CARA MENGGABUNG TRAFO CT 3 FASA UNTUK MENAMBAH VOLT

Karena syarat untuk mendapatkan daya watt besar selain daya ampere besar, tegangan trafo juga harus besar. Bagaimana cara mengakalinya? Silahkan dibaca lebih lanjut.

Transformer atau di sebut trafo pada power amplifier mempunyai fungsi menurunkan tegangan dari 220volt AC menjadi tegangan sekitar 12volt sampai 32volt AC. Kemudian diubah tegangan dari AC ke tegangan DC melalui diode penyearah atau kiprox. Lalu tegangan DC diperhalus elco atau kapasitor. Apabila kita merakit power amplifier dengan watt besar, maka semakin besar pula arus tegangan dan ampere yang di butuhkan power amplifier tersebut.

Bagaimana jika kita tidak mempunyai trafo yang mempunyai voltase besar dan kita ingin agar trafo ini bisa dipakai? Adalah dengan cara menggabungkan dua buah trafo secara seri. Syarat untuk bisa menggabungkan dua buah trafo untuk menambah voltase adalah mempunyai ampere yang sama dan tegangan yang sama. Agar didapat keseimbangan daya pada saat dipakai beban nantinya. Untuk penghitungan voltase adalah 2x tegangan aslinya. Misal tegangan trafo yang kita pakai 12volt CT 12volt. Maka nantinya hasil tegangan yang dihasilkan adalah 24volt CT 24volt. Catatan CT trafo tidak dipakai. CT yang baru menggunakan hasil seri dari kedua trafo. Tegangan yang diseri boleh sembarang sesuaikan kebutuhan. Misal 32volt CT 32volt maka hasilnya adalah 64volt CT 64volt. 

Cara ini hanya bisa untuk menambah voltase. Kemampuan ampere tetap sama dengan daya aslinya tidak berubah. Yang berubah tegangannya saja. Harap sesuaikan dulu kemampuan power amplifier nya. Jangan asal dinaikkan saja tegangannya tidak diimbangi kemampuan komponen terutama transistor final. Baca dulu datasheet nya kemampuan tegangan maksimalnya berapa volt? Biasanya ambil tegangan dibawah batas maksimum tr final agar tr final awet dan tidak gampang jebol. Berikut gambar skemanya. 



0 Response to "CARA MENGGABUNG TRAFO CT 3 FASA UNTUK MENAMBAH VOLT"

Post a Comment