CARA MEMPERBAIKI MAGIC COM DAN MAGIC JAR

Cara memperbaiki magic com dan magic jar yang rusak termasuk rice cooker. Karena ketiga alat ini sama fungsinya untuk mengolah nasi. Maka penggunaan alat ini pun kadang setiap hari. Jadi wajar jika sering mengalami kerusakan. Berikut jenis kerusakan dan cara memperbaiki ketiga alat tersebut.

1. Magic com
Berfungsi untuk menanak nasi dan otomatis menghangatkan nasi setelah proses menanak selesai. Terdiri dari 3 element pemanas. Element pemanas pertama untuk menanak posisinya biasanya berada di bawah. Yang kedua element untuk menghangatkan posisinya ada di samping. Dan yang ketiga element penghangat untuk menghilangkan uap air posisinya ada diatas tutup magic com. Selain element pemanas juga dilengkapi thermostat untuk menjaga suhu nasi tetap hangat dan tidak kering. Dan sebuah saklar untuk otomatis menanak dan menghangatkan. Jenis kerusakan yang sering saya temui adalah.

-> Proses menanak ok, tapi nasi tidak bisa hangat. Problem ada di saklar. Silahkan ganti saklar. Jika masih problem silahkan cek thermostat biasanya rusak atau putus. Jika masih problem juga cek ketiga element pemanas biasanya salah satu ada yang rusak atau putus.

-> Proses menanak ok, penghangat ok, tapi nasi gampang basi. Problem ada di element pemanas bagian atas tidak bekerja. Sehingga uap air tidak bisa hilang dan kembali turun ke nasi mengakibatkan nasi cepat basi. Jangan lupa cek kabel yang ada posisi engsel buka tutup magic com juga sering putus. Thermostat rusak juga bisa menyebabkan hal yang sama karena suhu tidak stabil.

-> Nasi menjadi kering. Kerusakan di thermostat. Suhu tidak stabil. Menyebakan panas berlebihan mengakibatkan nasi menjadi kering.

-> Tidak bisa proses menanak dan menghangatkan. Problem ada di saklar. Silahkan ganti saklar.

2. Magic Jar
Berfungsi untuk menghangatkan saja tidak untuk menanak nasi. Terdiri dari 2 element pemanas sebelah samping dan atas. Sebuah thermostat untuk menstabilkan suhu nasi agar tetap hangat tidak kering dan tidak mudah basi. Jenis kerusakan.

-> Nasi gampang basi. Problem ada di element pemanas bagian atas tutup tidak bekerja. Disebabkan kabel ada yang putus atau elementnya yang rusak. Kerusakan thermostat juga bisa menyebabkan hal yang sama karena suhu tidak stabil.

-> Nasi menjadi kering. Kerusakan ada di thermostat. Suhu tidak stabil terlampau panas. Menyebabkan nasi menjadi kering.

-> Nasi tidak bisa hangat. Element pemanas tidak berfungsi. Kerusakan ada di thermostat rusak atau putus. Silahkan ganti baru. Jika penggantian thermostat masih belum bisa hangat. Cek element pemanas. Salah satu element biasanya ada yang putus. Karena kedua element pemanas ini dipasang seri. Maka jika salah satu element pemanas rusak. Element pemanas satunya juga tidak akan berfungsi. Karena tegangan terputus disini. Jadi kedua elemen harus berfungsi.

3. Rice cooker 
Berfungsi hanya untuk menanak nasi tidak bisa untuk menghangatkan. Terdiri hanya satu element pemanas berada di bawah. Thermostat biasanya ada sebagai pengaman jika suhu terlampau panas. Kerusakan yang sering terjadi.

-> Tidak bisa menanak, element tidak bisa panas. Cek kabel jika ada yang putus. Thermostat jika ada diganti saja. Kemungkinan terakhir adalah elementnya rusak atau putus. Bisa di cek menggunakan avometer. Jika jarum tidak  bergerak sama sekali. Berarti element pemanas rusak atau putus.

84 Responses to "CARA MEMPERBAIKI MAGIC COM DAN MAGIC JAR"

  1. saya punya masalah dengan m.com digital merk Quantum QSC 322 DC. saat dipakai memasak nasi ,belum sampai matang tapi sudah pindah ke penghangat. bagai mana cara memperbaiki nya? trims atas info dan jawaban nya

    ReplyDelete
  2. Untuk mas irwan abdillah. Problem nasi belum matang sudah pindah ke penghangat. Kalo untuk magic com yang biasa bukan digital. Biasanya kerusakan pada sensor thermostat pir yang ada ditengah element pemanas. Yang model digital saya belum pernah bongkar. Kemungkinan sensor diatur secara digital. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Mas d magicom kan ada yang kaya dioda apa harus sama, saya ganti dengan yang lebih rendah, belum matang lampu nya sudah pindah.

    ReplyDelete
  4. Untuk mas domba. Alat yang kayak diode itu adalah thermofuse. Fungsinya sebagai pengaman jika terjadi over panas maka alat thermofuse akan otomatis putus seperti sekering. Ya harus diganti sama persis mas. Tapi jika dilihat problemnya nasi belum matang sudah pindah. Itu bukan kerusakan thermofuse mas. Mungkin rusak di bagian otomatis thermal. Yang posisinya di tengah berupa per pegas. Itu harus diganti satu set mas. Baru bisa normal kembali. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Mas saya klo magicjar bagian atas per untuk buka tutup nya lepas cara pasang lgi gmana ya? Miyako tipe MCM-18 BH

    ReplyDelete
  6. Untuk cibubur prima mandiri.Untuk mengganti per buka tutup bagian atas. Silahkan buka dulu bagian atas pegangan magic com dengan obeng minus. Hati-hati mas pecah. Setelah terbuka, silahkan ambil per lama menggunakan tang cucut. Sebelumnya tarik dulu bagian atas tombol buka tutupnya agar bisa dipasang per lagi. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. mas setelah di cek kembali ternyata thermofuse nya kerendahan, dan saya ganti dengan yang lebih tinggi ukuran aslinya 172°c, di ganti sama 175°c, dan bagian tengahnya itu saya coba sejajarkan kembali awalnya bengkok alhamdullillah normal kembali, terima kasihas atas infonya... izin copas mas.

    ReplyDelete
  8. Untuk mas deni. Silahkan dicopy mohon disertakan link aktif sumbernya mas. Sebagai wujud terima kasih atas jerih payah penulisan blog ini juga demi perkembangan blog ini kedepannya. Dengan memberikan posting yang lebih menarik. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. mas,,minta tolong,,m.com sya cm bs menanak sja,,untuk penghangat nya kok g bs hangat padhla lampu indikatr nyala,,tlong mnta pnjalsan sdkit,trmksh,

    ReplyDelete
  10. Untuk mas faroidz. Problem magic com posisi penghangat tidak berfungsi. Silahkan di buka mas bagian bawah magic com nya. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan saklar otomatis tidak berfungsi, posisinya bagian tengah bawah per. Bisa juga disebabkan salah satu element pemanas ada yang rusak/putus. Biasanya element samping atau element atas/tutup. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. Dibuat masak gk bisa, lampu indikator mati dan da bekas pembakaran / konslet,,,,itu gimana solusinya?

    ReplyDelete
  12. Untuk mas menco..terbakarnya dibagian mana mas? Jika seperti itu pertama silahkan cek thermofuse posisi disamping dalam panci bentuknya seperti diode. Cek saklar otomatis posisi dibawah panci juga per pegas pada tengah panci. Tak lupa juga cek semua kabel jika ada yg putus. Bekas terbakar biasanya otomatis cooking tidak berfungsi sehingga setelah nasi matang tidak mau berpindah ke posisi menghangatkan. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  13. Komponen msh bagus,cuma yg ke bakar ditombol cook,sy coba cari spare nya gak,soleh cuma bs buat menghangatkan nasi,kalo buat masak langsung konslet listriknya

    ReplyDelete
  14. Untuk mas iqbal. Mungkin ada kabel yg konslet mas di bagian yg terbakar. Coba dibersihkan dan ganti dengan kabel baru. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  15. kalo saklarnya ga mau turun/g bsa buay masak..bsanya buat mghangatkn gmna?
    trus beli baru..ee.nasinya cpet kering..apa yg baru jg harus d perbaiki?

    ReplyDelete
  16. Untuk najwa mungil. Saklar gak mau turun problem di mekanik bagian tengah magic com. Ada plat besi yang tidak pas posisinya. Nasi cepat kering itu disebabkan thermostat kurang stabil. Pada magic com baru memang seperti itu. Nanti lama-kelamaan juga tidak kering lagi. Jika masih kering nasinya, bisa coba diganti thermostat dengan temperatur yang lebih rendah 80-85 derajat celcius. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  17. Mas saya punya magic cooker dari yong ma..setiap tutpnya dibuka ada tulisan eo trus mati apa ya masalahnya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk riyanti. munkin yang dimaksud magic cooker yang model digital bukan yang biasa pada umumnya. Jika problem seperti itu kemungkinan kerusakan ada di switch penutupnya. Bisa saklarnya rusak atau ada kabel yang putus. Kemungkinan terparah rangkaian digitalnya error.

      Delete
    2. Kasus nya persis dgn punya saya....langsung muncul alarm e0.
      Tp, Kmrn dicoba ga langsung alarm e0, bs sebentar tp trs muncul alarm e3.....
      Apanya ya Mas....

      Delete
    3. Untuk soegix. Kebetulan yang model digital belum pernah kerjakan. Jadi belum tahu solusi kerusakannya. Kebanyakan yang saya kerjakan yang model biasa bukan digital.

      Delete
  18. tanya dong pak bahar yg baik hati..
    punya saya merk Miyako, awalnya cuma mau ganti elemen tutup karena nasi lekas basi, walaupun sebenarnya elemen tutup dan bodinya masih bisa penghangatkan (setelah baca di google kalo cepat basi pasti elemen tutupnya). setelah saya ganti elemen tutupnya malah elemen bodi yang tidak berfungsi , padahal kedua elemen tersebut rangkaian seri. kira kira apa yg salah ya ??? terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bram. Mungkin ada yang putus kabelnya dibagian engsel buka tutup itu sering putus. Kalau rangkaian seri berarti kedua element atas dan samping harus nyala. Jika salah satu element tersebut ada yang mati bisa dipastikan element pemanas yang lain tidak berfungsi. Karena tegangan terhenti di element yang mati.

      Delete
  19. Mas...saya mau tanya.nasi sya cpt basi,sy pake sanken 6 in 1 yg stainless.sy perhatikan karet tutupnya longgaar,tidak mengikat erat piringan dbwahnya.apa krn itu nasi saya cpt basi? Sebenarnya itu memang longgar atau gimana?smnjk baru b3li saya tidak trllu mmprhatikannya.mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hazeeq. problem nasi cepat basi. Bisa disebabkan element bagian atas tidak berfungsi. Juga bisa disebabkan Thermostat tidak normal menyebabkan suhu tidak stabil. Masalah karet menurut saya tidak berpengaruh. Mungkin memang designnya seperti itu.

      Delete
  20. Mau tanya mas, RC miyako indikator penghangat nyala, saat posisi cook indikator mati, dan nasi tdk masak, kira2 knp yah...?

    ReplyDelete
  21. Mau tanya mas, RC miyako indikator warm nyala, saat posisi saat tekan cooking indikator coking mati, dan nasi tdk masak, kira2 knp yah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nur ajmil. Coba anda cek saklarnya mas. Posisinya pada bagian tuas warm dan cook di dalamnya ada saklar. Biasanya sering rusak. Untuk melihat saklarnya anda harus membuka bagian bawah rice cooker.

      Delete
  22. Mas Bahar, tolong posting foto saklar, karena saya masih bingung di mana saklar tersebut, maklum mas ini saya masih awam, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  23. Tolong yah mas bahar yg baik, saya masih sulit membedakan antara mana saklar dan mana swiit, tks sblmx

    ReplyDelete
  24. Apa saklar itu yg bentuknya kotak persegi empat...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar. Posisinya tepat dibawah kaleng magic com. Ada tiga kabel yang tersambung.

      Delete
  25. Jika kabel yang ke element penghangat untuk menghilangkan uap air posisinya ada diatas tutup magic com itu ada 2 kabel ternyata putus satu, apakah berpengaruh ?? Miyako MCM-18BH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat berpengaruh mas. Karena element atas berfungsi untuk menghilangkan uap air mencegah uap air kembali menetes ke nasi yang bisa menyebabkan nasi cepat basi. Jika element atas tidak berfungsi, maka biasanya nasi akan lebih cepat basi dan basah.

      Delete
  26. Saya mau tanya mas. Rice cooker itu cuma bisa menanak nasi aja ya? Berarti utk mnghangatkan nasinya tdk bsa? Saya bru beli miyako yg PSG-607, itu brrti stelah nasi matang tdk bsa dipanaskan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lin. Rice cooker memang hanya untuk memasak nasi saja tidak bisa untuk menghangatkan. Tapi sekarang ada juga yang sudah dilengkapi penghangat. Untuk mengetahuinya biasanya ada lampu indikator penghangatnya (warm). Jika tidak ada lampu tersebut berarti hanya bisa untuk memasak nasi saja.

      Delete
    2. Trimakasih jawabannya. Brrti klau sdh selesai memasak, listriknya hrus lngsung dicabut dan nasinya tdk hangat lg buat dimakan nnti beberapa jam stelah itu?

      Delete
  27. Mas, kl dioda temperature yg ada di tutup itu type nya apa ya...(magic com yong ma)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk soegix. Itu bukan diode mas. Tapi thermofuse atau sekring panas. Alat ini akan putus jika terjadi panas berlebih diatas batas thermofuse tersebut. Biasanya hanya ada tulisan batasan temperature nya saja. 130, 140, 150 derajat celcius atau yang lainnya.

      Delete
  28. Kl termofuse ada lg Mas... yang saya tanyakan itu bentuknya persis sprt dioda zener, & letaknya ada di tutup nya, nempel di elemen tutup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk soegix. Pada umumnya magic com bagian atas penutup hanya ada element pemanas saja, tidak ada komponen tambahan berupa dioda zener atau yang lainnya. Coba anda cek apakah diode zener itu terhubung dengan element pemanas bagian atas atau tidak? Terhubung secara paralel atau seri?

      Delete
  29. Rice cooker saya yong ma magic smart. Kalau memasak bisa, tp klo di buka muncul E0 dan ga mau menghangatkan lagi. Itu masalah nya apa ya.. Solusi nya bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hema ariani. Muncul tulisan EO itu berarti ada kerusakan sensor bagian atas. Sy belum mengerjakan yg model itu. Solusinya bisa anda cari alamat service center yong ma di tempat anda. Kemudian tanyakan bagaimana perbaikannya dan biayanya.

      Delete
  30. MC.miyako saya awalnya cuma tutupnya berair terus..
    Akhirnya saya ganti elemen yang atas...masalah sudah terselesaikan..elemen atas sudah bisa hangat...tp timbul masalah baru..elemen yang samping menjadi tidak fungsi/tidak hangat.kira2 apanya yg salah ya mas bahar?...
    Terima kasih jawaban ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gianto ida. Mungkin ada kabel yang terlepas mas. Coba anda cek jalur kabel element samping magic com anda apakah ada yang putus? Biasanya tersambung dengan thermostat. Jika tidak fungsi kemungkinan element rusak, thermostat rusak atau ada kabel yang putus.

      Delete
  31. bang, saya ada magic com merk yong ma, kemarin saya masaak nasi udah di cook lgsung ke warm mas, akhirnya saya tahan tombol cook pakai kertas, karena lupa posisi di cook terus bg, akhirnya nasi gosong dan magic com mati total, kira-kira penyebabnya apa ya mas? terima kasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bima. Harusnya tidak boleh diganjal mas. Karena jika diganjal, maka otomatisnya jadi tidak berfungsi. Harusnya setelah proses cook harus pindah ke warm. Jika tidak pindah ke warm, maka proses cook akan terus berlangsung dan akan terjadi over heating. Untungnya ada pengaman thermalnya yang membatasi panas yaitu thermofuse. Jika ini terjadi, maka thermofuse akan putus.

      Delete
  32. cosmos lampu lednya nyala pas di tekan ke bawah langsung konslet listrikny.. knapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk herman. Bisa jadi element bawah konslet atau ada kabel yang konslet. Bisa anda coba dulu lepas kabel element bawah, kemudian coba apakah masih konslet?

      Delete
  33. saya punya magic com sanken, lampu cook nya menyala terus, bahkan ketika tombol tidak dicetek, lampu warm tidak menyala sama sekali. Saya bongkar, ganti thermo fuse, tidak pengaruh. Ganti saklar juga tidak ngaruh. Bahkan ketika kabel saklar/switch saya cabut pun, lampu cook tetap menyala. Kira2 kenapa ya mas?
    Apa kalau lampu led warm nya putus bisa kyk gini ya?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk edi kurniawan. Ya benar disebabkan led warmnya putus. Silahkan diganti baru lampunya

      Delete
    2. sudah saya ganti led nya, dan ketika dicolok menyala dg baik. tapi setelah beberapa lama dan rc mulai panas, lampu led warm kembali mati dan lampu cook menyala lagi. Jika saya cabut dan colok lagi, yg menyala lampu warm.
      kira2 kenapa ya? kok sepertinya karena panas lalu error lagi.

      Delete
    3. Untuk edi. Apakah dalam kondisi seperti itu magic com normal proses cook dan warm nya? Jika normal berarti ada resistor, kabel putus atau salah jalur pada jalur lampu. Jika proses cook dan warm nya problem berarti harus dicari dulu penyebab kerusakannya

      Delete
  34. mas bahar, magic com philips sy untuk memasak bisa dan normal, setelah nasi masak saya cek elemen tutup panas, tapi elemen penghangat badan tidak hangat lagi,gimana ya solusinya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk hardi. coba anda ganti thermostat dulu. posisinya di dalam, menempel pada samping kaleng magic com. Jika setelah diganti thermostat masih problem, silahkan ganti element samping kemungkinan putus. Cek juga kabel mungkin ada yang putus.

      Delete
  35. Mas Sya Pnya Magic Com Yong Ma Keluhan Nya Tidak Bisa Menanak. Saklar Cook Cuma Bisa 5 Menit. Langsung Ke Warm. Kira2 Yang Rusak Bagian Apa Nya Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tukangtani. Problem bisa disebabkan otomatis thermal rusak. Posisinya ada di bagian tengah berupa pir pegas. Silahkan ganti satu set. Jika kesulitan silahkan bawa contohnya di toko elektronik. Untuk membongkarnya silahkan dibuka dari bawah.

      Delete
  36. Mas, magic com sya miyako mcm.508. Knpa klo lgi msak, Uap nya gak bsa masuk water collector nya ya? Uap nya tu cm nyemprot ke atas, jdi klo nasinya udh mateng, sisa uapnya menggenang di atas tutup. Semangat water collector nya sllu kurang, knpa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dhian. Kondisi normal magic com pada saat masak, uap air harusnya langsung keluar melalui lubang uap diatas tutup. Biasanya problem uap air tidak bisa keluar atau menguap, sehingga uap air kembali menetes ke nasi menyebabkan nasi menjadi lembek dan cepat basi dan bau. Problem itu disebabkan element bagian atas tutup tidak berfungsi. Bisa disebabkan kabel putus atau element pemanasnya yang rusak. Jika ada problem lain selain itu, saya belum pernah memperbaikinya.

      Delete
  37. Mas, punya saya miyako kecil, saya sdh ganti elemen tutup tapi elemen bodi tidak panas, kalau elemen bodi saya sambung langsung tidak seri bisa panas, itu solusinya gimana ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk juzz me. Jika problemnya seperti itu solusinya adalah element body dan element tutup bisa anda hubung paralel saja. Karena resistansi tahanan element tutup memang lebih kecil daripada element body. Sehingga jika dihubung seri, maka element body tidak bisa panas, karena kalah dengan element tutup. Solusinya harus dihubung paralel, sehingga kedua element bisa panas normal.

      Delete
  38. Saya punya rice cooker miyako psg-607, dia tidak bisa memanaskan, hanya menanak saja, jadi kalau sudah masak, lampunya mati dan nasi saya menjadi dingin. Apa tidak masalah kalo saya masak lagi nasi yang sudah matang tadi, tp hanya sekitar bbrp menit saja, sekiranya untuk membuat nasi hangat, setelah itu saya cabut colokannya, tidak masalahkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk erlina. Sebenarnya tidak masalah, asalkan anda tidak sampai lupa untuk mematikan kembali setelah nasi hangat. Tapi demi keamanan lebih baik diperbaiki. Jaga-jaga jangan sampai lupa tidak mematikan. Karena dapat berakibat berbahaya terbakar. Tapi magic com sudah dilengkapi pengaman overheating jika terjadi kejadian seperti itu tidak menyebabkan kebakaran. Jadi hati-hati dan tetap waspada.

      Delete
  39. Mas mau nanya, ☺ kalo d rice cooker quantum yg tutup kecil untuk pernafasan itu kan ada karetnya,, sehingga = nasi yg ada d dalam tdk bs besentuhan langsung dengan udara luar... Yg bener karetnya d lepas atau d lubangin.. Atau d biarin aja kaya aslinya

    ReplyDelete
  40. Mas saya punya ricecooker quantum qc 203 mc mati total tiba2 itu kenapa yaa?
    Komponen apa yg harus diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek sekering atau thermofuse, biasanya rusak atau putus. Posisinya ada di dalam, jalur kabel listrik. Bisa juga kabel listrik putus.

      Delete
  41. Kalo majigcom saya menanak nasi normal,,tapi giliran ngangetin cuma tutupnya yg anget,bodinya dingin jdi ber air nasinyA,mohon bantuanya,,,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya problem ada di element samping/bodi tidak berfungsi. Bisa disebabkan element pemanas rusak. Bisa juga disebabkan thermostat rusak. Kemungkinan terakhir bisa disebabkan saklar otomatis atau limit switch pemindah cook and warm bermasalah. Bisa juga ada kabel putus.

      Delete
  42. Selamat pagi Mas..
    Saya punya Rice Cooker Miyako.
    Kalau kabelnya dicolok, gk mau nyala lampu COOKnya.
    Nah.. Setelah saya baca2 di google, itu yg brmasalah ada di elemen body. Tapi... Waktu saya buka mur nya, malah gak tau cara ngelepasin elemen body.
    Kira2 cara lepasnya gimana yah mas? Susah ni.

    Thanks !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg gak nyala lampu Cook, itu berarti problem bukan di element body. Biasanya problem ada di saklar limit switch yang posisinya di bawah pas ditengah element tengah ada tuasnya. Nah siahkan dicoba diganti dulu limit switchnya. Untuk membongkarnya, lepas tutup bawah, kemudian anda bisa lihat limit switch pas ditengah, terkoneksi dengan beberapa kabel. Untuk mengambilnya lepas skun kabel, jangan lupa ingat-ingat posisi kabelnya jangan sampai terbalik. Limit switch kakinya ada 3.

      Delete
  43. siang mas mau nanya nih,
    rice cooker saya sewaktu sedang proses nanak nasi kenapa dari lubang kaki di rice cooker keluar air kental seperti bubur ya?
    mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yg bocor mas. Di panci atau Ada lubang di tempat pancinya, sehingga sewaktu menanak uap air masuk ke bawah. Saya sih belum pernah mengalami problem itu.

      Delete
  44. Mas bahar m.com q lampunya nyala semua itu knpa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipakai masih normal, biarin saja mas. Mungkin ada kabel yang putus.

      Delete
  45. Mas, sy punya magic com sharp model KS-M18TTR(V). Kalo udah masuk mode warm, Nasi cepat kering & berwarna kuning. Saya ganti thermostart sesuai ukuran aslinya (78 C) tetap nasinya cpt kering. Kenapa gitu mas? Mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thermostat terlalu panas, coba ganti dengan thermostat yang 75C. Jika masih kering bisa diturunkan lagi jadi 72C. Tapi jika terlalu dingin, nasi jadi basah dan lembek, jadi cari thermostat yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Nah ini harus kita cari temperatur berapa yang pas mas.

      Delete
  46. Mas, magic com saya merk Sharp. Menanak OK. Tp kalo msk mode warm nasi cepat kering & berwarna kuning. Saya uda ganti termostart sesuai dengan ukuran seperti aslinya (78 drjat C, 250 Va, 10a) tp tetap nasinya cpt kering & berwarna kuning. Kenapa bgtu & apa solusinya?

    ReplyDelete
  47. Thanks penjelasannya. Selamat Tahun Baru. Insya Allah tahun 2017 banyak berkah dr Allah.

    ReplyDelete
  48. Yongma baru beli.pas dicoba masak nasi baru 5 menit)air mulai sedikit listrik koslet mohon penjelasan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang konslet salah satu elementnya. Mungkin ada kabel atau switch yang konslet, coba cek dalamnya. Secara teknis, mestinya gak masalah. Setelah nasi matang, maka akan otomatis pindah ke posisi Warm. Kalau sebelum nasi matang atau belum pindah posisi warm sudah konslet, ini yang aneh. Apakah bukan dari listriknya yang gak kuat?

      Delete