Friday, February 7, 2014

CARA MEMPERBAIKI PUTARAN KIPAS ANGIN YANG PELAN

Problem kipas angin putaran kipas pelan. Sering kali terjadi putaran pelan kipas angin dibiarkan yang akhirnya berujung pada kerusakan lilitan motornya alias terbakar. Kadang kita tidak menyadari kok tiba-tiba kipas rusak? Salah satu gejala yang dapat kita lihat adalah putaran kipas menjadi pelan kadang juga sampai macet.

Ini adalah tanda jika kipas angin kita ada problem dan harus diatasi. Jika tidak. Jangan menyesal jika kipas angin kita tiba-tiba mati dan rusak pada lilitannya. Jika ini terjadi butuh biaya banyak untuk memperbaiki gulungan atau rewinding. Meskipun juga ada banyak dijual lilitan dinamo kipas yang sudah jadi. Tapi masih sekitar 75ribuan. Itupun harus sama bentuk dan ketebalan besi keren tempat lilitannya. Jika tidak sama terpaksa harus di rewinding ulang lilitannya.

Jadi tidak menjamin kipas angin yang bermerek pun tidak bisa rusak. Bahkan kipas angin murahan pun bisa awet. Jika kita mengetahui tanda awal kerusakan dan segera memperbaikinya. Yang jelas jika rutin membersihkan dan melumasi as  kipas angin kita akan awet dan menghemat biaya. Ada 3 point penting yang harus kita cek yaitu :

As dinamo
Jika pelumas kering dapat kita tambahi menggunakan oli bekas. Bersihkan dulu as dinamo jika banyak kotoran. Gunakan bensin untuk membersihkan kotoran grease atau stempet yang menempel pada as dan sulit dihilangkan. Jangan gunakan cairan pembersih lain. Gunakan oli saja.

Kapasitor kipas
Komponen yang satu ini sering kali rusak. Silahkan ganti saja dengan yang baru. Sesuaikan nilai kapasitornya. Nilai kapasitor biasanya antara 1uf/400v sampai 1,5uf/400v.

Thermostat
Untuk yang satu ini butuh ketelitian. Thermostat adalah pengaman jika terjadi panas berlebih pada lilitan dinamo. Maka alat ini akan putus jika suhu lilitan over heat. Kadang bisa saja terjadi themostat tidak putus tapi melemah. Mengakibatkan suplay tegangan drop akhirnya putaran kipas menjadi pelan. Untuk menggantinya anda harus membuka dinamo dulu. Karena alat  ini berada di dalam sambungan kabel dan lilitan di dalam dinamo. Jika tidak rusak tidak perlu diganti.

Jika langkah satu dan dua sudah dilakukan. Tetapi putaran tetap pelan bisa dipastikan thermostat lemah. Kemungkinan terparah adalah putusnya salah satu lilitan bantu atau jalur kapasitor sehingga kipas angin menyala seperti tanpa kapasitor. Bisa anda test menggunakan avometer. Jika lilitan bantu tidak nyambung sama sekali berarti lilitan putus.

Jika lilitannya yang terbakar. Maka dinamo tidak bisa berputar sama sekali disertai bau gosong. Jika lilitan putus. Maka dinamo juga tidak berputar sama sekali tapi tidak disertai bau gosong. Jika di cek dengan avometer pada ujung sambungan lilitan maka tidak nyambung sama sekali. Jika seperti itu maka harus direwinding ulang.

No comments:

Post a Comment