Sunday, August 30, 2015

TV GOLDSTAR GAMBAR BERGERIGI


Disela-sela mengerjakan perbaikan tv di rumah orang datang seorang tetangganya bercerita tentang problem tvnya. Katanya gambar masih nyala mas, tapi tidak enak dipandang mata. Ada kayak garis-garis bergerigi tidak seperti tv normal juga ada garis horisontal di bagian atas. Ya pak nanti saya lihat tvnya setelah mengerjakan tv ini.

Setelah datang di rumahnya. Saya lihat tvnya merek goldstar cinemaster 17” model lama. Tv saya nyalakan gambar muncul ada kesan bergerigi di pinggir-pinggir layar. Juga ada garis-garis horisontal di bagian atas. Mungkin ada problem di bagian vertikalnya. Coba saya cek bagian vertikal ada elco 100uf/35v yang mencurigakan. Coba saya cek ternyata kering nilainya menurun. Langsung ganti dengan elco 100uf/50v. Coba nyalakan tv, problem garis horisontal sudah hilang tapi gambar tetap bergerigi. Apanya lagi nih?

Coba tanya mbah Google. Ketemu sama blognya Bapak Marsonotv. Terima kasih Bapak marsono atas ilmu dan pengalamannya yang sudah dishare di internet. Menurut beliau Problem ini sering dijumpai pada teve AKARI-INTEL dan Goldstar yang menggunakan chroma TA8690, dengan gejala-gejala :

Bagian-bagian pinggir dari gambar nampak bergerigi kecil-kecil dan goyang2.
Kadang gambar robek-robek secara horisontal.

Bisa disebabkan kerusakan pada komponen-komponen berikut :

Keramik resonator horisontal osilator 500khz.
Sirkit horisontal AFC.
Sirkit sync separator input.
Elko filter pada trafo horisontal driver yang kering (elko C408).

Ada juga yang menyebutkan karena kerusakan flyback atau fbt yang cacat. Tapi sebelum melakukan penggantian flyback coba cek komponen dulu. Siapa tahu kerusakan hanya disebabkan oleh komponen yang sepele. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ditemukan kapasitor elco 2,2uf/50v kering di jalur AFC. Secara kasat mata tidak terlihat mencurigakan pada elco ini. Juga tidak terlihat melembung. Setelah dicoba diganti elco ini hasilnya problem gambar bergerigi langsung hilang terselesaikan.

Akhirnya si Bapak senang karena gambar tvnya sudah kembali normal. Saya pun juga ikut senang karena ada tambahan rejeki yang tidak disangka-sangka. Alhamdulilah.

No comments:

Post a Comment