KIPAS ANGIN COSMOS PUTARAN PELAN

Problem putaran pelan pada kipas angin bisa disebabkan kapasitor lemah atau as dinamo agak macet. Solusinya coba anda ganti kapasitor baru sesuai dengan nilai aslinya. Nilai kapasitor yang biasa dipakai 1,5uf 400volt.

Jika anda kurang yakin kapasitornya yang bermasalah. Cek pakai kapasitor meter pasti nilainya menurun. Setelah kapasitor diganti jangan lupa lumasi as dinamo. Pastikan putaran as dinamo ringan. Jika belum ringan. Pukul dinamo dengan kayu, sambil memutar as dinamo sampai putaran as dinamo ringan.  

Putaran pelan juga bisa terjadi karena termostat lemah atau rusak. Solusinya jika anda sudah mengganti kapasitor baru dan sudah melakukan pelumasan. Putaran kipas masih pelan patut dicurigai termostatnya lemah. Silahkan ganti saja termostat dengan yang baru. 

Bisa terjadi karena jalur kabel kapasitor yang menuju lilitan putus. Disebabkan termostat putus rusak. Sehingga kipas seakan menyala tanpa menggunakan kapasitor. Putaran kipas menjadi pelan. Jika dipegang pada baling-baling kipasnya akan berhenti putarannya dan akan berputar pelan kembali jika kita bantu memutarnya kekanan atau kekiri. Ini adalah tanda kapasitor lemah/rusak bisa juga dari jalur kabel kapasitor putus dibagian lilitan karena termostat rusak/lemah. 

Untuk mengganti termostat anda harus membongkar dulu lilitan pada bagian sambungan kabel dan lilitan. Hati-hati dalam penggantian termostat jangan sampai sambungan lilitan yang lainnya putus jadi pelan-pelan dalam membongkar lilitan gulungannya.

0 Response to "KIPAS ANGIN COSMOS PUTARAN PELAN"

Post a Comment