CARA AMAN MELEPAS KOP ANODA TABUNG CRT

Mungkin sudah banyak yang membahas masalah ini. Tapi tidak ada salahnya saya bahas lagi di kesempatan kali ini. Mengingat betapa pentingnya hal ini untuk dilakukan agar keamanan dapat diutamakan. Karena termasuk beresiko tinggi tersengat aliran listrik bertegangan tinggi 20.000 volt lebih yang dapat mengancam keselamatan jiwa dan lingkungan sekitar jika kita tidak hati-hati.

Karena kop ini mempunyai tegangan yang sangat tinggi dan berbahaya yang dihasilkan oleh flyback. Jadi jangan sekali-kali mencoba untuk menyentuh kop anoda ini dalam kondisi tv menyala. Meskipun tv sudah mati juga harus di groundkan terlebih dahulu untuk membuang muatan listrik yang tersisa. Jika tidak, maka anda akan tersengat listrik meskipun tv sudah mati. Karena tegangan listriknya sangat besar dibanding tegangan listrik pln biasa.

Pertama. Matikan pesawat tv. Tunggu sebentar beberapa menit agar tegangan yang tersimpan tidak terlalu besar.

Kedua. Siapkan kabel. Bisa menggunakan kabel multimeter atau kabel sendiri dengan penjepit buaya untuk menjepit kabel ground di tv dan menjepit obeng minus untuk di tusukkan kedalam plat anoda yang berada didalam karet kop anoda. Pakai obeng yang batang nya terbungkus plastik agar lebih aman.

Ketiga. Jepitkan ujung kabel ke ground tv. Biasanya berupa kawat spiral yang melingkar ditabung crt. Kemudian ujung satunya tusukkan kedalam karet kop anoda sampai menyentuh plat anoda ditengah sampai terdengar bunyi craaakkk. Biarkan beberapa saat agar tegangan listrik benar-benar hilang. 

Coba anda tusukkan lagi. Jika tidak terdengar bunyi craaakkk lagi berarti tegangan listrik dikop anoda sudah hilang. Sekarang bisa anda lepas kop anoda dengan aman dengan menggunakan tespen. Untuk menusuk karet kop anoda bisa menggunakan obeng atau ujung kabel avometer yang lancip.
Hati-hati sangat berbahaya jangan sampai menyentuh kabel atau obeng pada saat menempelkan ke kop anoda crt. Pegang pada plastik obengnya. Agar aman tidak tersengat listrik.

0 Response to "CARA AMAN MELEPAS KOP ANODA TABUNG CRT"

Post a Comment