TIPS CARA MODIFIKASI FLYBACK TV

Modifikasi  flyback tv sebagai alternative pengganti fbt yang rusak. Gunakan cara ini hanya jika memang flyback yang kita cari benar-benar tidak ada. Jika masih ada yang sesuai tipe yang sama, gunakanlah sesuai tipe lebih baik. Jangan asal main ganti sembarang flyback jika stock yang asli masih ada.

Hampir semua teknisi TV pastilah pernah mengalami sedikit kesulitan dalam mencari serial FBT yang pas dengan yang mau diganti, kadang harus masuk banyak Toko elektronik tapi ternyata barang yang kita cari belum tentu ada, hasilnya hanya memakan waktu, biaya, dan tenaga.

Gimana bisa bayaran cari sparepartnya saja tidak ketemu. Tentunya kita sejenak berpikir untuk alternatif pengganti lainnya, satu-satunya jalan harus dengan cara Modifikasi, atau mengganti dengan serial part yang lain kalo memang betul-betul nggak ada.

Untuk dapat modifikasi FBT langkah awal kita harus tahu data pin yang akan mau kita bandrek dulu, apabila tidak ada tulisan pada PCB-nya tentunya kita harus mengurut jalur masing2 sehingga dapat diketahui berapa voltase pada masing2 pin. Kita pastikan bahwa datanya sudah benar. Alangkah lebih baik kalau kita punya banyak skema FBT, sehingga mempermudah pemilihan FBT sebagai penggantinya dengan kita tahu karakteristiknya terlebih dahulu. 

Untuk pemilihan FBT sebagai pengganti janganlah asal, karena nanti berpengaruh pada hasil gambarnya nanti dan tentunya banyak kendala2 yang mempersulit kita sendiri pada proses pemasangannya. Untuk lebih mudahnya kita harus memperhatikan hal2 sebagai berikut:

1. Tegangan FBT/B+
Ini adalah hal yang terpenting dalam pemilihan FBT pengganti, karena tiap2 FBT mempunyai B+lain2, misalnya : 90V, 115V, 125V, 135V, harus disesuaikan, suatu contoh: B+ 115V diganti dengan B+ 125 ini nanti akan berakibat voltase yang keluar pada sekunder FBT menurun, dengan demikian gambar akan sedikit gelap karena tegangan Heater menurun, dan tegangan sekunder lainnya.

2. Motif Lingkaran Pin FBT
Pilihlah motif yang sama lingkarannya, hal ini agar pemasangan pada PCB-nya lebih gampang, tinggal tancap dan kelihatan rajin, meskipun kita harus potong jalur karena voltase Pin yang berbeda.

3. Ukuran Inch CRT
Ini juga berpengaruh lebih baik menggunakan FBT untuk ukuran Inch CRT yang sama, ukuran model TV sekarang misal: 14", 20"/21", 29".

4. Merk TV
Ini memang tidak begitu berpengaruh, hanya saja kalo menggunakan FBT yang dipakai dengan merk yang sama tentunya lebih mudah, karena biasanya Pabrikan untuk update produknya hanya ada perubahan sedikit, nah ini tentunya mempermudah kita dalam mengoplos Pin ataupun modifikasi. Misalnya TV merk Samsung menggunakan FBT FTK-14A004F(S) diganti dengan FBT FSV-14A001 kepunyaan Samsung juga, nah tentunya ini hanya perlu sedikit modifikasi saja.

Untuk tegangan AFC apabila pada FBT pengganti tidak ada bisa diambil pada tegangan Heater, atau digulung membuat lilitan tambahan pada inti ferit FBT. Apabila gambar melebar atau menyempit secara Horisontal, anda bisa memodifikasi Capasitor pada Yoke misal nilai2: 334/400V, 474/400V dengan menambah atau mengurangi. Janganlah merubah nilai Capasitor Resonansi atau Capasitor pada Colector Transistor Horisontal, karena sangat beresiko.

Penggantian FBT TV China dengan fbt yang lain karena memang di pasaran hanya sebagian saja yang ada, jatuh pada pilihan 154-177B kepunyaan Goldstar, karena serial ini banyak kecocokan dan harganya pun tidak terlalu mahal, banyak dipasaran dan lumayan awet walaupun kualitas biasa. 

0 Response to "TIPS CARA MODIFIKASI FLYBACK TV"

Post a Comment