TV PANASONIC 21" GAMBAR TIDAK FOKUS

TV Panasonic problem gambar tidak fokus. Gejala kerusakan seperti ini biasanya disebabkan socket crt sudah rusak atau berkarat bagian conektornya. Bisa juga karena penyetelan fokus flyback berubah.

Pada kasus saya ini, kerusakan hanya karena socket crt yang sudah aus atau berkarat karena pemakaian yang sudah lama, saya hanya mengganti socket crt dengan yang baru, gambar sudah bisa fokus lagi, saran saya solder ulang dulu bagian pcb RGB supaya lebih maksimal hasilnya. 

Ada kemungkinan juga disebabkan tabung crt yang sudah tua atau lemah, masalah ini kadang bisa disembuhkan dengan menggunakan crt restorer. Ada juga tabung crt yang sudah ditembak menggunakan crt restorer hasilnya bisa bagus tapi tidak bisa bertahan lama, gambar kembali tidak fokus lagi (blur). Ciri yang kedua ini berarti tabung tidak bisa diperbaiki lagi selain mengganti tabung crt yang baru.

Socket crt, silahkan dicoba diganti dulu, sebelum memutuskan merestore tabung atau ganti tabung baru. Kerusakan tabung crt bisa saja terjadi tapi sangat jarang. Jika penggantian socket crt sudah dilakukan dan hasilnya masih tidak bisa fokus. Coba lakukan penyetelan fokus flyback.

Putar fokus flyback perlahan sambil amati gambar. Cari setelan gambar yang paling fokus. Hati-hati keliru dengan penyetelan potensio screen flyback karena flyback ada dua penyetelan fokus dan screen. Ada tulisannya di sekitar potensio flyback. Biasanya dengan menggunakan dua cara ini masalah sudah bisa diatasi.

3 Responses to "TV PANASONIC 21" GAMBAR TIDAK FOKUS"

  1. Bro oro oro ombo itu daerah malang ya

    ReplyDelete
  2. Dekat kota bangil pasuruan. Dekat alun-alun bangil pasuruan.

    ReplyDelete