Cara Mengetahui Polaritas Speaker

Setiap speaker audio pasti mempunyai polaritas kutub yang biasa kita sebut  sambungan positif dan negatif speaker. Kutub positif  bisanya ditandai ada tulisan (+) di konektornya dan berwarna merah. Kutub negatif ditandai tulisan (-) di konektornya dan berwarna warna hitam. Memang ada alat khusus untuk mengetahui polaritas speaker namanya phase checker. Lalu bagaimana cara mudah dan gampang mengetahui polaritas yang benar? Berikut tips yang bisa anda coba. 

Pertanyaannya bagaimana caranya jika ada speaker dan tanda polaritasnya hilang? Atau posisi speaker sudah dalam box speaker dan kita tidak ingin bersusah payah untuk membongkar box hanya ingin melihat polaritasnya. Atau dalam instalasi audio mobil yang sudah terpasang rapi dalam  kerangka mobil. Tidak mungkin kita akan membongkarnya. Cara ini juga mempercepat dalam instalasi audio mobil. Karena kita sudah tahu polaritasnya. 

Terus kenapa sih harus pakai polaritas segala? Speaker dipasang sembarang kan tidak masalah. Memang speaker disambung sembarang atau bolak-balik polaritasnya sama-sama bisa bunyi. Jika jumlah speaker cuma satu biji tidak masalah. Yang jadi masalah jika speaker jumlahnya ada lebih dari satu atau jumlahnya banyak. Akan terjadi pengurangan besaran output yang dihasilkan speaker. Menyebabkan audio tidak maksimal karena phase terbalik. 

Contoh ada dua speaker dalam box. Box pertama pemasangan polaritas speaker sudah benar. Box kedua pemasangan polaritas terbalik. Apa yang terjadi? Suara yang dihasilkan akan tambah menurun ditandai suara bass yang berkurang. Silahkan anda coba sendiri. Tetapi jika pemasangan polaritas kedua box ini benar. Suara yang dihasilkan akan meningkat dan bertambah ditandai suara bass yang bertambah. 

Mengingat betapa pentingnya pemasangan polaritas speaker yang benar. Jadi syarat wajib dalam instalasi audio. Jika ini diabaikan dijamin audio anda tidak akan maksimal. Cara mengecek polaritas speaker hanya membutuhkan satu buah baterai yang masih bagus dan sedikit kabel untuk koneksinya.

Pertama siapkan baterai dan solder kabel di kedua kutub baterai. Gosok dulu ujung kedua kutub baterai sebelum disolder agar timah bisa melekat dengan baik. Pakai kabel dua warna merah dan hitam ambil sedikit saja kurang lebih 30cm. Solder kabel merah di kutup positf baterai dan solder kabel hitam di kutub negatif baterai.

Kedua sambungkan kabel positif baterai ke konektor positif speaker dan kabel negatif baterai ke konektor negatif speaker. Akan terdengar suara kresek-kresek dan jika polaritas speaker sudah benar. Ditandai gerakan kertas speaker yang bergerak kearah atas. Inilah yang benar dan dijadikan patokan. Gerakan kertas speaker harus keatas. Jadi koneksi baterai positf itulah positifnya speaker dan negatif baterai itulah negatifnya speaker. 

Jika anda menemukan speaker yang tanda polaritasnya hilang. Dengan cara ini anda bisa menemukannya dengan cepat dan mudah. Dalam instalasi audio mobil atau audio rumah kita tinggal colokkan kabel baterai pada kabel jalur speaker. Tinggal kita lihat saja pergerakan kertas speakernya keatas atau kebawah. Kemudian tandai kabelnya. 

Comments

  1. Sederhana namun sangat bermanfaat. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak sudah berkunjung di blog sederhana ini. Semoga dapat memberikan manfaat.

      Delete
    2. Mas bahar tolong dong ..bikin coretan tentang teff power ampli .....makasih

      Delete
    3. Ya mas. Ini masih dalam tahap uji coba. Nanti kalau sudah jadi akan saya posting.

      Delete
  2. maaf mas,kalau nyambung speaker fullrange dan woofer.apakah ada yg harus dibalik polaritasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya enggak lah mas. Polaritas speaker harus sama, gak boleh dibolak-balik kedua speaker.

      Delete
  3. Mas Bahar, bagaimana dengan tweeter yang tidak ada tandanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus untuk tweater memang agak susah untuk mengetahui kutub positif dan negatifnya, karena tidak kelihatan membran kertasnya. Jadi gak bisa dilihat gerakan kertas membrannya. Jika terjadi seperti ini, maka ada dua pilihan jika anda menemukan tweater yang tidak ada tanda kutub positif dan negatifnya.

      Pertama adalah cara termudah, yaitu dengan memasang sembarang. Jadi perlu lihat positif dan negatifnya. Asal tweater bisa bunyi. Cara ini tidak menyebabkan banyak perubahan suara. Jadi gak masalah, untuk tweater bolak-balik kutub positif dan negatifnya. Meskipun memang harusnya kalau ada tanda positif dan negatifnya, kita harus pakai sesuau dengan tanda tersebut.

      Kedua yaitu dengan cara pakai alat phase checker. Yaitu dengan menggunakan alat tersebut akan ketahuan dimana posisi polaritas kutub positif dan negatif yang benar.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menambah Volt dan Mikrofarad Elco atau Kapasitor

Cara Setting DCO dan BIAS Power Amplifier

Cara Mengetahui Kutub Positif dan Negatif Lampu Led