CARA MEMPERBAIKI LAMPU PLC

Berbagi info cara memperbaiki lampu plc atau lampu hemat energi. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya.

Seiring perkembangan teknologi elektronik. Lampu penerangan dirumah kita yang dulu menggunakan lampu bolam digantikan dengan lampu plc atau lampu hemat energi. Sebenarnya prinsip kerjanya sama dengan lampu neon TL biasa yang menggunakan trafo sekarang diganti dengan komponen elektronik yang lebih hemat energi dan lebih stabil untuk tegangan PLN  yang naik turun.

Beda dengan lampu neon TL yang menggunakan trafo biasa akan mati tidak bisa menyala atau berkedip jika tegangan PLN turun. Kelemahan dari rangkaian elektronik ini adalah gampang sekali rusak karena panas dan tegangan tinggi PLN. Jadi wajar jika lampu plc kadang gampang rusak. Kerusakan lampu plc ada 2 macam yaitu rusak bagian lampu plcnya atau rusak bagian komponen elektroniknya.

RUSAK BAGIAN LAMPU PLCNYA


Bagaimana cara mengecek lampu plc? Caranya sama dengan mengecek lampu neon TL biasa. Cuma beda diposisi kaki konektornya saja. Lampu neon TL  konektornya disamping kanan kiri. Lampu plc konektornya dibawah langsung menuju rangkaian elektroniknya. Ada empat konektor. 2 sisi kanan dan 2 sisi kiri. Cara mengetesnya bagaimana? Gunakan avometer skala X1.

Test konektor salah satu dari kanan atau kiri. Misal test 2 konektor sebelah kiri jarum avometer harus bergerak kekanan atau menunjukkan angka 2-8 ohm. Lanjutkan 2 konektor sebelah kanan jarum avometer harus bergerak kekanan atau menunjukkan angka 2-8 ohm. Jika kedua konektor kanan kiri menunjukkan angka 2-8 ohm berarti lampu plc masih baik. Jika putus salah satu berarti lampu plc sudah rusak. Jika lampu plc rusak tidak bisa diperbaiki harus ganti lampu plc baru. Lanjut pengecekan bagian komponen elektroniknya.

RUSAK BAGIAN KOMPONEN ELEKTRONIKNYA


Elco filter setelah diode bridge. Yaitu elco yang paling besar sendiri biasanya melembung ganti elco 10uf/400volt.

Resistor 2,2 - 10 ohm 2 buah (yang terhubung kekaki emitor transistor). Test pakai avometer skala X100. Jika jarum tidak bergerak berarti putus silahkan ganti baru.

Resistor 15 - 20 ohm  2 buah (yang terhubung kekaki basis transistor). Test pakai avometer skala X100. Jika jarum tidak bergerak berarti putus. Silahkan ganti baru.

Transistor tipe MJE13003 : 2 buah. Cek kedua transistor ini biasanya langganan rusak. Transistor juga ada tipe lain misal 13001, 13002, atau tipe lainnya. Cuma beda di watt nya saja.

Jika semua komponen itu masih bagus dan lampu masih mati. Ganti saja kondensator tantalum 2nf - 4nf / 1200volt. Walaupun kelihatan bagus. Kondensator ini berfungsi sebagai starter lampu (kondensator ini terhubung langsung ke salah satu kutub neon).

1 Response to "CARA MEMPERBAIKI LAMPU PLC "

  1. Alternatif servis lampu hemat energi disini :

    http://andre-elektrik.blogspot.co.id/2015/10/memanfaatkan-tabung-neon-mati-reuse.html

    ReplyDelete