TV CHINA 14" GAMBAR BLANK MERAH

TV Cina merek Asiatech problem gambar blank merah. Maksudnya gambar keluar warna merah saja. Disertai garis blanking. Kerusakan seperti ini mirip dengan kerusakan tabung CRT. Jadi anda harus hati-hati jika menemui masalah tv seperti ini. Agar tidak keliru menduga bahwa tabung CRT kita yang rusak.

Memang kerusakan tabung CRT bisa saja terjadi. Dan salah satu cirinya juga seperti ini jika terjadi short katoda red. Selain kerusakan tabung CRT masalah ini bisa juga disebabkan karena kerusakan komponen pada bagian rangkaian RGB. Silahkan di cek dulu PCB rangkaian RGB yang posisinya dibelakang tabung CRT.

Setelah dilakukan pengecekan. Ternyata kerusakan disebabkan karena resistor dengan nilai 1K2 (2W) putus dijalur katoda red. Sebelum mengganti resistor. Cek dulu transistor RGB jika ada yang rusak. Ternyata ketiga transistor RGB kondisinya masih baik. Langsung ganti saja resistor 1K2 (2 watt) dengan yang baru. Coba nyalakan tv. Warna sudah keluar semua dan gambar normal kembali. Akhirnya hanya mengganti resistor 1K2 (2W).

2 Responses to "TV CHINA 14" GAMBAR BLANK MERAH"

  1. Tv Tabung Samsung Baru Di Ganti Dengan Mesin Tv China, Setelah Di Pasang Gambarnya Jadi Merah,
    Apa sebab Gambarnya Jadi Merah.
    Mohon Petunjuknya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk herry sani. Problem gambar merah setelah di ganti mesin cina, biasanya disebabkan settingan RGB tidak sesuai dengan tabungnya. Untuk mengubahnya, maka anda harus masuk factory setting dulu untuk mengadjust R bias, G bias, B bias dan juga G drive dan B drive. Untuk kasus anda, maka coba anda turunkan nilai dari R bias, kemudian lihat hasilnya. Jika dengan cara ini gambar masih merah, cek komponen pada pcb RGB. Jika semua sudah dilakukan dan gambar tetap merah, berarti katoda RGB tabung crt sudah lemah.

      Delete