TV TOSHIBA 14" GAMBAR MENYEMPIT SETENGAH LAYAR

TV Toshiba problem gambar menyempit bagian bawah setengah layar . Maksudnya layar tinggal separuh bagian atas dan bagian bawah gelap. Kerusakan seperti ini biasa disebabkan kerusakan komponen bagian vertikal terutama elco dan resistor.

Pengecekan semua komponen kapasitor di bagian vertikal tidak ditemukan kerusakan. Semua komponen bagian vertikal dalam kondisi masih baik-baik saja. Curiga ic vertikal rusak tetapi kerusakan ic vertikal biasanya layar hanya garis horisaontal atau menyebabkan protek.

Sambil istirahat lihat seluruh area pcb rangkaian terlihat sebuah elco kecil berukuran 1uf/50v yang ditempelkan dibawah pcb. Coba lepas dan cek menggunakan capasitor meter. Ternyata nilainya turun menjadi 0,14uf. Elco ini tidak ada hubungan sama sekali dengan vertikal dan posisinya di dekat ic chroma.

Coba ganti elco baru gambar sudah normal penuh atas bawah. Yang jelas tidak ada hubungan elco ini dengan bagian vertikal. Tapi mungkin timbul gangguan di bagian ic chroma karena elco ini terhubung langsung ke kaki pin ic chroma.

0 Response to "TV TOSHIBA 14" GAMBAR MENYEMPIT SETENGAH LAYAR"

Post a Comment