ALTERNATIVE PENGGABUNGAN 2 TRAFO CT DI PARALEL

Alternative untuk menambah kemampuan arus ampere trafo dengan menggabungkan 2 trafo CT secara paralel. Penasaran. Silahkan baca lebih lanjut.

Di posting sebelumnya juga sudah dibahas cara menambah arus ampere trafo dengan menggabungkan 2 trafo ct untuk menambah ampere. Tapi kali ini adalah cara kedua atau contoh alternative kedua yang sedikit berbeda dari cara yang pertama. Yang mana cara yang pertama mengharuskan 2 trafo ini mempunyai tegangan dan amper yang sama. Cara yang kedua ini syaratnya hanya tegangannya saja yang harus sama. Arus ampere tidak sama tidak apa-apa.

Menggunakan 8 diode sebagai penyearah dan 4 kapasitor atau elco. Bisa juga menggunakan  2 kiprox atau diode bridge 35A dan kapaitor bisa menggunakan 2 saja tidak masalah. Trafo yang dipakai bisa dengan kemampuan arus yang berbeda. Tetapi tegangan/volt harus sama. Tipe atau kemampuan diode bridge bisa sebesar-besarnya, disini pakai 35A. Elco bisa menggunakan 1 pasang. Kapasitor yang dipasang paralel dengan switch power berfungsi mengurangi percikan bunga api didalam switch sekaligus mengurangi bunyi transien pada speaker pada saat power di-offkan. Atau suara letupan di speaker pada saat saklar dimatikan.

4 Responses to "ALTERNATIVE PENGGABUNGAN 2 TRAFO CT DI PARALEL"

  1. pak,saya gabung 2 trafo dengan arus dan tegangan yg sama,cara rangkai mirip skema diatas,bedanya setelah kiprok kedua kutub saya gabung sesuai polaritasnya setelah itu baru ke elco,apakah sudah benar?

    ReplyDelete
  2. Itu kalau cara yg diatas td.. Untuk menambah ampere atau menambah tegangan volt. Mohon pencerahannya suhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menambah Amper mas, bukan menambah tegangan.

      Delete