Thursday, June 6, 2013

SPEAKER SIMBADDA CST 5000N SUBWOOFER MATI

Speaker simbadda cst 5000n dari teman dengan kerusakan subwoofernya mati. Tapi speaker kecil kanan kirinya masih bunyi. Jika anda kebetulan pernah mengalami kerusakan speaker simbadda seperti ini bisa anda coba untuk memperbaiki sendiri. Berikut sedikit pengalaman yang bisa anda coba dirumah.

Siapa yang tidak kenal speaker yang satu ini, kualitas suara bass-nya memang bisa dikatakan lumayan mantap jika dibandingkan dengan speaker merk lain yang sejenis, tapi jika speaker subwoofernya mati, suaranya jadi tidak bisa menggelegar lagi, karena yang bunyi hanya mengandalkan speaker kanan kiri saja yang memang fungsinya hanya untuk memproduksi suara vokal bukan bass.

Suara bass dihasilkan sendiri secara terpisah menggunakan speaker subwoofer dan box sendiri. Begitu juga penguat power amplifiernya juga terpisah. Power amplifier untuk bass sendiri dan power amplifier untuk vokal sendiri. Langsung buka box subwoofernya. Cek speaker pakai avometer set di X10 ada suara kresek-kresek dan jarum avometer bergerak berarti kondisi speaker ok. Cek kabel jika ada yang putus. Cek solderan bila ada yang lepas atau retak.

Speaker simbadda seri CST 5000N ini menggunakan 2 buah ic power TEA2025 untuk subwoofer dan speaker kanan kirinya. Lanjut ke pengecekan komponen. Ternyata kerusakan disebabkan ic power TEA2025 bagian subwoofer rusak. Silahkan ganti saja ic TEA2025 dengan yang baru. Jika anda ragu ganti saja kedua icnya. Coba speaker subwoofer sudah bunyi kembali.

74 comments:

  1. Kalo yang Mati, Salah satu Speakernya gimana itu

    ReplyDelete
  2. Untuk mas jumadriansyah. Kalo seperti itu biasanya yang rusak speakernya. Coba cek speakernya siapa tahu cuma putus kabelnya aja. Bisa juga konektornya yang sudah rusak.

    ReplyDelete
  3. itu ic yg rusaknya dua-duanya atau salah satu z,kalau cuma salah satu yg mananya yg musti di ganti?mkasih gan sblmx.

    ReplyDelete
  4. Untuk mas imam saefudin. Urut saja jalur kabel speaker bass nya. Akan menuju salah satu ic. Yaitu ic yang harus diganti. Jika ragu ganti aja dua-duanya gak masalah.

    ReplyDelete
  5. Mas, saya udah ke tukang servis ganti IC malah 2 x mati Subwoffer nya.
    Yg ketiga kalinya jadi males ke tukang service lagi.
    Kira2 kenapa ya kok doyan bgt rusak2 lagi? Padah baru aja beberapa hari.
    Mohon pencerahannya ya mas

    ReplyDelete
  6. Untuk nakano okada. Simbadda nya tipe berapa? Jika sama cst5000 ic rusak lagi bisa disebabkan panas berlebih. Penyebabnya bisa dari tegangan trafo terlalu besar atau pendingin heatsink kurang. Kalo cst5000 tegangan maks 9 volt. Jika lebih dari itu pasti ic menjadi panas dan cepat jebol. Solusi paling mudah dengan menambah pendingin/heatsink pada ic. Kemudian cek panasnya. Jika panasnya normal dijamin ic akan awet.

    ReplyDelete
  7. Gan kenapa uah speaker ane bas nya kresek kresek?
    Volume bass ane kecilkan sampai min ttp aja bunyi kresek nya kluar.. Tp ane lepas kabel bas nya ilang tuh suara speaker nya masih aman aja... Mohon pencerahanny gan..

    ReplyDelete
  8. Untuk ahya. Suara kresek- kresek bisa disebabkan ada solderan yang kendor pada pcb rangkaian. Kemungkinan kedua bisa disebabkan karena kapasitor atau elco kering.

    ReplyDelete
  9. mau tanya, speaker aktif saya merk GMC kalo dinyalain walaupun blm ada input tapi bunyi kaya geluduk kadang jarang2, kadang terus2an, kira2 kenapa ya? kalo basnya dikecilin sih suara geluduknya ilang, tapi kan nggak enak dengerin musik cempreng nggak ada basnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas admin. Silahkan coba ganti semua potensio nya. Penyebab suara geluduk atau gemuruh bisa disebabkan potensiometer nya sudah rusak.

      Delete
  10. Kang bahar, simbadda ane cst5100. Sdah ganti IC sbelah aj karna bassnya hilang. Stelah itu speaker LH suaranya kecil/hilang vocalx. Solusi nya apa ya kang? Knp IC subwofer nya gampang jebol n knp suara speaker LH/RH nya jadi kecil/hilang?

    ReplyDelete
  11. Untuk kang bidin. Simbadda CST5100 memang gampang jebol karena pendingin ic nya kurang. Untuk speaker kecil kanan-kiri suara kecil bisa disebabkan kabel atau konektor input bermasalah. Bisa juga ic nya juga bermasalah.

    ReplyDelete
  12. mas bahar mau tany ne speaker saya cst 5000 merk advance. udah di pke skitar 2th, belakangan ini swra basny ilang,,kmudian udah tk ganti ic pwrny yg TEA 2025. tp hasilny ko basny jd gk kerasa ya mas, alias kecil,, mohon solusiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yuli purniyanto. bisa jadi potensionya sudah rusak mas. atau ada komponen elco yang kering.

      Delete
  13. Permisi mas . Subwoofer milik saya juga mati . Namun punya saya cst 4600 n . Apakah sama penyebabnya seperti cst 5000 n ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dimas. Cek dulu speakernya nyala apa gak?

      Delete
  14. Mas bahar bisa minta tolong skemanya ga mas?...
    Saya mau coba bikin sendiri? ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk skema saya gak punya mas. Tapi kalo mas edi ingin buat bisa download saja datasheet ic TEA2025 nanti ada skema rangkaiannya.

      Delete
  15. Sama ni punya saya cst 1500n subwovernya mati..sudah dganti icnya masih blum ada basnya gmn ya??tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sigit. Sudah dicek belum mas speakernya? Problem biasanya kalau gak ic TEA2025 yaa speaker subwoofernya yang rusak. Cek juga kabel dan solderan area ic subwoofer.

      Delete
  16. gan, CST5000 itu trafo nya 12v bukan ya? Apa bisa misal board nya diganti dengan BELL BSX-A1 biar bs buat karaoke mic? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rudigenesis. CST5000 itu pakai trafo 1 Amper 9 volt tunggal bukan ct. Untuk rangkaian bell bsx-a1 saya belum pernah bongkar mas. Jadi belum tahu rangkaiannya.

      Delete
  17. mas mau nnya subwofer simbada model cst x-218n..mempunyai 2 buah ic..yg jdi pertanyaan subwofer ini mati total...trus input ac ke pcb panas x klau tersambung arus listrik...sudah saya cek elco ..diodanya semuanya aman tolong dong mas kash solusinya...trafo bagus...tpi diinput acnya panas x..tolong infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hengky. Berarti salah satu ic ada yang rusak short. Silahkan anda coba ganti salah satu icnya. Jika kesulitan ganti saja keduanya. Panas yang timbul disebabkan tegangan konslet.

      Delete
  18. Salam mas Bahar!!!saya punya subwoofer simbadda pkai ic tda 2030 tiga biji terus ada lagi 1 ic yg duduk lupa serinya.pas dinyalain suara cuma ndengung.apa ic nya mati??kalau mati yg mana?yg berdiri apa yg duduk?ada tdk gantinya di pasaran trims!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas wandi. Suara dengung berarti salah satu ic power ada yang rusak seri TDA2030, ic yang berdiri. Coba ganti salah satu atau ganti ke tiga icnya. Ic yang duduk itu ic pre amp seri 4558 jarang rusak. Ic TDA2030 banyak dijual di pasaran harga +- 5rb.

      Delete
  19. Trimakasih mas bahar.nanti tak coba.satu lagi mas bahar,midal mau di taruh di mobil dengan catu daya -,+ bisa tdk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas jika dipasang langsung. Harus diberi converter dulu untuk merubah tegangan +-12v menjadi 18v-CT-18v.

      Delete
  20. Speaker aktif simbadda cst1600. Suaranya kecil bgt mas kana kiri. Ic power tda 2030 3 biji. 1 Ic jrc 4558. Kira kira apanya mas?

    ReplyDelete
  21. Untuk ardi kurniawan. Apakah sudah dicek kabel inputnya mas, mulai dari kabel juga jack input 3,5 apakah ada yang putus di dalam? Jika perlu ganti saja satu set kable input 3,5 baru. Cek juga potensio volume ini juga sering rusak. Cek ic power TDA2030 dengan cara menyentuh kaki ic tersebut dengan tangan. Jika ic normal, akan keluar suara trettt... agak keras. Jika suara pelan bisa dipastikan ic itu rusak.

    ReplyDelete
  22. sudah ganti ic tda bassnya... masih aja bassnya bunyi gemrudug gak jelas apanya yah bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk opick hartawan. Silahkan ganti potensio nya mas. Jika masih problem, ganti juga elco input ic tda nya.

      Delete
  23. Mas untuk simbada Ic tea 2025
    bas nya kluar mengecil kurang gler..
    Padahal sudah ganti Ic dua2 nya...
    Kira2 apanya lagi y mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti elco regulator dan elco input kedua ic TEA2025 tersebut.

      Delete
  24. mas untuk ganti speaker subwoofer nya gimana yah. cara bongkar box nya kok susah, dari depan atau belakang. terimakasih. tipenya CST 4600

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk seri cst 4600 saya belum pernah bongkar jadi belum tahu cara bongkarnya.

      Delete
  25. mas saya mau nanya, speaker saya simbadda CST 5000N, udah ganti IC TEA2025 nya skarang malah gak ada suaranya, mohon bimbingannya mas bahar, saya masih pemula.. terimakasih dan salam sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk agung. Pastikan tegangan ada mas. Posisi pemasangan ic apakah sudah benar? Jika tidak ada suara, penyebabnya bisa jadi tegangan tidak ada karena trafo rusak.

      Delete
  26. Assalamualaikum.. Mas bahar, punya saya sama kaya punya mas agung CST 5000N ic udah bener tegangan trafo bagus, yg jadi kendala suply arus tegangan ke kedua ic TEA nya gak ada, kira" apanya ya mas, saya udah bingung. Kira kira apanya yg diganti, mohon bantuannya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk diaz. Coba ganti 4 diode IN4002 dan elco 1000uf/16v biasanya sering rusak

      Delete
    2. Itu posisinya yg sejalur sama arus dari trafo ya mas? Oke saya coba mas bahar, makasih banyak mau bantuin saya yg masih blank soal elektro.. Semoga dibalas lebih kebaikannya.. :)

      Delete
    3. Ya benar posisinya sejalur dari trafo. Terima kasih juga mas atas kunjungannya. Semoga bisa membantu.

      Delete
  27. pagi mas bahar, ini speaker aktif punya gw simbadda CST 5100N subwoofernya kadang ilang2 bunyi nya dan makin parah skrng, paling bass nya bunyi sbntr trs ilang lagi. IC 2025 nya udh gw ganti yg utk bass sm elco2 yg ada di jalur bass msh aja gk smbuh2, kira2 knp ya? trma ksh sblm nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya spul speaker subwoofernya bermasalah. Kadang konek kadang tidak.

      Delete
  28. Bang punya gw salah 1 speakernya ga nyala , apa kabelnya ya ?? soalnya kalo kabel yg masuk ke subwoffernya d goyang2 dia nyala tpi skrg udah ga nyala lagi . itu gimna ya ?? simbadda cst 8000n

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dede. Bisa disebabkan kabelnya mas. Tapi yang sering saya temui problem ada di soket 3,5 yang ada di subwoofer jalur speaker L-R. Problem biasanya soket berkarat atau kurang bagus koneknya. Bisa coba dibersihkan menggunakan contact cleaner khusus elektronik, kemudian disemprotkan pada lubang soket yang bermasalah. Biasanya dengan cara ini problem sudah bisa teratasi. Atau dengan cara mengganti soket yang rusak dengan soket yang baru.

      Delete
  29. Speaker gmc 8000q saya kalo abis dimatiin powernya. Entah dicabut atau dicetekin tombol on off ketika dinyalakan kembali mengapa volume selalu di posisi full ya. Bikin kaget. Ni apa salah ngrakitnya atau gimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yudi isti. Maaf mas saya belum pernah bongkar speaker jenis ini. Jadi belum tahu jerohannya seperti apa. Tapi menurut saya, kalau dilihat speaker ini menggunakan remote, berarti control volume diatur di didalam ic. Jika ic control ini rusak/error maka control volume juga ikut kacau. Masalahnya ada gak ic ini dijual dipasaran?

      Delete
  30. potensio meter untuk cst 5000 jenis apa ya yang buat volume?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah pakai potensio stereo 50K. Silahkan dibongkar dulu speakernya, kemudian ambil potensionya untuk contoh saat beli potensio baru, biar pas ukurannya.

      Delete
  31. Kalau suara basnya yg hilang, apanya yg harus di ganti mas, untuk speker simbadda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek speakernya dulu, apakah masih ok? Jika ok, silahkan ganti ic powernya. Untuk ic power setiap tipe simbadda beda. Jadi silahkan urut jalur dari speaker bass menuju ic yang mana? Nah ic itulah yang diganti.

      Delete
  32. kalau di service ke tukangnya kena berapa ya?? cz ga ngerti elektronik.. hhe
    suara bassnya ada dikit tapi ga kaya awal awal terus pengaturan suara bassnya juga jadi ga berfungsi.. apakah itu suara bassnya rusak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tukang servicenya, kurang lebih 50rb. Kalau dilihat problemnya, sepertinya potensio bassnya rusak.

      Delete
    2. mf kang mao tanya nih spikeur simbada ko basnya kecil..padagal ic 2025 udah di ganti semua tapi ttp kecil basnya ga keluar...kira2 apanya kang...

      Delete
    3. Coba ganti potensio bassnya mas.

      Delete
  33. udah di ganti masih kang...jadi bingung..kira2 toko sperpak jual ga ya kang..satu set mesin nya..jadi tinggal pasang aja...

    ReplyDelete
  34. mas mau tanya saya punya speaker simbadda cst 5100n suara woofernya mengecil dan kemresek kalau speaker kanan kiri masih oke... sudah saya coba ganti ic TEA2025 sama potensionya... tapi ttep aja pelan... kira2 apanya yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti elco supply 1000uf/16v. Jika masih tetap, cek konektornya, biasanya kendor atau kurang pas.

      Delete
  35. kalo speaker simbadda siara bassnya kresek-kresek knp mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensio atau konektor jacknya kendor/kotor.

      Delete
  36. Mau tanya mas, misalkan speaker simbada cst5100n dikasih arus dari aki 40ampere dikasih rangkaian apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu ic powernya pakai tipe berapa? Kalau pakai ic seri TEA2025, maka bisa dikonek lansung ke accu, tapi trafo harus dilepas dulu, kemudian ambil teganganya konek ke elco 1000uf/16v, jangan keliru pasang plus minusnya, jika sekali keliru pasang, ic power akan lansung jebol, jadi hati-hati.

      Delete
  37. Mas biar Ic tea2025 awet harus gmn yah.
    Ini speaker simbadda sering gonta-ganti Ic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih pendingin heatsink yang agak besar mas.

      Delete
  38. Om ini saya barusan beli Simbadda CST 5000N tapoi suara Bass kalah sama suara speker kanan kiri? Apakah memang segitu suaranya? Minta solusi dunk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang seperti itu. Tergantung posisi speakernya juga. Kadang ditaruh di pojok kamar/ruangan, bass lebih mantap. Kalau di area terbuka bass kalah.

      Delete
  39. om sy punya simbadda cst x218... suara kecil bass maupun yg double speaker. sudah sy ganti ic 2025B, elco 10 mikro 50v, 2200mikro 16v. speaker sudah sy tes pake avometer masih hidup.... kira2 apanya itu om... mohon penjelasannaya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Coba ganti potensionya, ganti elco input masing-masing ic.

      Delete
  40. mas spiker sy cst 6000, subwoofernya kluar suara gemuruh wlaupun potensio posisi off semua, apanya yg rusak ya? Oiya rangkaian pke ic tda2030a 3buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti semua elco area ic TDA2030. Kalau perlu ganti semua elconya, kecuali elco supply tegangan.

      Delete