Thursday, August 29, 2013

CARA MEMPERBAIKI RAKET NYAMUK YANG SERING RUSAK

Menjawab banyak pertanyaan dari teman-teman yang sering mengeluhkan raket nyamuknya sering rusak. Beli baru sebentar rusak lagi. Karena harganya murah jarang kita untuk memperbaikinya. Banyak yang memilih beli baru ketimbang untuk diperbaiki. Ada juga yang tidak mau beli lagi karena gampang rusak.

Lampu indikator nyala tapi tegangan tinggi di raket keluar lemah tidak seperti biasanya. Cek baterai pakai avometer keluar tegangan 3,7V. Saya pikir normal karena tertulis 3,7V di bungkusnya. Tapi kenapa tegangan tinggi di raket kok lemah? Saya curiga baterainya drop. Tapi sebelum saya ganti baterainya, saya cek rangkaian chargernya dulu.

Perlu diketahui rangkaian chargernya ini tidak pakai trafo. Hanya menggunakan kapasitor milar 474/250v paralel dengan resistor 1M. Kemudian diseri dengan diode in4007 4biji sebagai penyearah. Coba saya lepas kapasitor milar ini. Saya cek pakai kapasitor meter terlihat nilainya sudah turun jadi 0,43nf yang seharusnya 474nf. Jelas kapasitor ini rusak.

Langsung saya ganti milar baru dengan nilai yang sama 474/250v. Boleh dengan volt yang lebih besar tidak apa-apa 474/350v atau 474/450v. Jika kesulitan mencari nilai yang sama. Setelah kapasitor saya ganti. Saya charge dulu satu hari penuh biar full tegangannya. Baru bisa dicoba.

Kerusakan juga sering terjadi pada tombol switch nya. Jadi sekalian ganti saja tombol switch dengan yang baru. Jika penggantian kapasitor milar dan switch masih drop. Bisa dipastikan baterai rusak atau sudah drop. Silahkan ganti baru sesuaikan bentuk dan besar baterainya. Tegangan baterai biasanya 4V.

Untuk nilai kapasitor milar setiap raket nyamuk memang ada yang berbeda. Jadi sesuaikan saja nilai kapasitor milar sesuai raket yang anda perbaiki. Jika kesulitan mencari nilai yang sama. Bisa diberi nilai diatas atau dibawahnya sedikit asalkan tidak terlalu jauh.

55 comments:

  1. thx mas infonya, ttp untuk battrainya dan switchnya apakah ada tersedia ditoko listrik? mohon petunjuk
    thx sebelum dan sesudahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk baterai dan tombol switch ada ditoko elektronik. Silahkan bawa saja baterai dan tombol switch lama untuk menyesuaikan ukurannya.

      Delete
    2. gmn cara ngetes kpsitor milarnya ,,pke avometer?

      Delete
  2. Untuk mas faroidz. Pakek avometer yang besar yang ada setingan x10K atau x1K. Test milar bolak-balik kakinya. Jika ada sentakan jarum avometer sedikit saja berarti milar ok. Jika jarum avometer mentok atau tidak ada sentakan sama sekali berarti milar rusak. Untuk lebih pastinya pakek kapasitor meter. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Makasih mas infonya sangat bermanfaat.sukses yah blog nya.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. mas kode kapassitornya L153J 2000V dan ada kode lagi S0707

    trus satu lagi L105J 250V E0905

    itu nilainya berapa, nf thanks

    ReplyDelete
  6. Untuk munica putri. Kapasitor L153J 2000V itu nilainya 15nf 2000V. Kemudian yang L105J 250V itu nilainya 1000nf = 1uf 250V. Kode angka dibelakang itu tidak usah dipakai.

    ReplyDelete
  7. untuk mengetaui batrai drop tidak nya gimana bro,,pas ane cas lampo indikator nggak nyala

    ReplyDelete
  8. Untuk mengetahui baterai drop apa tidak bisa diketahui dengan dua cara. Pertama ketahanan menyala baterai semakin pendek. Jadi sering ngecharge. Kedua jika diukur menggunakan avometer tegangan baterai yang sudah drop biasanya turun atau tidak sesuai dg tegangan aslinya. Misal tegangan baterai 4,5v hanya terukur 3,5v sampai 4v saja. Coba ganti aja dulu baterainya.

    ReplyDelete
  9. Jadi kalau raket nyamuk udah lemah, kemungkinan besar kapasitornya ya om? Lha kalau ternyata kapasitornya OK, kira2 yang bermasalah apanya ya?

    ReplyDelete
  10. Bisa baterainya yang drop mas hary. Coba diganti dulu baterainya.

    ReplyDelete
  11. Punya saya sentrumannya mulai melemah. Padahal sudah ganti batrai alkaline baru. Apakah ada kemungkinan trafo step up yg rusak?? Atau hanya mengganti kapasitor??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk furqon. Silahkan cek kapasitor inverternya mas. Juga sekalian transistornya biasanya melemah.

      Delete
  12. Kl solderan dan kabel ga ada yg lepas,batre udah diganti baru,tp tetep ga ada setrum,apa nya yg rusak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas lulus. Jika kabel tidak ada yang lepas dan baterai sudah diganti tapi masih tidak ada setrum. Terjadi kerusakan pada rangkaian inverter tegangan tingginya mas. Silahkan cek transistor dan trafonya. Kemungkinan kedua rangkaian charger yang rusak.

      Delete
  13. mas punya sy lampu carger nyala tapi ga ngisi apanya ya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kanu. Lampu charger nyala tapi tidak bisa ngisi. Bisa disebabkan baterai sudah rusak. Kemungkinan kedua karena rangkaian charger ada yang rusak. Biasanya kapasitor milarnya rusak.

      Delete
  14. Mas raket merek "shinyo**" baru beli pengechasan pertama 6 jam, dipakai dua hari api bagus, nyamuk mati, battry abis di chas lagi 2 jam, dipakai lagi udah gak keluar bunyi cess, dan percikan api kecil sekali, coba dibongkar habis di pencet saklar, komponen q1 panas bgt, apa komponen tsb yg perlu diganti? Masih baru soalnya, sayang kl dibuang...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk L sri. komponen q1 panas itu normal, kemungkinan penyebab raket nyamuk lemah biasanya disebabkan suplay tenaga dari baterai ngedrop. Memang bukan baterainya yang drop, tapi rangkaian chargernya yang rusak. Biasanya kapasitor milar besar warna merah itu lemah sehingga charging tidak maksimal. Kemungkinan kedua kawat raket kotor silahhkan dibersihkan. Jika ada kotoran nyamuk terbakar yang masih menempel di jaring raket itu menyebabkan konslet sehingga lisrik menjadi lemah.

      Delete
  15. Kalo Trafonya yg putus...
    Ditoko electronic jual gak ya? mana rafonya ga ada kode nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk joko. Trafo rusak gak ada yang jual. Bisa anda coba untuk disambung ulang dengan cara dibongkar trafonya. Jika kawat emailnya masih bagus bisa langsung disambung. Jika kawat rusak bisa anda ganti kawatnya dengan cara menghitung ulang gulungan kawat yang lama.

      Delete
  16. gan punya saya kapasitor & transistor udah di ganti dan batre baru saya gunakan sanyo 2700mAh ( baru beli dalam keadaan kosong udah di cas full pake echo charger sanyo selama 16 jam/ lampu indi kator udah menunjukan full) dua malam saya pake normal dan oke setelah malam ke tiga batre masih full dan berfungsi pas tengah di gunakan setrum raket nyamuk tidak berfungsi lagi batre masih kencang abis .kira kira apa lagi yang rusak. status lampu senter dan lampu indikator masi stabil terang .yg rusak apanya gan padahal kapasitor dan transistor udah di ganti.merk raket saya sinyo**.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk boy. Kemungkinan transistor putus lagi. Coba anda ganti lagi. Jika transistor sudah diganti raket belum berfungsi. Kemungkinan kedua bisa dari tombol raketnya rusak, bisa anda coba ganti dulu tombolnya. Cek semua kabel jika ada yang putus dan bersihkan jaring raket jika ada kotoran nyamuk yang terbakar karena menyebabkan konslet. Sehingga setrum raket menjadi lemah.

      Delete
  17. Kalau kapasitor milarnya 105 j/250v di ganti dgn milar 104 j/400v bisa ngak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk febrian. Ya gak bisa milar 105j diganti dengan milar 104j nilainya berbeda. Kalau voltase lebih tinggi tidak masalah. Tapi nilai milar harus sama. Kalau tidak ada bisa diganti dengan milar yang mendekati nilai aslinya atau juga bisa diparalel. Misal 2 buah milar 504j = 500nf dipasang paralel menghasilkan 500nf + 500nf = 1000nf atau sama dengan 105j.

      Delete
  18. Kalau baterainya saya cas menggunakan cas hp bisa tdk mas. Karena di tempat saya tdk ada yg jual kapasitor milar dgn nilai yg sama. Terimakasih atas jawabannya mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas tapi agak lama ngecasnya. Untuk koneksi kabel jangan terbalik plus minusnya. Baik dari chargernya atau baterainya.

      Delete
  19. Mas klu transistor di ganti dgn yang lain bisa gk soalnya yg nmernya sama gk nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kris. tipe transistor aslinya TND017. Bisa diganti dengan tipe 2SD0965 atau 2SD965. Jika masih belum ada. Bisa anda coba pakai C945 atau C828 yang banyak dipasaran.

      Delete
  20. Mas Bahar, raket nyamuk saya kok ada 2 kapsitornya? Kapasitor yg pertama dekat dgn baterai nilainya L105J 400V P0529, kapasitor yg kedua dekat dgn kepala raket nilainya
    L153J 2000V 51020 (agak panas) klo di on kan. Kondisi nya skrg percikannya lemah walaupun baterainya baru, dan agak panas dkat kepala raket (kapsitor L153J 2000V 51020). Kapasitor mana yg perlu diganti ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tri. Coba saja kedua kapasitor itu diganti mas.

      Delete
  21. Wahhhh...keren ilmunya nih....makasih om....ane gak nanya...nyimak aja....udh di tanya smua sma om" di atas....smga ilmunya berkah ya om...

    ReplyDelete
  22. Mas kalo yg L105J nilainya 1.039 itu masih bagus apa udah drop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fahrul roji. Jika di test pakai kapasitor meter muncul tulisan 1.039 itu nilai kapasitor masih bagus. Nilai kapasitor L105J sama dengan 1uf.

      Delete
  23. om ,alamat om dimana? saya servis raket nyamuk saya ama om aja lah. saya ga bisa servis sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja mas. Silahkan anda cari saja service elektronik terdekat ditempat anda. Kalau memang tidak bisa terpaksa beli baru lagi mas.

      Delete
  24. Om kalau transistornya panas apakahbrusak, setrum kecil banget?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk feby macha. Setrum kecil, bisa juga disebabkan transistor lemah, coba anda ganti. Jika masih kecil, coba anda ganti baterai. Cek juga rangkaian chargernya. Dengan mengganti milar 105j/400v atau nilai yang lain di beda tipe raket nyamuk

      Delete
  25. Makasi gan infonya.
    Mau nanya juga nih, kalo diganti batere 18650 bisa gak ya? Mumpung ada 1pc yg nganggur nih. Kalo bisa, apa saja yang perlu diperhatikan dalam penggantiannya?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ricardo. Coba saja mas diganti baterai 18650. Dilihat dari voltase 3,7v kemungkinan bisa dipakai. Tinggal pasang langsung, yang penting jangan kebalik polaritas plus minusnya.

      Delete
  26. Bro sya udah ganti capasitor daj transistor masih aja gak bisa nyetrum gak ada bunyi kaya ngisinya 2hari lalu wakktu jalan setiap mau nyetrum nyamuk terdengar suara ngejelenging sekarang gak ada bro, kalau trafo rusak gimana ngeceknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk feby. Trafo jarang rusak dan gak bisa dicek mas. Pemasangan kaki transistornya apakah sudah benar? Kalau boleh tahu nomer tipe transistornya berapa yang baru dan yang lama?

      Delete
  27. Makasih atas info nya mas..smoga sukses slalu

    ReplyDelete
  28. Kalau raketnya terkena aor gimana ya perbaikinya? Ga sengaja genteng bocor pas ujan deres. Sayang banget baru beli kemarin 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda keringkan dulu dengan cara dijemur panas matahari. Lebih baik jika bisa dibongkar sekalian ngeringkan komponen yang ada di dalam. Tapi jika tidak bisa dijemur saja gak masalah. Jangan dinyalakan dulu sebelum kering benar. Jika setelah dikeringkan masih problem, berarti ada kerusakan komponen.

      Delete
  29. Saya punya trafo ferite bekas lampu jari. Saya berencana membuatnya untuk dijadikan trafo inverter untuk raket nyamuk.

    Yang mau saya tanyakan, untuk gulungan primer berapa jumlah lilitannya (2xCT), dan untuk gulungan secunder berapa juga jumlah lilitannya.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tisyam. Maaf mas saya belum pernah bongkar trafonya, jadi belum tahu jumlah gulungannya.

      Delete
  30. Mas raket nyamuk saya baru beli sdh melemah percikan apinya. Pertama beli besar nyamuk sampai gosong. Sdh 2 hari percikan api kecil nyamuknya cuma nempel doang ga mati cuma geli katanya. Batre 2 alkalin baru hasil sama percikan kecil. Solusinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda bersihkan dulu jaring raketnya pakai sikat gigi bekas. Jika ada kotoran yg lengket pada jaring, maka setrum tidak bisa maksimal. Solusi kedua cek tombol saklar, jika koneknya kurang, maka strum juga gak maksimal. Solusi ketiga cek tr penguatnya, biasanya lemah, cek juga kapasitor milar merah besar. Semua itu jika dibanding kepala pusing untuk mencari kerusakan toh kadang juga gak berhasil. Mending beli baru saja mas, kan harganya murah.

      Delete
  31. Katanya raket nyamuk kalo kena air gak bisa digunakan lagi ya ? Apa bener ?
    Soalnya yang dirumah gak sengaja kena air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kok, asal anda keringkan dulu raket nyamuknya sampai benar-benar kering. Caranya dengan dijemur dibawah terik matahari. Jika anda sudah yakin kering, maka bisa anda coba kembali raket nyamuknya. Jika dalam kondisi basah anda pakai jelas tidak bisa, karena terjadi short antar komponen, jika diteruskan bisa jadi raket nyamuknya tambah rusak parah. Jika seperti itu ya mau gak mau harus beli baru lagi.

      Delete
  32. Mas raket nyamuk saya kalau di cas mau indikator LED-nya menyala,setelah penuh senternya bisa digunakan,tp kok led indikatornya mati ketika menekan tombol untuk membunuh nyamuk,seolah GA ada power yg masuk ke reket,apanya yg bermasalah ya mas,?mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya baterai sudah ngedrop mas.

      Delete