PENYEBAB TRANSISTOR HORISONTAL RUSAK LAGI

Berikut adalah beberapa penyebab transistor horisontal rusak. Jika anda menemukan kerusakan transistor horisontal panas atau rusak dan short lagi. Berikut penyebab kerusakan yang bisa anda cek.

Perlu dipahami penyebab kerusakan bisa berbeda pada setiap kasus kerusakan tv meskipun dengan problem yang sama, jadi anda perlu teliti dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tulisan ini hanya sedikit dari pengalaman yang bisa anda jadikan perbandingan dan referensi dalam memperbaiki kerusakan tv dan elektronik.

Penyebab transistor horisontal rusak :
Rusak atau short dan kadang nilai berubah pada kapasitor resonant, silahkan dicek dengan avometer skala 1K, jika jarum bergerak mentok atau separuh berarti kapasitor short silahkan ganti. Jika jarum tidak bergerak berarti kapasitor tidak short lanjutkan pengecekan menggunakan kapasitor meter harus menunjukkan nilai yang sesuai, jika ada parubahan nilai kapasitor ganti kapasitor dengan yang baru dengan nilai yang sama, tapi jika perubahan nilainya sedikit tidak masalah, kapasitor masih bisa dipakai.

Rusak atau short diode damper pada rangkaian EW pada tv slim flat. diode damper ada dua buah, satu yang bertegangan dibawah 1000 volt atau sekitar 400 volt diode ini jarang terjadi kerusakan, Kedua diode damper yang bertegangan 1000 volt keatas atau sekitar 1600 volt dan biasanya paralel dengan kapasitor resonant yang bertegangan 1600 volt, diode ini yang biasanya rusak. Cara mengeceknya pakai avometer skala 1K jika diukur jarum bergerak mentok dan dukur bolak-balik juga mentok berarti diode short, silahkan ganti diode damper baru dengan nomer tipe yang sama.

Elko decoupling filter supply vcc pada bagian primer trafo horisontal drive nilainya mengecil atau kering. Hal ini menyebabkan transistor horisontal beban berat atau under drive. Cara kerja transistor horisontal mirip dengan switch yang bekerja on-off dengan frekwensi tinggi. Idealnya pada saat "on" resistansi antara kolektor -emitor adalah mendekati nol ohm, dimana syaratnya untuk memenuhi hal ini adalah level sinyal drive harus mencukupi. Jika kurang akibatnya transistor tidak dapat "on" sepenuhnya. Ada semacam resistansi atau tahanan semu antara kolektor-emitor. Akibatnya akan timbul panas dari tahanan semu ini ketika dilalui oleh arus kolektor sebesar Watt = I X R. Makin besar nilai tahanan semu, maka panas juga suhu transistor horisontal.

Kerusakan pada sirkit yang mensupply vcc dari flyback dapat menyebabkan under drive. Pada model tertentu SAMSUNG dan JVC. Supply tegangan vcc untuk bagian horisonyal drive ada dua macam. Saat start pertama tv dinyalakan supply diberikan dari trafo swtiching 13,5 volt, kemudian setelah tv hidup supply selanjutnya digantikan dari flyback yang mempunyai tegangan sedikit lebih besar dari tegangan saat start B+ 16,5 volt. Kerusakan dapat disebabkan resistor putus atau diode rusak atau short. Kadang diperiksa dengan avometer nampaknya bagus, tetapi kalau dipasang akan menyebabkan tegangan drop.

Tegangan supply untuk horisontal drive drop. Dapat disebabkan resistor nilainya molor atau pernah diganti dengan nilai yang berbeda.

Gulungan pada trafo horisontal drive ada yang sedikit short. Kumparan defleksi yoke bagian horisontal ada yang sedikit short atau terbakar, atau defleksi yoke pernah diganti dengan impedansi yang lebih rendah.

0 Response to "PENYEBAB TRANSISTOR HORISONTAL RUSAK LAGI"

Post a Comment