuk solusinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led