MODIF STR-S6707


STRS 6707 merupakan ic regulator yang sangat populer, ic ini banyak diaplikasikan oleh pabrikan TV Goldstar ke semua tipe-tipe produknya dibandingkan dengan pabrikan merk lain yang menggunakan ic regulator yang sama. 

Kerusakan STRS 6707 beragam jenisnya, namun kerusakannya hampir 90% disebabkan oleh short-nya transistor power regulator yang sudah terintegrasi didalamnya. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan putusnya R 39 ohm 7 Watt, atau bila R tidak putus maka listrik langsung anjlok. Untuk kerusakan lain biasanya pada adjustment yang kurang normal, ditandai dengan tegangan keluaran yang tidak stabil, atau tidak keluar tegangan sama sekali pada outputnya. Apa bisa diperbaiki? terus apa untungnya? sedangkan di toko2 juga banyak tersedia dengan harga yang relatif murah.

Memang ic ini banyak dipasaran dengan harga yang terjangkau, namun apabila kita bisa mengakali/memperbaiki tentunya biaya operasional pun akan berkurang, otomatis keuntungan kita semakin bertambah. STRS 6707 bisa di repair apabila kerusakan hanya short pada transistor power nya saja, untuk adjustment masih normal. Perlu diketahui dari 9 pin yang ada, untuk pin 1= COLECTOR, pin 2= EMITOR, pin 3= BASIS, untuk pin lainnya diabaikan saja karena kita hanya terfokus pada ketiga pin ini.

Proses perbaikannya sederhana sekali, konsepnya kita hanya mengganti transistor power yang sudah tertanam pada body STR dengan transistor power regulator dipasang terpisah diluar.


Pada gambar 1. Gergaji STR tepat pada garis cekungan diatas lurus dengan pin 1 dan 2. Ini bertujuan untuk memisahkan antara ( pin 1=colector) dengan (pin 2= emitor) agar tidak short/hubung singkat. Proses penggergajiannya sedikit demi sedikit dengan gergaji besi lalu diukur dengan multitester sampai pin1 dengan pin 2 tidak hubung.


Pada Gambar 2. Pasang Transistor power regulator diluar , bisa menggunakan D 1885, BUT 12A, atau lain sejenisnya, pada gambar saya menggunakan Tr. C5048. Gunakan Tr yang berkualitas biar hasilnya pun awet. Untuk pemasangan pin 1 STR diangkat atau bisa kita potong, pin yang lain masuk board, pin pada transistor pengganti disesuaikan letak pin antara B C E pada board. lihat gambar.


Pada Gambar 3. Kita pastikan pemasangan sudah benar, langsung di test apabila led menyala itu berarti regulator sudah bekerja, TV pun siap beraksi kembali.

0 Response to "MODIF STR-S6707"

Post a Comment