Wednesday, April 8, 2015

MENGHITUNG TEGANGAN OUTPUT TRAFO SETELAH DISEARAHKAN

Next post kali ini adalah bagaimana cara menghitung atau mengetahui tegangan output trafo setelah disearahkan. Karena tegangan output trafo yang masih AC jika disearahkan menjadi DC maka tegangan akan naik. Mengapa demikian? Simak terus ya penjelasan singkat berikut.

Mungkin diantara kita berpikir buat apa sih pakai dihitung segala? Test aja pakai avometer pasti ketahuan tegangannya. ?Betul itu cara prakteknya. Kita kembali ke rumus. Kita ingin belajar saja sedikit bagaimana cara menghitungnya.

Cara ini juga bermanfaat untuk mengetahui tegangan aman kapasitor (elco) pada rangkaian power amplifier sehingga kapasitor bisa bekerja pada tegangan aman agar lebih awet gak gampang jebol atau kering. Ini adalah hasil testing pengukuran tegangan pada trafo 12 Volt.

Tegangan trafo sebelum disearahkan


Tegangan trafo setelah disearahkan


Ternyata tegangan naik setelah disearahkan. Bagaimana bisa? Berikut penjelasan singkatnya. Ketika kita mengukur tegangan AC (Alternating Current). Kita biasanya menggunakan avometer skala AC untuk mengetahuinya tegangannya. Perlu diketahui jika kita mengukur tegangan AC (gelombang sinus), sebetulnya yang kita ukur dengan avometer tersebut adalah tegangan RMS (Root Mean Square), bukan tegangan Volt Peak to Peak (VPP).

Sedangkan setelah disearahkan menggunakan diode penyearah dan di kasih filter kapasitor (elco) tegangan menjadi DC (Direct Current). Maka kita mengukur pakai avometer pada skala DC. Nah yang kita ukur pada saat ini adalah yang Volt Peak to Peak (VPP).

Ada rumus untuk mengkonversi dari RMS ke VPP adalah :

VPP=RMS+(RMS/3,14)

3,14 adalah lambda.

Contoh :
Misalkan kita mengukur tegangan 12 Volt AC, maka output di diode adalah 12+(12/3,14)=12+(12 dibagi 3,14)=12+3,8=15,8 Volt DC.

Sedangkan kalau 24 Volt AC, maka kalau dikonversi ke DC adalah 24+(24/3.14)=24+7,6=31,6 VDC.

Untuk tegangan 32 Volt AC, jika di DC kan adalah 32+(32/3,14)=32+10,19=42,19 Volt DC

Maka wajar jika kita kasih tegangan 32 Volt pada trafo, untuk power amplifier jengkolan gampang jebol. Lah tegangan DC nya keluar 42 Volt.

Sedangkan pada tegangan TV AC 220 Volt, setelah dirubah DC maka pada elco 220uf/400v kalau kita hitung adalah 220+(220/3,14)=220+70,1=290.1 Volt DC.

12 comments:

  1. blog nya bagus..
    saya mencari konsep ini dari minggu yang lalu.
    tapi tidak tahu kenapa tegangan travo bias naik begitu.
    ternyata itu karna penyearahan dari diode dan bantuan capasitor sehingga vpp nya kelihatan.
    bloog ini mantap.
    tapi mas bahar, apakah amper pada travo bakalan tetap atau terjadi perubahan juga ya? minsal penurunan amper atau malah naik juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas agung. Maaf baru balas. Terima kasih mas sudah berkunjung di blog ini. Untuk daya amper trafo akan tetap mas meskipun sudah disearahkan dengan diode dan elco. Yang mengalami kenaikan hanya pada tegangannya saja mas setelah disearahkan. Untuk amper tetap.

      Delete
  2. terimakasih mass info nya.. sangat membantu :-)

    ReplyDelete
  3. Mas bahar, kalau yang VACx1.414 itu apa ya mas, soalnya selama ini saya pakai itu buat mengetahui tegangan VDC nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tahu dari mana hasil 1,414. Tapi menurut saya mungkin itu adalah satuan standar untuk menkonversi dari VAC ke VDC. Memang ada yang pakai rumus itu, hasil selisih sedikit lebih tinggi pakai 1,414. Tapi hasil lebih mendekati pakai rumus diatas. Mana rumus yang benar? Saya belum tahu. Karena sama-sama bisa digunakan. Yang penting dapat hasilnya he..he..

      Delete
  4. Soalnya banyak di forum" yang pakek 1,414 untuk mengkonversi vac ke vdc, jadi lebih akurat yang di share disini mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak mengatakan demikian. Karena dua cara diatas sama-sama bisa digunakan untuk menkonversi tegangan dari VAC ke VDC. Jadi ya terserah anda mau pakai yang mana? Hasil paling tidak mendekati dari test langsung ke rangkaian. Tapi selisih hanya sedikit. Kalau pakai 1,414 kan lebih enak, kita tinggal kali saja tegangan AC, sudah didapat hasil VDCnya. Forum luar negeri juga ada yang pakai rumus itu. Jadi pilih yang cocok yang mana, sesuai selera he..he..

      Delete
    2. Oiya mas, itu perhitungan setelah melewati dioda kkah?

      Delete
    3. Iya, setelah melewati diode dan difilter kapasitor elco. Jadi bukan lewat diode saja, terus di test. Jadi harus pakai koneksi power supply lengkap dulu, ada diode dan elco, baru di test.

      Delete
  5. Oke suwun mas Bahar, update terus mas biar tambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok. Trims juga sudah berkunjung di blog ini.

      Delete
  6. Mas, numpang nanya....
    trafo 10 A Bell
    tegangan 42 CT 42
    Bridge 30A
    Elco 10.000uf/80vdc 6bh
    Begitu diukur output elco, koq bisa naik 145vdc ya..????(single)

    ReplyDelete