Tuesday, February 18, 2014

CARA MEMASANG KIT TURBO BASS PADA AMPLIFIER

Setiap amplifier sebenarnya sudah dipasang pengatur nada atau tone control untuk mengatur nada bass, treble, midle dari input untuk difilter. Sebelum di umpan ke power amplifier dan diteruskan ke speaker. Kebanyakan orang lebih senang dengan karakter bass lebih banyak dan menggelegar. Sehingga pemakaian tone control saja kadang kurang bass.

Penambahan kit turbo bass bisa menambah nada bass yang dirasa kurang. Fungsi turbo bass dilihat dari rangkaiannya adalah untuk menambah nada bass di frekuensi 60hz dan menambah treble di frekuensi 12khz. Menggunakan sepasang ic LA3600 yang biasa di pakai untuk rangkaian equalizer 5 band. Sebelum anda memasang kit turbo bass yang perlu anda perhatikan adalah :

1. Power amplifier 
Daya watt power amplifier harus besar. Minimal ocl 150watt. Jika dipasang pada amplifier kecil suara bass akan pecah jika di geber volume penuh karena tidak mampu merespon nada bass dengan sempurna.

2. Supply tegangan 
Kit turbo bass membutuhkan tegangan 12volt stabil. Jadi pada amplifier harus ada supply tegangan 12 volt untuk turbo bass. Jika tidak ada terpaksa menambah trafo sendiri untuk tegangan 12volt nya. Bisa juga anda ambilkan dari tegangan extra trafo yang biasa ada di sisi belakang trafo. Trafo bisa pakai 1amper.

3. Urutan pemasangan
Untuk yang satu ini tergantung kondisi. Pemasangan standartnya adalah INPUT->TURBO BASS->TONE CONTROL->POWER  AMPLIFIER->SPEAKER.

Sebenarnya kualitas audio yang baik adalah seimbang nada bass, midle, treblenya tidak over. Cuma terkadang banyak juga orang suara audio tidak puas jika bass tidak menggelegar. Tapi semua itu selera anda.

2 comments:

  1. Kalo majigcom saya menanak nasi normal,,tapi giliran ngangetin cuma tutupnya yg anget,bodinya dingin jdi ber air nasinyA,mohon bantuanya,,,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya problem ada di element samping/bodi tidak berfungsi. Bisa disebabkan element pemanas rusak. Bisa juga disebabkan thermostat rusak. Kemungkinan terakhir bisa disebabkan saklar otomatis atau limit switch pemindah cook and warm bermasalah. Bisa juga ada kabel putus.

      Delete