Sunday, June 2, 2013

TV SANYO 14" MATI PROTEK

TV Sanyo model AC-A14 problem mati protek. Kerusakan ditandai indikator led menyala tapi tv mati total. Biasanya kondisi seperti ini, tv dalam kondisi protek.

Hal-hal yang menyebabkan tv protek diantaranya yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada komponen sensor protek. Komponen sensor protek biasanya menggunakan diode, diode zener, ada juga yang menggunakan transistor. Prinsip kerja protek adalah apabila tegangan yang dikeluarkan komponen sensor protek. Tidak sesuai dengan tegangan yang diharapkan ic micom. Maka ic micom memerintahkan untuk meng off kan semua rangkaian dan memberi tanda indikator led menyala ada juga yang tanda led berkedip. 

Fungsi dari protek ini adalah untuk meminimalisir kerusakan menyebar lebih parah. Kerugiannya bagi tukang servis adalah sulitnya menemukan titik-titik kerusakan, karena tv dalam kondisi mati atau off. Jadi harus melumpuhkan titik sensornya terlebih dahulu supaya tv bisa menyala, tapi harus dikembalikan lagi setelah kerusakan ditemukan. Keuntungannya apabila titik sensor yang rusak ditemukan, disitulah letak komponen atau bagian yang rusak yang perlu dibenahi. Untuk macam atau jenis proteksi tv akan saya posting berikutnya. 

Disini hanya mengulas sedikit berdasarkan pengalaman. Dalam kasus saya ini ditemukan titik sensor tegangan heater drop 3,8 Vac, cek diode sensor ok. Untuk melmpuhkan protektor lepas D468  IN4148, tv bisa on, tapi gambar tidak muncul. Cek B+ 127,5 VDC, horisontal out ic LA76818 ok, transistor horisontal ok, flyback tidak mau nyembur. Akhirnya ganti flyback L40B10602 dengan yang baru, gambar mau muncul, tegangan heater naik 4,5Vac normal. 

Pasang lagi D468, protek lagi. Cek tegangan disini 4,8Vdc kurang. Ganti diode zener 5,1Volt didekat transistor yang ke GND, ganti dengan diode zener 7,4Volt, sudah tidak protek lagi, cek tegangan disini 5,3Vdc normal. Muncul masalah baru, gambar agak kurang lebar kanan-kiri dan B+ terlalu besar 130vdc. Coba set vr B+ turunkan sampai 125Vdc, gambar tampak menciut. Tegangan B+130Vdc ini juga mensuplay tegangan video di RGB, yang biasanya diambilkan dari Flyback. Cek kapasitor resonant dekat transistor horisontal dengan nilai 472/1,6kv. Cek menggunakan capasitance meter nilai turun jadi 462. Karena saya tidak menemukan komponen yang sama, akhirnya saya ganti dengan 362/1,6kv paralel dengan 182/1,6kv, gambar sudah pas, set kembali B+ 125,5Vdc, gambar sudah pas tidak menciut lagi.

Karena flyback mati mengakibatkan tegangan output flyback tidak ada, sehingga mengaktifkan sensor protek yang berakibat tv standby. Setelah flyback diganti, tv masih dalam kondisi protek disebabkan tegangan output yang dihasilkan flyback yang baru tidak sama atau ada selisih tegangan dengan flyback yang lama, sehingga sensor protek aktif kembali karena tegangan yang diharapkan kurang dari tegangan referensi. Solusinya adalah mengganti diode zener 5,1volt menjadi 7,4volt dengan tujuan supaya tegangan referensi naik sesuai yang diharapkan ic micom. Dengan penggantian flyback dan diode zener 7,4volt, tv sudah normal kembali.

4 comments:

  1. Punyaku sanyo CG21LX2 ganti fbt... baru mulai nyembur balik stndby lg..gmn ya kang melacaknya

    ReplyDelete
  2. Untuk kang sigit. Tipe fbt harus sama mas. Jika pakek persamaan biasanya ada selisih tegangan. Coba cek semua output dari fbt normal atau tidak. Fbt nyembur bukan jaminan tegangan output normal.

    ReplyDelete
  3. punyaku juga kasusnya sama, dah ganti flyback cuma secend dapet dari tuser temen... masih sama fbt ga nyembur teg 180v ngedrop sama heater ngedrop 3.8vac. pertanyaannya apa harus nyari fbt baru ?? 1 lagi dzener 5,1 v posisinya sebelah mana yang jelas??

    ReplyDelete
  4. Pastikan dulu tipe fbt sama. Jika tidak dikuatirkan pin outnya beda. Kalau pin out fbtnya beda jelas tidak akan bisa dipakai. Untuk diode zener posisinya didekat fbt. Cek aja semua diode zener di area itu. Semoga membantu

    ReplyDelete