PENYEBAB NASI CEPAT KERING PADA MAGIC COM DAN MAGIC JAR

Sebenarnya magic com dan magic jar mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengolah nasi. Sama-sama bisa untuk menghangatkan nasi. Perbedaannya magic com bisa menanak nasi sekaligus menghangat dan magic jar hanya untuk menghangatkan nasi saja.

Mungkin diantara kita pernah mengalami kenapa nasi yang saya masukkan magic com kok cepat kering? Padahal belum sampai 12 jam nasi udah kering dan warna menjadi kuning. Yah banyak sekali pertanyaan tentang hal ini dan bagaimana cara mengatasinya. Akan saya jelaskan secara singkat cara kerjanya.

Yang saya jelaskan adalah cara kerja pada saat proses WARM atau menghangatkan bukan pada saat COOKING atau menanak. Agar pembahasan sama. Karena pada magic com kerusakan bisa terjadi pada saklar otomatis proses COOK dan WARM. Baik tidak usah panjang lebar. Pada saat proses WARM atau menghangatkan pada magic com atau magic jar terjadi proses otomatis untuk menjaga suhu tetap stabil 70-80 derajat celcius untuk menjaga nasi tetap enak dimakan. Jika temperatur terlalu rendah akibatnya nasi menjadi lembek dan mudah basi. Jika suhu terlalu tinggi akibatnya nasi menjadi cepat kering. Semua proses otomatis itu dilakukan oleh satu alat namanya thermostat.

Ada dua jenis thermostat yang sering dipasang pada magic com dan magic jar. Keduanya mempunyai fungsi yang sama untuk menstabilkan suhu pada posisi warm magic com atau magic jar. Berikut gambar kedua jenis thermostat tersebut.

Thermostat jenis panjang.

Thermostat jenis bundar.

Thermostat ini berfungsi sebagai saklar otomatis untuk menjaga suhu tetap stabil. Cara kerja thermostat adalah memutuskan tegangan listrik pada saat suhu mencapai titik maksimal kemudian menyambung kembali pada saat suhu turun. Sehingga suhu tetap stabil. Jika thermostat ini rusak atau lemah maka bisa dipastikan suhu tidak stabil.

Karena pada saat element pemanas bekerja untuk memanaskan temperatur dan saat mencapai titik maksimal panas alat thermostar tidak bekerja mematikan tegangan listrik. Sehingga element terus-menerus menyala mengakibatkan panas berlebihan dan nasi menjadi kering. Jika anda mengalami hal seperti ini bisa anda coba untuk mengganti thermostatnya.

Sesuaikan batasan suhu thermostat. Biasanya ada kode atau tulisannya. Biasanya yang sering digunakan adalah thermostat KSD301 atau KSD201 dengan batasan suhu kurang lebih 80-85 derajat celcius. Mudah bukan?

62 Responses to "PENYEBAB NASI CEPAT KERING PADA MAGIC COM DAN MAGIC JAR"

  1. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. 82 derajat celcius ori bawaan pabrik,misal dganti 82 baru kira2 normal ga mas?

    ReplyDelete
  3. Untuk mas tonni. Diganti 82 baru ndak pa2 mas. Jika ndak ada bisa diganti thermostat yang 85. Jangan lebih dari 85 derajat. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Cara ganti termostat nya gimana om? Ga paham ke listrik an soalnya hehe

    ReplyDelete
  5. Untuk mas atho. Untuk mengganti thermostat nya harus dibuka dulu penutup magic com yg bagian bawah. Biasanya thermostatnya menempel pada bagian samping kaleng bagian dalam. Konektornya ada dua. Dibolak-balik gk masalah. Ada tulisannya KSD301 atau seri yg lain dengan derajat yg berbeda-beda. Semoga membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl aslinya KSD201 78 derajad diganti KSD301 82 derajad gmn om? sdh nyari muter2 yg sama dg aslinya gak ada... tks

      Delete
    2. Gak masalah mas. Mungkin nanti hasilnya nasi agak sedikit kering

      Delete
  6. Kang pada saat kau memasak posisi di cook tapi sekitar 1 menit pindah ke wsrm apanya tuh kang tolong saya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk adang wahyu. Itu rusak thermostat panas bagian tengah. Posisinya tepat ditengah berupa per atau pegas lengkap dengan penumpu untuk menahan panci. Anda harus menggantinya 1 set lengkap. Bilang saja thermostat per untuk magic com. Untuk menggantinya, silahkan bongkar dari bawah

      Delete
  7. Kang punya aku,kl pas posisi warm(kurang lebih 6jam) jadi banyak air yg menetes ke nasi,nasi sih tidak basi cuman udah gak layak konsumsi.kira-kira apanya yang rusak ya? Padahal baru beli kira-kira 2 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saniyo. Coba anda cek element bagian atas, posisi dibawah tutup magic com masih panas apa tidak? Kalau tidak hangat berarti element atas rusak atau ada kabel putus penghubung element atas kebawah, biasanya kabel mudah putus di area engsel penutup. Jika element atas hangat, berarti kerusakan di sensor thermostatnya. Posisi di dalam bagian samping kaleng magic com. Untuk menggantinya harus buka penutup bagian bawah.

      Delete
  8. Maaf ikut numpang tanya setelah bagian bawah dibuka yang ada 150-10A-250V, elemen tutupnya putus, benar juga ada kabel putus dibagian engsel nasi kering setelah 24 jam terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk i wayan. Sama-sama mas semoga bermanfaat. 150-10A-250V itu sekering thermal mas atau biasa disebut thermofuse. Alat itu berfungsi untuk mencegah terjadinya panas berlebih pada saat proses cook. Komponen Thermofuse ini juga mudah rusak ditandai magic com mati total.

      Delete
    2. Kemarin baru beli mengapa nasi cepat kering, sudah dicoba dengan menambah air hanya bertahan 2 jam nasi sudah jadi kering apakah thermofuse terlalu panas, tetapi belum dibuka krn baru beli rencana komplain terimakasih

      Delete
    3. Dicoba saja mas di komplain. Jika tidak bisa anda bisa coba ganti thermostatnya bukan thermofuse loh yaa. Posisinya menempel disamping kaleng ada dua kabel. Untuk menggantinya anda harus buka penutup bagian bawah. Jika dilihat problemnya sepertinya kerusakan pada thermostatnya. Thermostat berfungsi sebagai sensor pengontrol panas otomatis untuk menstabilkan suhu agar nasi tetap hangat. Jika nasi cepat kering thermostat ini perlu dicurigai.

      Delete
  9. wah makasih om infonya, kebetulan lagi pusing sm magic com, dirumah samapi ada 3, merk sharp belum 6 jam nasi udah berkerak,kuning, satu lagi yg model kotak digital, sama juga.. dah 6 bulan ini sya coba pake yongma yg 2.5 litr, nah ini bagus 2 hari nasi masih bagus, cuma masalhnya 3 hari yang lalu pas mau makan dibuka nasi gosong, dan Magic com nya Mati total, kira kira apanya ya om, mau pake garansiinya susah banget hubunginya

    ReplyDelete
  10. Maap nunpang nanya kang, kenapa magic com saya kalau untuk menanak nasi, tapi nasi nya nggak matang, tapi kalau untuk menghangat bisa, merknya miyako,,mohon bantuanya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ganti saklar dan thermostat per. Thermostat yang posisinya ada ditengah berupa per. Silahkan ganti satu set.

      Delete
  11. Mas nasi ku matang tapi cepet kering(kurang dari 12 jam/lebih ) dan kurang dari 24 jam udah basi..knpa ia mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem di thermostatnya mas. Silahkan ganti thermostatnya. Jangan lupa sesuaikan derajat suhu thermostatnya.

      Delete
  12. Cara cek thermostat masih bagus atau tidak bagaimana bang ?
    apakah bisa pakai multimeter saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ienjoy. Maaf baru balas. Untuk thermostat tidak bisa di cek menggunakan avometer. Avometer hanya bisa untuk cek thermostat putus atau tidak. Jika untuk mengecek stabil tidaknya thermostat tidak bisa, selain harus ganti baru.

      Delete
  13. info yg bermanfaat, mau nyoba ah.
    Tapi.... ada gambar termostatnya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk paero. Sudah saya update postingan ini dan sudah saya sertakan gambar thermostatnya. Silahkan dilihat di atas postingan ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  14. Mau tanya mas, pnya saya miyako ketika sdg mananak nasi ko magiccom sampai tutup nya itu panas semua dtmbah lagi ada smacam bau trbakar . Itu apanya ya mas? Trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nasi sudah matang, pas tutupnya mau dibuka terasa panas dan bau terbakar

      Delete
    2. Sepertinya yang bermasalah pada element atas. Element atas dalam kondisi normal harusnya tidak sampai terlalu panas, meskipun dalam kondisi ON terus. Coba anda ganti element bagian atas/tutup nya.

      Delete
    3. Tapi seluruh badan magic com tuh panas mas, nasi sebagian matang sebagian lagi masih basah, apa thermostat nya atau apa?

      Delete
    4. Coba saja mas diganti thermostatnya.

      Delete
  15. Om..numpang tanya..
    Sya punya magicjar Miyako tipe mcm706 digital,jd g ada saklarnya cmn tombol aja..problemnya nasi masak tp nasi jd kuning kering,trus tak cek thermostatnya trnyata g kyak thrmstat yg biasa,kyak smacem dioda tp bukan thermosfuse,kira2 bsa diganti g itu,trus nilainya brp cz g ada tulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg versi digital, saya belum pernah bongkar mas, jadi belum tahu sistemnya seperti apa? Coba saja dibelikan di toko elektronik dengan membawa contohnya.

      Delete
  16. Mas saya mau nanya apa ada di jual termostat per..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas. Kalau bisa contohnya dibawa mas, karena setiap merek bentuknya beda.

      Delete
  17. Pak.klo elemen rive cookernya saya alihkan fungsi mnjadi pemanas ruangan inkubator bisa ga.ada alat lain ga.terima kasih.inkubator berukuran 1,2meter *60*60

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba, tapi menurut saya mungkin bisa, mungkin dibutuhkan beberapa pipa/plat aluminium untuk menyebarkan panasnya dan sebuah alat kontrol suhu untuk mengatur temperaturnya.

      Delete
  18. mas mau tanya, klw penanak nasi kadang bs masak tp setelah matang tdk bisa menghangatkan, terus saya cabut setelah lama sy colok lg itu bisa manghangatkan, tetapi besoknya tdk bisa masak.itu rusak di thermostatnya apa di thermofuse ya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Thermofuse atau saklar switch kecil yang ditengah rusak. Bisa juga kabelnya yang masalah.

      Delete
    2. terima kasih mas, kabelnya si gak ada masalah mas,nnti saya coba2,brrti bkn thermostatnya ya.

      Delete
  19. Kenapa ya dibagian bawah,nasi jadi kering dan keras??padahal dibagian atas nasi udah matang dan lembek...pernah saya tambahin air wktu memasak,eh..bagian atasnya seperti bubur,tp bagian bawah keras atau bahas jawa nya "ngintep".
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Biasanya sih problem di thermostatnya. Bisa juga dari lapisan teflon panci yang sudah terkelupas, sehingga nasi kering pada bagian panci yang teflonnya terkelupas.

      Delete
  20. Mas magic com saya baru dan langsung nempel dan kering.. itu knp ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostat belum stabil, karena masih baru. Pakai saja, nanti lama-lama juga akan normal. Kalau masih saja kering, bisa dicoba ganti thermostatnya.

      Delete
    2. Saya udh pake -+ 5 hari, kayanya thermostat nya ya mas.

      Delete
    3. Bisa jadi mas. Thermostat terlalu panas, akhirnya nasi cepat kering. Kalau mau bisa dibongkar mas, untuk dilihat thermostatnya. Untuk membongkarnya dari bawah. Untuk thermostat nanti ada kode dan batasan suhunya. Nah batasan suhunya berapa? Nanti kita ganti dengan thermostat dengan batasan suhu dibawahnya. Untuk gambar thermostat anda bisa lihat gambar diatas, sudah ada kode dan batasan suhunya.

      Delete
    4. Oke makasih mas, nnti ta coba bongkar...

      Delete
  21. mas rice cooker saya kalo di colokkan ke listrik, lampu cook dan warm menyala semua, itu kenapa ya mas? sebelumnya sempat terjadi konsleting ada suara letusan kecil dari rice cooker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang masih bisa dipakai gak rice cookernya? Masih normal apa gak? Kalau masih normal, ya gak masalah, biarin saja. Tapi kalau bermasalah, biasanya karena switch otomatisnya rusak, posisi ditengah bagian bawah. Switch ini berfungsi untuk otomatis COOK ke WARM. Bisa juga Resistor lampu rusak pada bagian panel lampu depan.

      Delete
  22. Maaf numpang tanya,,
    Klo panas berlebih sehingga menyebabkan nasi cepat kering itu apanya ya kang...?
    Terus solusinya gmn buat ngecek rusak or ga nya ?
    Thanks atas jawab nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostatnya mas, perlu diganti. Gak bisa dicek mas, langsung ganti saja.

      Delete
    2. Gini mas,,kan saya punya 2 magic com,, nah kmrn magic com saya xg 1 ny itu tiap dibuat masak nasi,klo udh njeglek &udah matang nasi ny itu kq gbsa panas ya mas?
      Kira" apa nya..
      Jadi gini klo buat masak nasi bisa tpi setelah matang nasi gbsa panas lagi...
      Kmrn udh aq bongkar,udh aq ganti thermopuse sama thermostatny xg model panjang tpi kq saya cba lagi kq masih sama ya mas penyakit ny..
      Kira" rusak apa nya..?
      Saya beli thermopuse sesuai ukuran ny,,klo thermostat ny kata orang xg dtko elektronik katanya sama aja buat magic com/magic jar lain nya gtu...
      Jadi sya beli itu...

      Delete
    3. Coba ganti switch nya mas, posisi di bawah. Jika switch normal. Berarti element ada yang putus. Ada 2 element yaitu element samping dan element atas, jika salah satu element ada yang rusak atau putus, maka tidak bisa panas. Cek element atas dan samping. Cek kabel element mungkin ada yang putus. Biasanya yang sering putus adalah kabel dan element bagian atas, posisi di tutup. Jadi harus dibuka tutupnya.

      Delete
    4. Switch itu xg mna mas...?
      Klo untuk elemen xg bawah kmrn udh aq test pke avo masih nyambung mas begitu dg kabel" ny...
      Klo soal xg elemen atas sy gtw mas krn gtw model&bentuk kek gmn...
      Tolong bimbingan ny mas,buat saya belajar biar bisa paham..
      Terimakasih..

      Delete
    5. Saya belum sempat untuk post gambarnya, silahkan cari di google, ada kok yang bahas di blog sebelah mas. Atau di youtube.

      Delete
    6. Kalo element atas tu tempat nya dmn mas..?
      Apa hrus buka total tutup magic com nya..?
      Xg sampean maksud element samping tu xg mana..?
      Krna setelah sya buka cman liad elemen bawah aja mas..

      Delete
    7. Element atas tempatnya di tutup mas. Harus bongkar total, bongkarnya dari bawah tutup, dicongkel pakai obeng minus pada pinggiran tutup. Memang agak susah mas bongkarnya, hati-hati pecah. Jadi nanti tutup akan terbuka, ada dua bagian, atas dan bawah. Posisi element ada di tutup bagian bawah. Untuk element samping posisinya di dalam melingkar di panci bagian dalam magic com. Harus bongkar dari bawah, kemudian lihat kaleng panci, ada element melingkar di panci tersebut.

      Delete
    8. Ohh begitu...
      Maaf mas klo boleh,,ada numb wa ga..?
      Biar saya lbh mudah tnya" ny...

      Delete
    9. Untuk tanya jawab, silahkan komentar di blog atau g+ saja. Insyaalloh kalau ada waktu akan saya jawab.

      Delete
  23. Punya sama kyknya jg Thermostatnya mas... ini lama kelamaan kering nasinya tp ini yg kecil magic comnya ukuran 1/2kg.
    Untuk Thermostatnya ukuranya 67 mass kalau diganti yg 82 bisa terbakar nanti... ini diganti dibawahnya 67 ya mas gimna saranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diganti dengan thermostat ukuran aslinya dulu 67. Kalau masih kering, baru dicoba dengan thermostat dibawah 67. Biasanya kalau sudah diganti aslinya, sudah sembuh.

      Delete