CARA MEMPERBAIKI DISPENSER

Menjelang awal bulan puasa kemarin dapat garapan sebuah dispenser merk china dengan problem air panasnya tidak berfungsi. Tidak bisa panas. Dispenser ada dua tipe. Dispenser panas dingin dan dispenser biasa. Maksudnya air biasanya tidak  dingin. Yang saya kerjakan kebetulan yang air biasa dan air panas. Jadi rangkaian dalamnya tidak begitu sulit.

Terdiri dari element pemanas atau heater dan sebuah thermostat suhu panas yang bertugas sebagai sensor mematikan dan menghidupkan pemanas atau heater secara otomatis. Untuk menghasilkan suhu air panas yang stabil. Jika anda pernah mengalami dispenser anda tiba-tiba air panasnya tidak  bisa panas. Bisa anda perbaiki sendiri. Beberapa komponen yang perlu di cek.


Kabel listrik
Pastikan kabel listrik tidak putus. Dengan cara test pakai avometer kedua ujung kabel harus nyambung antara ujung stop kontak dan ujung kabel yang masuk ke rangkaian dispenser. 

Saklar
Cek saklar masih berfungsi apa tidak. Dengan cara test pakai avometer pada kaki saklar harus sambung pada saat ON dan putus pada saat OFF. Jika tidak nyambung sama sekali bearti saklar rusak.

Thermostat 
Cek thermostat. Komponen ini adalah yang sering rusak. Cara ngetesnya pakai avometer ukur di kedua kaki thermostat harus nyambung. Jika tidak berarti thermostat rusak.

Heater pemanas 
Cek heater pemanas. Cara mengeceknya pakai avometer. Ukur dikedua kaki heater pemanas harus nyambung atau ada resistansi. Jika tidak ada resistansi berarti heater putus atau rusak. Untuk element pemanas harus beli satu set dengan kalengnya.

Untuk kasus saya kerusakan dispenser disebabkan sensor thermostat rusak atau putus. Nomer serinya KSD301. Bisa dicek pakai avometer. Pada saat saya cek kedua kaki thermostat tidak ada hambatan atau tidak nyambung. Sehingga arus listrik yang seharusnya mengalir ke heater pemanas terhenti di sensor thermostat. Sehingga heater pemanas tidak bisa bekerja. Setelah thermostat diganti, air panasnya sudah bisa berfungsi kembali. Untuk dispenser yang panas dingin sebenarnya prinsip kerjanya sama saja. Hanya ada tambahan element pendingin dan komponen pendukung lainnya.

11 Responses to "CARA MEMPERBAIKI DISPENSER"

  1. selamat pagi om

    mau nanaya ni klo semuanya sudh di periksa dan ternyata baik2 saja . tp air panasnya ga mau mti kira2 apanya ya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air panas tidak bisa mati pada dispenser bisa disebabkan saklar rusak, thermostat rusak. Coba anda ganti saklar dan thermostatnya. Thermostat biasanya menempel pada kaleng dispenser.

      Delete
  2. Om mau nanya kalau air nya kok mengandung strum,sama body nya juga ada strum,kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lutfay. Jika air ada sedikit strum, berarti ada kebocoran arus tegangan listrik. Penyebab utama biasanya karena ada kabel atau heater yang terkelupas atau sealnya kurang bagus. Solusi paling mudah adalah dengan memasang grounding pada body dispenser. Tujuannya adalah untuk menghilangkan arus bocor. Caranya cukup dengan memasang kabel pada body dispenser, bisa dibaut atau disekrup. Kemudian kabel satunya bisa ditancapkan pada tembok atau sela-sela lantai menggunakan paku.

      Delete
  3. Pada power suplay pendingin setelah phus/ sekring ada milar itu ukuranya berap y gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu aku mas, karena belum pernah bongkar.

      Delete
  4. Numpang tanya Gan'
    Saya punya dispenser galon bawah merk SHARP type SWD72EHLBK sudah 3 kali ini mati karena listrik/pln sering mati. Penyebabnya apa ya Gan dan gmna cara memperbaiki sendiri.Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, saya belum pernah bongkar yang seri itu, jadi belum tahu sistemnya kayak apa? Kalau sistemnya digital, bisa jadi error. Kalau sistem manual, mungkin fuse pengaman putus. Kalau posisinya dimana, saya belum tahu.

      Delete
  5. Mohon info....dispenser merk sharp tipe swd68 saya tiba2 mati, sudah dicek saklar Dan kabel nya tidak ada yg putus, kira2 masalah nya apa ya mas? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan saklar, fuse, kabel bagus. Sekering apakah sudah dicek?

      Delete