TV TOSHIBA BOMBA 14" GAMBAR BLANK MERAH

TV Toshiba bomba problem gambar blank merah. Maksudnya gambar terlihat putih polos kemerahan disertai garis blanking. Jika screen fbt dikecilkan gambar tetap menyala merah.

Indikasi kerusakan seperti ini bisa disebabkan salah satu katoda tabung crt ada yang mengalami short. Bisa kita cek menggunakan avomater skala 250volt DC kabel hitam tempelkan di gound kemudian kabel merah tempelkan di pin katoda RGB secara bergantian dalam kondisi tv menyala. Hati-hati dalam melakukan pengecekan jangan sampai konslet pin crtnya bisa berakibat fatal. 

Tegangan katoda normal jika diukur sekitar 150volt DC. Ketiga katoda RGB harus ada tegangan. Jika salah satu katoda RGB ada yang tegangannya berbeda sendiri. Patut dicurigai katoda bermasalah.

Ditemukan tegangan katoda red tidak ada. Coba lepas tr driver warna C2482 ternyata short kaki colektor dan emitornya. Ganti dengan yang baru. Coba nyalakan tv. Gambar sudah normal kembali. Jadi kerusakan dikarenakan tr C2482 short. Transistor driver warna merah mengalami short kaki emitor dan colektornya. Sehingga tegangan yang menuju katoda merah terhenti disini. 

0 Response to "TV TOSHIBA BOMBA 14" GAMBAR BLANK MERAH"

Post a Comment